Beranda > Karier Sukses > 4 Tips Atur Waktu saat Dinas ke Luar Kota yang Wajib Diperhatikan

4 Tips Atur Waktu saat Dinas ke Luar Kota yang Wajib Diperhatikan

TUNAIKU
4 Tips Atur Waktu saat Dinas ke Luar Kota yang Wajib Diperhatikanwatermark

TUNAIKU.COM – Terkadang, business trip yang kerap saya jalani tiap bulannya menjadi tantangan tersendiri buat saya. Asyik saja sebenarnya, walau kita diutus pergi untuk bekerja, tapi sayang juga kalau sudah ke luar kota atau ke luar negeri tapi tidak dimanfaatkan untuk berjalan-jalan. Agar urusan jalan-jalan dan pekerjaan dapat berjalan dengan lancar, saya harus pandai mengatur waktu. Nah, saya punya tips atur waktu yang jitu untuk kamu terapkan pada saat dinas ke luar kota. Tujuannya untuk menjamin urusan lancar nantinya.

 

Artikel terkait karier: Pertimbangan Sebelum Memilih Pekerjaan

  1. Sebelum Memilih Pekerjaan Baru, Penting Untuk Mempertimbangkan Hal Berikut
  2. Ini Pilihan Karier yang Paling Cocok Berdasarkan Zodiakmu!
  3. 3 Hal Penting dalam Mencari Pekerjaan untuk Fresh Graduate

1. Jadikan tempat baru layaknya rumah sendiri

Apa yang kamu rasakan ketika berada dalam rumah sendiri? Nyaman, hangat, tenang, lega, bahagia? Semua yang ada di dunia ini sama. Baik tempat terbuka maupun tempat yang memiliki ruang. Seringkali yang membedakan itu karena “belum terbiasa”. Dengan adaptasi semacam ini, kamu jadi lebih mudah dalam mengatur waktu.

 

Saya juga begitu pada awalnya. Kemudian saya pikir-pikir lagi, sepertinya itu cuma kesalahan teknis dalam mindset kita. Semua tempat itu hakikatnya sama. Bahkan semua manusia, entah itu orang tua, tetangga, kerabat, atau orang asing, sebetulnya sama. Cek yang berkaitan dengan fisik. Kenapa enggak samakan saja dengan yang ada di rumah sendiri?

 

2. Lakukan sesuatu saat menunggu pesawat berangkat

Dalam perjalanan dinas, pasti ada momen “menunggu pesawat untuk tinggal landas”. Bukankah begitu? Kalau di kota-kota dekat sih enggak ada. Menurutmu, menunggu itu bikin jenuh kan? Kalau iya, kenapa enggak kamu usir rasa jenuh itu? Misalnya dengan jalan-jalan sebentar ke tempat lain. Katakanlah dengan piknik sebentar ke wisata terdekat. Biasanya banyak pilihan.

 

Tapi ada hal yang harus kamu catat. Satu jam sebelum berangkat, kamu wajib berada di bandara. Nah, setelah pikiran segar akibat rekreasi sebentar, waktu satu jam itu gunakan untuk hal-hal yang produktif. Tips atur waktu saat business trip ini sering saya lakukan. Yah, bisa dengan mencatat hal-hal penting sebelum ketemu relasi, misalnya.

KTA, Tunaiku

3. Jelajahi wisata kuliner di tempat baru bersama relasi

Momen dinas ke luar kota enggak melulu bicara tentang ketegangan dalam urusan bisnis. Sejauh ini juga banyak yang terkesan santai saja. Santai, tapi serius. Jadwal dinas yang padat pasti banyak menyita perhatian dan menguras energi dalam pikiranmu. Kenapa enggak gunakan saja untuk jelajah wisata kuliner bareng relasi?

 

Pasti relasi tersebut akan dengan senang hati menerima ajakanmu. Hanya saja, lihat situasi dan kondisi saja. Pemahaman bahasa tubuh wajib kamu punya. Biar tahu apakah relasimu punya banyak waktu setelah obrolan bisnis atau enggak. Kalau punya, ajak saja. Biar antara perusahaanmu dengan pihak relasi bisa bertambah akrab setelah ngobrol di meja makan.

 

Artikel terkait: Cara Mengatur Keuangan

  1. Gaji Naik, Lakukan Hal Ini Biar Uangmu Nggak Cepat Ludes!
  2. Hindari 5 Kesalahan Mengatur Keuangan Keluarga Ini!
  3.  Gaji 7 Juta Perbulan, Ini 5 Cara Tepat Untuk Mengatur Keuangan Bagi Si Lajang

4. Jelajah kota di malam hari

Urusan bisnis di luar kota pada umumnya dilakukan pada siang hari. Pada saat itu, jadwalnya sangat padat dengan kegiatan demi kegiatan. Barulah pada malam harinya ada waktu luang untuk santai sejenak. Melihat fakta kalau siang hari kamu enggak leluasa untuk refreshing, apa yang akan kamu lakukan di malam harinya? Apakah terkapar begitu saja di hotel?

 

Kalau memang begitu, saya rasa pada waktu bangun badanmu akan tetap kelelahan. Saran saya, tuntaskan keinginanmu untuk me-refresh otak. Misalnya dengan jalan-jalan di malam hari untuk jelajah keindahan kota. Nikmati saja pemandangan kota yang penuh dengan cahaya lampu. Kemudian rasakan hawa dingin ketika semakin larut. Pasti kamu jadi fresh.

 

Dari sekian tips atur waktu selama dinas ke luar kota, saya memang menekankan pada pengaturan pikiran. Saya masih percaya dengan kredo ini: “Apa yang kita pikirkan pasti terjadi.” Memang betul. Enggak ada yang bisa mengganggu-gugat kredo tersebut. Bahkan bisa saya katakan, bahwa suksesnya agenda dinas luar kotamu tergantung mindset­-mu.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett