Beranda > Karier Sukses > 5 Tips Sukses Jadi Auditor untuk Fresh Graduate

5 Tips Sukses Jadi Auditor untuk Fresh Graduate

SWARA LOGOSwara Logo
5 Tips Sukses Jadi Auditor untuk Fresh Graduatewatermark

TUNAIKU.COM – Sejak duduk di bangku SMA, saya memang sudah menyukai mata pelajaran akuntansi. Jadi, saya pun kuliah di bidang itu dan mendapat pekerjaan sesuai harapan. Di artikel ini, saya akan berbagi tips sukses jadi auditor. Khususnya untuk fresh graduate yang kerapkali dihantui keraguan tentang masa depannya. Biar lebih yakin, terapkan 5 tips ini.

 

Artikel Terkait: Tips Karier untuk Fresh Graduate

  1. 7 Aturan Keuangan yang Harus Diterapkan oleh Fresh Graduate
  2. Nggak Perlu Minder Jadi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman, Yuk, Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Dapat Kerja!
  3. 5 Cara Mengelola Keuangan untuk Pekerja Fresh Graduate

 

1. Mudah beradaptasi

Maksud saya, sesuaikan dirimu dengan fakta di lapangan. Kita tahu kalau menjadi auditor itu nggak mudah dan harus melewati berbagai tantangan. Sebetulnya kesulitan itu berangkat dari diri sendiri. Katakanlah selepas lulus, kamu langsung menginginkan pekerjaan sebagai auditor. Namun kenyataannya, justru bukan bidang itu yang membuka kesempatan.

 

Menurut saya, asalkan posisi yang kamu inginkan masih berada dalam satu gedung perusahaan, lebih baik ambil saja. Kecuali memang bidang-bidang di dalamnya sangat jauh dari harapan. Misalnya kamu lulusan yang tujuannya untuk jadi auditor, tapi tawaran kerjaannya jadi tukang jaga rental PS2. Baru kamu pertimbangkan banyak-banyak.

 

2. Memiliki persiapan lengkap sebelum mendaftar

Biasanya, tes yang paling sulit ditembus adalah tes wawancara. Di situlah psikologi kamu dimain-mainkan. Kalau kamu terjebak dengan pernyataan atau pertanyaannya, bisa langsung gagal. Oleh karena itu, belajar psikologi manusia juga penting. Biar ketika kamu bisa menjaga sikap ketika tengah diwawancarai.

 

Selain soal psikologi, tentunya ada hal lain lagi. Mulai dari CV yang dibuat ringkas, padat, dan mampu menampilkan dirimu apa adanya. Kemudian perdalam lagi soal teknis dalam ilmu akuntansi. Kalau kamu punya hasil tes Bahasa Inggris yang bagus, sertakan juga. Oh ya, ketika bikin CV, harap pakai Bahasa Inggris biar tampak profesional.

 

3. Menyukai hal dan ilmu baru

Tips sukses jadi auditor nomor 3 ini nggak boleh dikesampingkan. Bekerja di bidang yang berbeda tentu harus pandai-pandai menyesuaikan diri. Termasuk soal teknis dan ilmu baru yang menyertainya. Toh, sekalipun kamu langsung mendapat pekerjaan, tentu masih banyak hal baru yang nggak ditemui selama kamu menempuh pendidikan di universitas.

 

Jangan ragu bertanya pada yang lebih senior. Dalam hal ini, kedalaman ilmu lebih penting daripada egosentris. Untuk itulah kamu wajib menjalin hubungan baik dengan orang-orang di perusahaan tempatmu bernaung. Jadi, ketika kamu menghadapi kendala, bisa tanyakan langsung pada mereka. Bahkan tanpa diminta pun mereka akan sedia membantu.

 

4. Berdamailah dengan diri sendiri dan lingkungan kerja

Bila kenyataan nggak sejalan dengan idealisme, sebetulnya di situlah kompetensimu tengah diuji. Pada awalnya mungkin kamu akan lebih banyak menyangkal. Kemudian merutuki nasib yang seolah-olah buruk, padahal nggak terjadi sesuatu yang buruk sekalipun. Di waktu-waktu itu, lebih baik kamu berdamai dengan diri sendiri.

 

Terimalah kenyataannya begitu. Harapan untuk menjadi auditor sama sekali jangan dipadamkan. Justru ketika kamu melakukan pekerjaan yang bukan bidangmu dengan baik, maka kamu akan mendapatkan 2 keahlian sekaligus. Hal ini akan sangat berguna ketika suatu kali perusahaanmu mem-PHK banyak karyawan. Bekalmu jadi lebih melimpah.

 

Artikel Terkait: Fresh Graduate di Lingkungan Kerja

  1. 5 Tahap Tes Masuk Kerja dan Persiapannya, Fresh Graduate Wajib Baca!
  2. Adaptasi di Lingkungan Kerja Memang Tantangan bagi Para Fresh Graduate, tapi Ini Hanya Masalah Waktu, Kok!
  3. 6 Langkah Jitu Membangun Kantor Konsultasi Hukum Bagi yang Baru Lulus

 

5. Selalu tantang diri untuk lebih baik dari hari ke hari

Di era modern ini, persaingan kerja begitu ketat. Di luar sana, tentu banyak orang yang justru berharap berada di posisimu. Ketika performamu menurun, bahkan cenderung merugikan perusahaan, bisa-bisa kamu dengan mudah dikeluarkan. Kalau nggak mau hal itu terjadi, terus tantang diri sendiri. Misalnya hari ini kamu bisa mengerjakan 20 hal. Besok harus bisa lebih.

 

Kenapa tips sukses jadi auditor di atas lebih condong membahas nasib orang yang nggak sesuai harapan? Kenyataannya memang banyak yang begitu. Setiap fresh graduate memang selalu ditantang dunia dengan kondisi semacam itu. Dengan menerapkan kelima tips di atas, jalan sukses jadi auditor akan terbuka selebar mungkin.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

4

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett