Beranda > Karier Sukses > Tips Berteman Sehat Meski Sedang Bersaing di Kantor

Tips Berteman Sehat Meski Sedang Bersaing di Kantor

TUNAIKU
Tips Berteman Sehat Meski Sedang Bersaing di Kantorwatermark

TUNAIKU.COM – Pada perusahaan besar yang memiliki kebijakan jenjang karier, selalu ada persaingan antarkaryawan. Kalau disuruh memilih, kamu suka bersaing dengan teman di kantor secara sehat atau dengan cara menjatuhkan? Pasti memilih yang pertama. Namun, bagaimana dengan kenyataannya? Untuk menjaga pertemanan tetap sehat, hindari beberapa kesalahan berikut ini.

 

Artikel Terkait: Cara Berhubungan yang Baik dengan Teman Di Kantor

  1. Ini 6 Tipe Teman Kantor Berdasarkan Kehidupan Finansial, Kamu Termasuk yang Mana?
  2. Punya Bos Galak atau Teman Kantor Nyebelin? Momen Lebaran Ini Jadi Saat yang Tepat Untuk Memaafkan
  3. Nggak Perlu Malu Membahas 6 Topik Tabu Ini Bareng Teman Sekantor!

 

1. Jadi pecundang usai dikalahkan

Setiap hal buruk hampir selalu dimulai dari kesadaran sekaligus harga diri yang rendah. Begitu diumumkan kalau pesaingmu yang mendapatkan jabatan baru dan gaji tinggi, lantas kamu merasa kalah. Jika berhenti pada titik itu saja, nggak ada bedanya dengan para pecundang yang terlalu banyak mengisi Bumi ini.

 

Hanya dengan sekali merasa kalah dan nggak berguna, dalam waktu berkepanjangan perasaan itu akan terjaga. Sebaliknya, ketika kamu percaya akan datang kemenangan yang akan datang, jiwamu akan terpelihara. Jadi, santai sajalah kalau temanmu yang menang. Beri dia ucapan selamat. Kemudian tetap berhubungan baik seolah nggak ada apa-apa.

 

2. Menjadi pemenang yang terhormat

Seorang pemenang dikatakan masuk golongan kaum terhormat ketika berhasil memenangkan persaingan lewat tangan sendiri. Tentu saja persaingan yang sehat, tanpa berniat sekecil apa pun untuk membuat lawannya kalah. Para pemenang selalu menganggap dirinya tetap manusia biasa. Bukan makhluk lain yang tiba-tiba berubah sikap dan berperangai buruk.

 

Jika kamu memenangkan persaingan dan dapat promosi jabatan, tetaplah membumi. Jabat erat temanmu yang sudah membantumu untuk tumbuh, yakni pesaingmu di kantor. Jangan lantas memamerkan keberhasilan di depan semua orang. Sikap seperti itulah yang akan membuat kehormatanmu pudar atau turun drastis di hadapan rekan kerjamu.

 

3. Berupaya merusak persaingan dengan menyebar citra buruk

Bukanlah seorang pemenang ketika naik jabatan dengan cara menginjak kepala rekan kerjanya. Bersaing dengan teman di kantor secara sehat akan melahirkan kreativitas. Sedangkan bersaing dengan cara kotor hanya akan melahirkan ketumpulan dan kedangkalan dalam pikiran. Jangan biarkan ambisi untuk menang menutupi akal sehat.

 

Misalnya karena sudah bekerja selama 2 tahun, akhirnya kamu dan temanmu menjalin hubungan akrab. Kalian saling bertukar cawan ketika istirahat. Kemudian temanmu mempercayaimu dan mengatakan rahasia buruknya selama kerja di kantor. Begitu ada kabar promosi jabatan, kamu membeberkannya pada atasan. Apa yang kamu lakukan itu jahat.

 

4. Nggak memikirkan dampak keberhasilan dari cara kotor

Saat kamu meraih kemenangan berupa jabatan baru, gaji tinggi, dan tugas yang ringan, secara teknis kehidupanmu berubah lebih baik. Namun, kalau untuk mendapatkannya dengan cara kotor, tinggal tunggu saja dampak yang terjadi. Rekan kerja yang sudah kamu korbankan dan kamu jatuhkan secara otomatis akan menjauhimu.

 

Bagaimana kalau rupanya teman bersaingmu itu punya pengaruh di kalangan karyawan kantor? Begitu atasan tahu yang sebenarnya, dia nggak segan-segan untuk menurunkan jabatanmu. Bisa pula malah dipecat. Sebagai gantinya, temanmu yang akan naik jabatan. Kalau memang faktanya demikian, apa yang akan kamu lakukan selanjutnya?

 

Artikel Terkait: Pilihan Pekerjaan dengan Gaji Besar

  1. 5 Pekerjaan di Industri Bank & Finance dengan Gaji Besar
  2. 5 Pekerjaan di Industri Hospitality dengan Standar Gaji yang Besar
  3. 5 Pekerjaan di Industri Manufaktur dengan Gaji Besar

 

5. Nggak saling bicara satu sama lain

Barangkali kamu takut kalau teman yang bersaing akan mencuri ide atau konsepmu kalau masih berhubungan. Akhirnya kamu memutuskan untuk berhenti bicara dengannya. Cara yang sama untuk menghindari konflik yang mungkin terjadi. Saran saya sih lebih baik bersikap senatural mungkin. Berambisi untuk menang boleh, tapi tetap jaga hubungan.

 

Menurutmu, apa makna paling penting dari bersaing dengan teman di kantor? Apakah hanya berarti menang dan kalah? Sungguh. Atasan mana pun nggak akan berpikir semacam itu. Ia hanya ingin membuat karyawannya terus bersemangat dalam bekerja. Naiknya jabatan itu ibarat bonus dari kontribusimu untuk perusahaan selama ini.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

4 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett