Beranda > Karier Sukses > 5 Pekerjaan di Industri Hospitality dengan Standar Gaji yang Besar

5 Pekerjaan di Industri Hospitality dengan Standar Gaji yang Besar

Artikel ini ditulis oleh:
5 Pekerjaan di Industri Hospitality dengan Standar Gaji yang Besarwatermark

TUNAIKU.COM – Industri hospitality sering disalahartikan dengan industri rumah sakit. Padahal istilah hospitality itu hanya berhubungan dengan perhotelan dan pariwisata. Gaji di industri hospitality juga tergolong besar. Teman saya juga bekerja di sektor ini dan sekarang hidupnya semakin makmur. Berdasarkan trek rekornya, apa saja pekerjaan di sektor ini?

 

Artikel terkait: Fakta seputar pekerjaan yang wajib kamu tahu

  1. Kebiasaan Buruk dalam Mencari Pekerjaan yang Harus Dihindari
  2. 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Mencari Pekerjaan dan Mulai Berbisnis
  3. 5 Aturan Tak Tertulis Melamar Pekerjaan Saat Kondisi Hamil, Wajib Tahu!

 

1. Travel agent service

Seorang travel agent service sangat penting posisinya di perusahaan travel. Layaknya customer service, syarat yang harus kamu penuhi agar bisa diterima adalah punya kesabaran yang tinggi dan supel. Jadi setiap kali ada keluhan dari pelanggan, kamu bisa menyikapinya dengan bijak. Bahkan bisa membuat yang marah-marah itu jadi seperti sahabat.

Itulah kelebihan seorang travel agent service. Tugasnya berkutat pada pelayanan atas pemesanan penginapan, tiket perjalanan, akomodasi, panduan paket perjalanan, dan lain-lain. Travel agent service zaman sekarang lebih sering bekerja di balik layar. Soalnya pelayanan bisa dilakukan via online. Standar gaji seorang travel agent service sekitar 3 juta lebih.

 

2. Pramusaji

Seorang pramusaji atau waitress bertugas melayani tamu yang mau bersantap di hotel maupun di restoran dekat objek wisata. Untuk bisa bekerja di posisi ini, cukup dengan lulusan SMA maupun SMK saja. Kamu hanya perlu mengasah bakat multitasking dalam pelayanan terhadap pelanggan yang datang. Terutama pada waktu jam-jam ramai.

Meskipun seorang waitress ada yang memiliki gaji di bawah UMK, tapi ada pula yang memiliki gaji yang besar. Katakanlah yang bekerja di hotel bintang lima. Gaji per bulannya bisa sampai lebih dari 5 juta Rupiah. Tapi tentu saja standar estetika yang wajib kamu terapkan juga tinggi. Berhubung pelanggan yang datang rata-rata orang besar.

 

3. Room sales manager

Peminat pekerjaan di posisi room sales manager cukup tinggi. Soalnya memiliki gaji besar di industri hospitality ini. Memangnya berapa gaji per bulannya? Besar sekali, yakni sekitar 65 juta per bulan. Itu kalau kamu sudah berpengalaman di bidangnya. Kalau baru tahap junior, gajinya sekitar 20 juta per bulan.

Seorang room sales manager memiliki tugas untuk memastikan kalau fasilitas kamar di hotel sudah oke. Bahkan kalau yang sudah senior, ia juga memiliki peranan penting dalam memaksimalkan tampilan kamar hotel. Sekaligus bertanggung jawab atas brand dan review hotel. Kompetensi semacam bisa jadi leader atas karyawan lain juga mutlak dikuasai.

 

4. Resepsionis hotel

Tugas seorang resepsionis tidak sesederhana kelihatannya. Baik ketika jam-jam sibuk maupun tidak, seorang resepsionis harus selalu siap melayani tamu yang datang. Tugasnya meliputi sambutan pada tamu, mengurus reservasi kamar hotel, menjawab pertanyaan-pertanyaan dari tamu, dan lainnya.

Untuk bisa berhasil di posisi ini, kamu wajib banyak-banyak bersabar dan tersenyum. Soalnya posisi kamu bersentuhan langsung dengan tamu. Jadi ketika ada komplain, kamu menjadi orang pertama yang berurusan dengan masalah tersebut. Rata-rata gaji resepsionis itu di atas 3 juta per bulannya. Tapi tergantung peringkat hotelnya juga.

 

Artikel terkait: Beberapa pekerjaan dengan gaji tinggi

  1. Ini 7 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Lulusan Baru
  2. Ini 10 Pekerjaan Bergaji Tinggi yang Cocok untuk si Kutu Buku
  3. Berdasarkan Linkedln, Ini 5 Pekerjaan Paling Dicari FreshGrad Tahun 2018

5. Kepala koki restoran di hotel

Seorang kepala koki harus mampu bertanggung jawab atas kinerja karyawannya. Oleh karena itu, demi kelancaran karier, sebaiknya kamu pilih karyawan dengan kompetensi tinggi. Termasuk semangat dalam bekerja. Prioritas seorang kepala koki adalah memberikan pelayanan hidangan terbaik untuk tamu. Gajinya berkisar pada angka 25 juta per bulan.

Gaji di industri hospitality itu besar-besar, ya? Semua pada awalnya memang sulit. Tapi dengan usaha yang keras dan komitmen yang tinggi, bukan tidak mungkin kamu juga bisa meraih salah satu dari posisi di atas. Pokoknya, selagi ada kesempatan, ambil. Jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan dan terus asah kreativitas agar tidak tertinggal zaman.

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

2


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett