Inspirasi & Edukasi Finansial dari Amar Bank – Bagaimana cara beli mobil gaji UMR? Mobil merupakan alat transportasi yang seakan menjadi kebutuhan jika memang memiliki kesibukan dan mobilitas yang tinggi.

 

Namun, harga mobil yang tinggi membuat banyak orang ragu untuk membeli mobil dengan gaji yang hanya sebesar upah minimum regional (UMR).

 

Padahal, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mewujudkan keinginan untuk mendapatkan mobil. Yuk, simak tips, cara menabung dan simulasi kredit mobil dengan gaji UMR berikut ini.

 

Kalkulator Finansial Swara

 

Tips Beli Mobil Gaji UMR

 

beli mobil gaji umr
Unplash

 

Meski terkesan mustahil, mempunyai mobil dengan gaji UMR mungkin untuk diwujudkan. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan di antaranya adalah sebagai berikut: 

 

1. Riset tentang Mobil Murah

 

Sebelum mengambil keputusan untuk membeli mobil, ada baiknya kamu melakukan riset tentang mobil murah seperti LCGC (low cost green car) yang dipasarkan dengan harga murah.

 

Dilansir dari berbagai sumber, mobil LCGC termurah saat ini adalah Daihatsu Ayla yang dibanderol dengan harga Rp100-an juta.

 

Kamu juga bisa mempertimbangkan mobil listrik yang lebih hemat dalam hal pengisian daya dan sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah. Harga mobil listrik termurah saat ini adalah K-Upgrade dengan jarak tempuh hingga 336 km sekali pengisian daya.

 

2. Membuka Opsi Menggunakan Mobil Bekas

 

Pertimbangkanlah untuk mendapatkan mobil bekas karena harganya yang biasanya turun banyak dari harga mobil murahnya. 

 

Kiat beli mobil gaji UMR dengan kondisi bekas namun berkualitas dan dengan harga murah adalah memilih mobil dengan usia yang muda dilihat dari tahun produksinya, memeriksa jarak tempuh ideal melalui angka odometer, hingga melakukan test drive terlebih dahulu. 

 

3. Maksimalkan Pencarian Lewat Internet

 

Maksimalkanlah pencarian mobil impian kamu dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui internet.

 

Kamu bisa mengakses marketplace penjualan mobil bekas untuk bisa berhubungan langsung dengan penjualnya tanpa perantara.

 

Kamu juga bisa mengakses e-commerce yang menjual beberapa jenis mobil untuk mendapatkan harga terbaik dari diskon atau cashback.

 

Perhatikan juga review atau testimoni yang diberikan oleh pembeli sebelumnya sebelum menentukan pembelian mobil. 

 

Baca juga: Utamakan Kenyamanan, Begini Tips Memilih Mobil untuk Kebutuhan Keluarga

 

4. Membeli dengan Opsi Kredit

 

Pengen beli mobil tapi gak punya uang? Kamu bisa mempertimbangkan beli mobil gaji UMR dengan opsi kredit.

 

Sudah banyak dealer mobil atau institusi bank yang menyediakan fasilitas pinjaman pembelian mobil yang bahkan tanpa uang muka (down payment) mulai dari Rp1 jutaan per bulan. 

 

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan pembelian mobil dengan sistem over kredit/trade itu atau melanjutkan kredit dari pembeli terdahulunya dengan membayarkan ganti rugi yang setara dengan uang muka.

 

5. Memilih Mobil Tarikan Leasing

 

Pada dasarnya mobil tarikan leasing adalah mobil bekas yang diambil paksa karena proses cicilan tidak berjalan lancar dari pemilik sebelumnya.

 

Biasanya mobil tarikan leasing ini akan berada di bawah harga pasar bahkan untuk harga mobil seken sekalipun. Namun, perlu hati-hati karena kebanyak debt collector menarik mobil tanpa memperhatikan kelengkapan surat-suratnya.

 

Baca juga: Syarat Kredit Motor dan Tips Pengajuannya, Lengkap!

 

Cara Menabung untuk Membeli Mobil

 

beli mobil gaji umr
Unplash

 

Setelah menentukan mobil yang ingin dibeli, selanjutnya kamu akan dihadapkan dengan opsi beli mobil cash atau kredit. Jika ingin membeli mobil cash, kamu setidaknya harus memiliki uang sekitar 100 juta untuk mendapatkan mobil impian.

 

Nah, cara menabung 100 juta dalam setahun di antaranya adalah sebagai berikut: 

 

  • Mencari penghasilan tambahan 

 

Cara untuk bisa mencapai tujuan finansial tanpa harus mengurangi pos kebutuhan sehari-hari adalah mencari penghasilan tambahan dengan cara membuka usaha rumahan, berdagang online, menjadi pekerja freelance, dan lain sebagainya. 

 

Baca juga:

6 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan untuk Karyawan

Mengenal Program Referral Tunaiku, Kesempatan Dapat Penghasilan Tambahan

 

  • Hidup hemat dengan gaya hidup sederhana

 

Cara ini sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan jika kamu ingin beli mobil gaji UMR

 

Tetapi setidaknya kamu harus disiplin menyisihkan uang dengan cara menerapkan pola hidup sederhana seperti frugal living atau minimalis. 

 

Kamu juga diharapkan untuk menabung semua pemasukan tambahan seperti bonus tahunan, THR dan lain sebagainya untuk setidaknya mendekati angka tabungan 100 juta dalam setahun.

 

Baca juga: Tips Cerdas Memilih Gaya Hidup dari Kacamata Finansial

 

  • Memanfaatkan fitur tabungan online

 

Untuk bisa merealisasikan mimpi mendapatkan mobil, idealnya kamu difasilitasi oleh produk perbankan yang bisa membantu mengatur keuangan kamu seperti fitur Celengan pada aplikasi Senyumku. 

 

Senyumku adalah aplikasi besutan Amar Bank yang menyediakan fitur celengan untuk tabungan online dengan keuntungan hingga 5.5 persen per tahun. 

 

Selain itu, kamu bisa mempertimbangkan skema kredit dengan atau tanpa uang muka. Begitu pun, kamu disarankan untuk tetap menyisihkan uang untuk uang muka untuk meringankan cicilan dan waktu tenor pinjaman. 

 

Beberapa cara efisien untuk menabung uang muka untuk beli mobil gaji UMR adalah sebagai berikut: 

 

  • Melakukan perhitungan yang terperinci

 

Jika ingin membeli mobil dengan skema kredit, setidaknya kamu sudah memiliki tabel pembayaran cicilan yang terperinci. Biasanya semakin besar uang muka yang disetorkan, maka semakin ringan cicilan dan tenor yang dibutuhkan untuk melunasinya. 

 

Jika memang dimungkinkan, pilihlah cicilan dengan bunga flat/tetap dibandingkan bunga floating yang akan suku bunga pinjaman yang diperkirakan akan terus naik dalam beberapa waktu ke depan. 

 

  • Menggunakan fitur autodebet untuk disiplin menabung

 

Cara lain untuk bisa beli mobil gaji UMR adalah disiplin menabung. Caranya adalah dengan menggunakan fitur autodebet pada produk tabungan bank untuk dialihkan ke rekening tabungan lain untuk tujuan pembelian mobil.

 

Perlu diperhatikan kalau kamu tidak disarankan untuk menggunakan uang dari rekening ini, agar tujuan kamu membeli mobil baru bisa tercapai. 

 

  • Berinvestasi dengan instrumen deposito

 

Cara lain untuk bisa mendapatkan uang muka untuk pembelian mobil adalah dengan menyisihkan uang pada instrumen investasi jangka pendek seperti deposito. 

 

Kamu bisa memanfaatkan deposito online melalui aplikasi Senyumku. Deposito dari Senyumku menawarkan investasi rendah risiko dengan bunga hingga 9 persen per tahun cukup dengan mendaftar secara online.

 

Baca juga: 4 Tips Menabung untuk Beli Mobil Impian

 

Simulasi Kredit Mobil

 

beli mobil gaji umr
Unplash

 

Idealnya, agar kamu bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, alokasi utang terhadap pemasukan bulan kamu adalah tidak lebih dari 30 persen.

 

Jadi, andaikan gaji UMR kamu setiap bulannya adalah Rp4,9 juta, maka alokasi untuk utang cicilan mobil kamu paling besar adalah Rp1.470.000.

 

Nah, dengan besaran cicilan tersebut, harga mobil paling ideal adalah sekitar Rp100-an juta.

 

Andaikata, kamu sudah memilih mobil contohnya Toyota Agya dengan harga jual Rp108.000.000, dengan bunga flat 4,8 persen per tahun dan tenor 5 tahun (60 bulan, maka setidaknya kamu sudah menyiapkan uang muka sebesar 35 persen.

 

Angka yang setara dengan 35 persen uang muka adalah Rp37,8 juta. Nah, total angsuran kamu adalah sebesar Rp1,45 juta per bulannya. Perhitungan terperincinya adalah sebagai berikut:

 

Harga mobil: Rp108.000.000

Uang muka: Rp108.000.000 x 35% = Rp  37.800.000

Plafon pinjaman: Rp  70.200.000

Informasi pinjaman

Tenor: 5 tahun (60 bulan)

Suku Bunga flat: 4,8% per tahun. 

Bunga tahunan: Rp70.200.000 x 4,8% = Rp3.369.600

Bunga perbulan: Rp3.369.300/12 = Rp280.800

Cicilan perbulan: (Rp70.200.000/60 bulan) + Rp280.000 = Rp1.450.000