Swara – Kebutuhan hidup yang terus meningkat mau enggak mau membuat kita terpikir untuk pindah kerja. Salah satu alasannya karena ingin menyesuaikan gaji. Penasaran enggak sih pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia?

 

Pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia

 

Untuk kamu yang kepikiran ingin pindah karier atau fresh graduate yang masih bingung ingin berkarier di bidang apa, daftar pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia ini bisa jadi acuanmu.

 

Kalkulator Finansial Swara

 

1. Ahli pertambangan

 

Bidang pertambangan memiliki risiko kerja besar, dan hal ini sebanding dengan besaran gaji yang didapat. Posisi ini juga terbatas, karena enggak setiap saat ada lowongan yang terbuka.

 

Meski begitu, peminatnya masih banyak. Untuk kamu yang baru lulus, kamu bisa mendapat gaji di atas Rp8 juta per bulannya. Sedangkan untuk level senior bisa mencapai Rp40 juta.

 

2. Software engineer

 

Ini dia salah satu profesi yang sedang banyak dicari saat ini. Gajinya juga enggak main-main, mengingat perkembangan teknologi yang pesat membuat industri ini selalu membutuhkan keahlian khusus.

 

Seorang software engineer di level senior bisa membawa pulang gaji sebesar Rp20 – Rp80 juta per bulan, lho. Tertarik pengin berkarier di bidang ini?

 

3. Dokter spesialis

 

Pekerjaan dengan gaji tinggi
Dokter spesialis (Freepik)

 

Enggak mudah untuk menjadi seorang dokter. Plus, ini salah satu profesi yang paling dibutuhkan. Kamu bisa menjadi dokter spesialis, meski harus melewati proses yang enggak mudah untuk sampai ke tahap tersebut.

 

Sebagai pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia, seorang dokter spesialis di rumah sakit pemerintah bisa mendapat gaji sekitar Rp10 juta. Sementara, gaji dokter spesialis di rumah sakit swasta bisa mencapai Rp50 juta, lho.

 

4. Engineering director

 

Bidang teknologi industri masih berkembang dan dibutuhkan banyak talent untuk bekerja di bidang ini. Seorang engineering director bisa mendapat gaji hingga Rp130 juta per bulannya, lho.

 

Selain harus mahir dalam bidang engineering, juga dibutuhkan seseorang dengan leadership skill. Tanggung jawabnya adalah memastikan proyek berjalan dengan lancar.

 

5. Digital marketing strategist

 

Pekerjaan dengan gaji tinggi
Digital Marketer Specialist (Freepik)

 

Perkembangan teknologi melahirkan beragam profesi baru, salah satunya digital marketing. Ini juga bisa menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita.

 

Posisi ini mengharuskanmu paham soal media sosial, internet serta strategi pengembangan bisnis. Untuk level senior, kamu bisa mendapat gaji hingga Rp100 juta per bulan.

 

Baca juga: Galau dalam Perencanaan Karier? Ini Kiat untuk Berkarier di Bidang Digital

 

6. Ahli konstruksi

 

Pembangunan yang terus berlanjut membuat kebutuhan akan lulusan teknik sipil semakin tinggi. Enggak heran kalau makin banyak yang ingin kuliah di bidang ini.

 

Seorang ahli konstruksi level junior bisa mendapatkan gaji hingga Rp15 juta. Angka ini termasuk tinggi untuk ukuran fresh graduate, lho.

 

7. Head of Human Resources

 

Salah satu pekerjaan lulusan SMA IPS dengan gaji tinggi, nih. Posisi Head of Human Resources menempati posisi strategi yang sangat dibutuhkan di setiap perusahaan.

 

Seorang HR memiliki tanggung jawab dalam memajukan sumber daya manusia di perusahaan. Umumnya, HR berasal dari jurusan psikologi. Namun, non-psikologi juga bisa bekerja di bidang ini.

 

Untuk gaji, HR mendapat gaji sekitar Rp30 juta per bulannya. Bisa jadi acuanmu kalau masih bingung berkarier di bidang apa.

 

8. Content Manager

 

Pekerjaan dengan gaji tinggi
Content Manager (Freepik)

 

Satu lagi pekerjaan dengan gaji tinggi yang lahir dari perkembangan teknologi. Seorang content manager kadang berada di bawah departemen digital marketing.


Content manager bertanggung jawab dalam membuat konten untuk memasarkan produk. Tujuannya adalah viral sehingga publik tahu akan produk yang ditawarkan.

 

Untuk seorang content manager level senior, kamu bisa mendapat gaji hingga Rp30 juta per bulannya.

 

9. Pilot

 

Yup, pilot juga salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi. Namun, risiko pekerjaan juga tinggi, bahkan bertaruh nyawa.

 

Rata-rata gaji seorang pilot di penerbangan komersil bisa mencapai Rp20-40 juta. Hal ini bisa bertambah, tergantung pada jam terbang setiap bulannya.

 

Baca juga: Mau Sukses? 10 Hal yang Harus Dilakukan Anak Muda Umur 20-30 Tahun

 

10. Full-stack developer

 

Engineering (Freepik)

 

Satu lagi pekerjaan dengan gaji tinggi yang dibutuhkan saat ini, seiring dengan meningkatnya perkembangan teknologi. Seorang full-stack developer bertanggung jawab secara menyeluruh terhadap perkembangan website atau aplikasi.

 

Untuk kamu fresh graduate atau baru memiliki pengalaman satu tahun bekerja, kamu bisa mendapatkan gaji hingga sekitar Rp8-15 juta. Sedangkan untuk yang sudah di level senior dan lebih dari sepuluh tahun bekerja, bisa mendapat gaji hingga Rp200 juta per bulan, lho.

 

11. Ahli IT

 

Selain menjadi pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia, ahli IT juga sangat bergengsi, lho. Pekerjaan ini juga sangat dicari, sehingga kamu bisa mengembangkan keahlianmu di bidang teknologi informasi ini.

 

Hampir setiap perusahaan di bidang industri apa pun membutuhkan seorang ahli IT. Untuk kamu yang masih junior, bisa mendapat gaji hingga Rp15 juta per bulannya.

 

12. Banker

 

Ada banyak tanggung jawab dan bidang yang bisa dijalani sebagai banker. Banker bisa menjadi pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita Indonesia, lho.

 

Untuk menjadi banker, terbuka kesempatan bagi jurusan apa pun. Beberapa bank memiliki program Management Trainee yang membuat kariermu melesat lebih cepat.

 

Untuk level senior, kamu bisa mendapat gaji hingga Rp100 juta, lho. Sedangkan untuk level direktur, gajimu bisa mendapai Rp120 juta ke atas. Menggiurkan banget, ya.

 

Baca juga: 3 Pilihan Kerja Sampingan Fleksibel yang Cocok untuk Para Single Parents

 

13. Marketing director

 

 

Salah satu pekerjaan strategis yang dibutuhkan banget dalam memastikan keberlangsungan sebuah perusahaan. Kamu bertanggung jawab untuk memenuhi target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan.

 

Seorang marketing director bisa mendapat gaji Rp110 – 150 juta, lho. Sebanding dengan tanggung jawab besar yang dimilikinya.

 

14. Sekretaris direktur

 

Jenis pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita yang bisa jadi acuanmu kalau ingin berganti karier. Dibutuhkan ketelitian dalam bekerja, sebab kamu bertanggung jawab atas pekerjaan atasan.

 

Seorang sekretaris direktur bisa mendapat gaji Rp80 juta per bulannya. Tertarik untuk pindah karier?

 

15. Cyber security engineer

 

Posisi ini penting banget, sebab kamu bertanggung jawab dalam menjaga sistem keamanan suatu perusahaan. Jangan sampai terjadi kerusakan sistem atau kebocoran data.

 

Kamu enggak harus bergabung bersama perusahaan tertentu. Kamu bisa lho menjadi freelancer atau membangun perusahaan cyber security sendiri. Rata-rata seorang cyber security engineer setiap bulannya bisa mendapat gaji hingga Rp2 miliar, lho.

 

Bagaimana, kamu jadi bersemangat dalam mencari pekerjaan? Setelah mengetahui daftar pekerjaan dengan gaji tinggi, kamu sudah membuat keputusan?