Beranda > Karier Sukses > Apa Saja Manfaatnya kalau Kamu Punya Sertifikasi Profesi?

Apa Saja Manfaatnya kalau Kamu Punya Sertifikasi Profesi?

TUNAIKU
Apa Saja Manfaatnya kalau Kamu Punya Sertifikasi Profesi?watermark

TUNAIKU.COM – Dalam karier profesional, lisensi dengan sertifikasi profesi itu sangat vital. Enggak mungkin bisa meningkat hingga diakui secara nasional maupun internasional tanpa adanya hal ini. Sertifikasi karier bisa lewat proses secara formal, pelatihan kerja, maupun non formal. Sebenarnya, apa sih manfaat dari sertifikasi ini?

 

Artikel terkait: langkah agar dapat kerja untuk fresh graduate

  1. 5 Tips Sukses Jadi Auditor untuk Fresh Graduate
  2. 5 Tahap Tes Masuk Kerja dan Persiapannya, Fresh Graduate Wajib Baca
  3. Nggak Perlu Minder Jadi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman, Yuk, Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Dapat Kerja!

 

Meyakinkan industri, klien, atau organisasi akan kemampuanmu

Banyaknya pelamar kerja pada suatu perusahaan membuat mereka menaruh harapan lebih terhadap sertifikasi. Begitu pula ketika kita ingin mendapatkan kepercayaan dari klien. Dengan bekal sertifikat, mereka akan lebih memprioritaskan dirimu daripada yang belum bersertifikat sama sekali. Sertifikat itu menandakan bahwa kamu punya skill.

 

Untuk mendapatkan pengakuan secara lintas sektor dan negara

Sektor yang dimaksud adalah bidang yang masih berkaitan, tapi memiliki tugas berbeda. Sebuah perusahaan enggak akan sembarangan dalam memilih karyawan. Misalnya kamu ingin bekerja di bidang perpajakan. Selama ini kamu hanya memiliki pengalaman di bidang pencatatan atau ikhtisar jual-beli. Ketika memiliki sertifikasi akuntansi, posisimu lebih kuat.

 

Membantu tenaga profesi untuk mendapatkan pekerjaan di bursa kerja

Sesekali, coba kamu main ke Departemen Tenaga Kerja yang ada di kabupaten. Setiap harinya selalu ada lowongan yang masuk bursa. Nah, kamu bisa tuh daftar lewat sana. Lengkapi persyaratannya serta lampirkan sertifikasi yang kamu punya. Itu akan mempermudah kamu dalam mendapatkan pekerjaan yang ada di bursa tersebut.

 

Membantu tenaga kerja dalam memenuhi syarat untuk regulasi

Secara bahasa, regulasi memiliki arti sebagai pengaturan. Hal tersebut berkaitan dengan sistem yang akan kamu jalani ketika bekerja di sebuah organisasi ataupun perusahaan. Begitu pula sistem yang dipatok oleh klien ketika hendak menawarkan jasa pada mereka. Inilah manfaat sertifikasi profesi yang bisa dijadikan bukti atas kemampuanmu.

 

Untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi selama ini

Kompetensi yang dimaksudkan adalah ketika kamu sudah bekerja di perusahaan maupun masih dalam pelatihan kerja. Ketika berkaitan dengan tahap belajar dalam pelatihan, sertifikasi menjadi tanda bahwa kamu sudah memiliki kemampuan itu dengan baik. Semacam penghargaan, tetapi sekaligus bekal yang berguna sebelum menapaki jenjang karier.

 

Untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dengan remunerasi

Remunerasi memiliki makna sebagai imbalan atau hadiah dari suatu perusahaan kepada tenaga kerjanya. Terutama untuk para pekerja yang sudah lama dan banyak berkontribusi untuk kemajuan perusahaan. Pemberian sertifikasinya bisa dilakukan oleh pemimpin perusahaan, manajer, ataupun pihak yang bertanggung jawab atas tenaga kerja tersebut.

 

Untuk meningkatkan efisiensi HRD

Seorang HRD yang berperan dalam merekrut karyawan baru juga memerlukan sertifikasi. Namun sertifikasi kali ini didasari oleh perusahaan, bukan atas dasar pengajuan proposal dari HRD tersebut. Tujuannya untuk menjaring tenaga kerja yang memiliki potensi tinggi ke depannya. Kan jadi lebih efektif dan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat.

 

Artikel terkait: tips cerdas saat kamu ditugaskan untuk dinas luar kota

  1. 4 Tips Atur Waktu saat Dinas ke Luar Kota yang Wajib Diperhatikan
  2. Sering Dinas Luar Kota? Ini Tips Packing Anti Ribet Buat Kamu
  3. 8 Tips Kerja Efektif saat Dinas Luar Kota yang Mudah Diterapkan

 

Untuk membuat klien yakin dengan produk atau jasamu

Produk berupa fisik maupun jasa kali ini bukan bersifat individual, melainkan berasal dari kerja sama dalam tim. Sertifikasi kali ini bisa jadi sebagai portofolio. Jadi, skalanya cukup besar. Klien yang dimaksud bisa perorangan ataupun dalam bentuk yang lebih besar lagi. Misalnya distributor, lembaga negara, dan lain-lain yang membutuhkan produk dari kita.

 

Sudah sewajarnya kalau untuk meyakinkan pihak mana pun harus dilandasi dengan bukti yang valid. Sertifikasi profesi bisa menguatkan bukti yang sudah ada, sebab manfaat utamanya untuk meningkatkan keyakinan pihak atau klien. Sedangkan bukti yang sesungguhnya adalah hasil dari transaksi atau kerja sama antara pihakmu dengan klien.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett