Beranda > Karier Sukses > Rekomendasi 5 Sekolah Kuliner di Surabaya untuk Mengembangkan Kemampuan Memasakmu

Rekomendasi 5 Sekolah Kuliner di Surabaya untuk Mengembangkan Kemampuan Memasakmu

TimotiusTimotius
Rekomendasi 5 Sekolah Kuliner di Surabaya untuk Mengembangkan Kemampuan Memasakmuwatermark

TUNAIKU.COM – Apa yang memotivasi kamu untuk belajar memasak? Banyak hal yang bisa jadi alasan kenapa kita tertarik sekolah kuliner. Bisa karena minat dan hobi, bisa juga karena ingin belajar menjadi istri atau suami yang baik, he-he-he, atau bisa juga karena ingin memulai bisnis kuliner. Nah, omong-omong soal bisnis kuliner, buat kamu yang tinggal di Surabaya khususnya, pas banget, nih, buka usaha di bidang ini. Soalnya, Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang menawarkan serangkaian makanan dari berbagai cita rasa, lokal dan internasional.

Melihat potensi dan peluang bisnis yang tinggi dari kuliner kota Surabaya, beberapa pengusaha di bidang kuliner dan chef ternama mendirikan sekolah kuliner dengan metode dan waktu studi yang beragam. Mulai dari kursus singkat sampai pendidikan standar diploma tiga. Bahkan, jika kamu sibuk dan kekurangan waktu, kamu dapat mengambil kursus kuliner dalam waktu beberapa hari saja, lho! Penasaran? Mari simak penuturannya!

 

Artikel Terkait: Butuh Inspirasi Sukses dalam Bidang Kuliner?

  1. Sosok Sukses di Industri Kuliner Nusantara yang Inspiratif
  2. Bondan Winarno, Maestro Maknyus Kuliner yang Jago Berbisnis
  3. 5 Kiat Sukses dalam Berbisnis dari Gibran Rakabuming

 

1. Ottimmo International MasterGourmet Academy

Didirikan pada awal tahun 2012 silam, Ottimmo International MasterGourmet Academy menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang tertarik berkarier menjadi chef profesional dan mendalami kuliner internasional. Digagas oleh Chef Zaldy Iskandar, yang sudah lebih dulu malang melintang dalam dunia kuliner internasional. Ia sendiri pernah menjabat sebagai anggota Research Chef Association di Amerika Serikat dan mengikuti pendidikan kuliner profesional di Swiss dan Amerika Serikat.

 

Ottimmo International MasterGourmet Academy bukan hanya mempunyai misi untuk mendidik calon koki dengan pengetahuan dan keterampilan semata, melainkan juga membangun calon koki dengan moral, kode etik, dan karakter yang bertanggung jawab.

 

Kurikulum yang diajarkan terdiri atas 80% keahlian memasak dan 20% ilmu manajerial dalam kuliner. Selain itu, sekolah kuliner ini bukan hanya fokus pada proses memasak, tetapi juga fokus pada standar dapur internasional. Murid sekolah ini akan diperkenalkan dengan dapur panas dan dingin, gudang bumbu dan rempah, bakery lab, serta oven dengan kualitas restoran internasional. Pendidikan dapat ditempuh selama kurang lebih tiga tahun dengan predikat setara dengan D3.

 

2. Bogasari Baking Center (BBC)

Perusahaan Bogasari sejak didirikan tahun 1971 silam sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu perusahaan penggilingan tepung terigu terbesar di Indonesia. Menyusul pada tahun 1981, Bogasari mendirikan Bogasari Baking Center atau biasa disingkat “BBC”. BBC adalah sarana untuk kamu bisa belajar membuat aneka kue seperti kue jajanan pasar, pastry, dan lain-lain. BBC ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bagaimana cara mengaplikasikan dan mengolah tepung terigu dengan tepat–serta mencetak wirausahawan baru yang bisa bergerak di bidang kuliner. Bukan hanya kue, kamu juga diajari untuk membuat dan mengolah makanan dengan bahan dasar tepung seperti mi dan dimsum.

 

Apabila kamu berminat mengikuti program disini, kamu dapat memilih satu dari tiga program yaitu program satu, tiga, atau lima hari. Selain itu, BBC juga membuka program Boga Kid Holiday bagi anak-anak sekolah setara kelompok bermain sampai SMP yang sedang libur sekolah. Bambang Eko Harianto, selaku kepala BBC menuturkan bahwa perbedaan BBC dengan kursus masak lainnya adalah BBC mengedepankan praktik memasak secara langsung bukan dengan hanya melihat demo masak, kemudian hasil praktik boleh langsung di bawa pulang.

 

3. Made D’Line Culinary Institute

Berlatar dari rasa cinta akan cita rasa kuliner tanah air dan keinginan untuk lebih mengibarkan makanan Indonesia ke kancah internasional, Lenawati Maslim mendirikan Made D’Line Culinary Institute untuk menjadi wadah agar bisa mengasah kemampuan kuliner Indonesia sampai kelas internasional. Made D’Line Culinary Institute memberikan pelatihan dan pembinaan dalam beberapa waktu dengan tingkat pendidikan setara diploma satu dan dua. Institusi ini membuka dua bidang konsentrasi yaitu culinary dan baking pastry, serta diarahkan untuk bisa mendalami makanan Indonesia, luar negeri, dan juga fusion.

 

4. The Sages Institutes International

The Sages Institute International didirikan sejak tahun 2006 silam, sebagai wadah bagi warga dan juga pendatang kota Surabaya untuk mengasah seni dan ilmu memasak dari tenaga pengajar yang ahli serta untuk mempelajari ilmu hospitality management sebagai bekal untuk dapat berwirausaha dalam bidang kuliner. Apabila kamu tertarik, kamu dapat mengambil konsentrasi culinary arts atau baking and pastry. Pada kedua konsentrasi tersebut kamu diajarkan cara untuk mengolah makanan khas lokal dan mancanegara secara artistik sambil ditunjang dengan pengetahuan dan pemahaman tentang teknologi makanan.

 

Artikel Terkait: Tertarik untuk Mencoba Bisnis Kuliner?

  1. Jajal Bisnis Food Truck Pakai Pinjaman Tanpa Agunan dari Tunaiku, Yuk!
  2. Tren Bisnis Oleh-oleh Kuliner dari Para Seleb Tanah Air
  3. Ingin Mencoba Bisnis Makanan Cepat Saji? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memulainya

 

5. Surabaya Hotel School (SHS)

Bagi kamu yang ingin masuk sekolah kuliner tepercaya, kamu dapat mencoba mendaftar di Surabaya Hotel School (SHS). Setelah didirikan pada tahun 1988 silam, Bagus Supomo, pendiri sekaligus direktur eksekutif SHS memaparkan, sekolah ini ada sebagai wadah untuk anak-anak yang mencintai dunia kuliner dan perhotelan, serta ingin mengembangkan kemampuannya pada bidang terkait.

 

Terdapat tiga program studi pada bidang kuliner yang dapat kamu ambil yaitu program studi Food Product, Pastry Bakery, dan F&B Service (Bartending). Masing-masing program studi memiliki lama pendidikan sekitar satu tahun dengan biaya mulai Rp6 juta sampai Rp15 juta. Apakah kamu tertarik? 

 

Setelah membaca artikel tersebut, pastinya jadi semakin tertarik untuk daftar sekolah kuliner di Surabaya, kan? He-he-he. Oh iya, kalau kamu butuh tambahan dana untuk biaya sekolah, bisa banget coba ajukan pinjaman Tunaiku, ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

4

 

Mobile Site CTA

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett