Beranda > Gaya Hidup > 4 Festival Musim Semi di Jepang yang Wajib Kamu Kunjungi

4 Festival Musim Semi di Jepang yang Wajib Kamu Kunjungi

Artikel ini ditulis oleh:
4 Festival Musim Semi di Jepang yang Wajib Kamu Kunjungiwatermark

TUNAIKU.COM – Kalau menyeleksi negara apa saja yang sering mengadakan perayaan atau festival, maka Jepang salah satunya yang menempati posisi atas. Musim semi atau matsuri disebut juga musim festival. Karena berdasarkan daerahnya, ada lebih dari 10 festival musim semi di Jepang yang diadakan pada musim ini. Berikut 4 yang terpopuler dan wajib kamu kunjungi.

 

Artikel Terkait: Ingin Liburan ke Jepang? Ini Hal-hal yang Harus Kamu Pertimbangkan

  1. Mau Traveling? Ini 5 Destinasi Wisata Musim Semi Terbaik di Asia
  2. Satu Minggu Liburan Murah ke Jepang di Bawah 10 Juta
  3. 5 Destinasi Wisata Musim Dingin Terbaik di Asia, Kamu Pilih yang Mana?

 

1. Festival Hanami

Festival pertama yang menjadi ciri khas musim semi di Jepang adalah hanami. Tepat pada bulan April, setiap taman yang ditumbuhi banyak pohon sakura bisa dijadikan tempat untuk ber-hanami ria.

Taman Nasional Shinjuku Gyoe dan Ueno Park adalah dua yang paling terkenal dan banyak pengunjungnya. Keunggulan dengan mengunjungi festival ini adalah merelaksasikan otot dan otak dari kejenuhan aktivitas sehari-hari. Bunga sakura hanya mekar 7-10 hari dan setelahnya mulai berguguran.

Jadi, banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk berpartisipasi menikmati keindahan alam sambil piknik. Nggak heran jika sebagian besar orang yang datang akan membawa tikar, makan, dan minuman. Selain piknik dan makan-makan di bawah rindangnya bunga sakura, kamu juga bisa nyanyi-nyanyi lho.

 

2. Festival Nagahama Hikiyama

Festival musim semi di Jepang berikutnya yaitu Nagahama Hikiyama yang merupakan festival arak-arakan. Mendengar kata arak-arakan, kamu bisa mneyamakannya dengan arak-arakan yang biasa diadakan menjelang bulan puasa di Indonesia. Bedanya, latar belakang festival ini sudah berlangsung dan bertahan sejak 400 tahun lalu. 

Dengan mengunjungi festival ini, kamu bisa menyaksikan secara gratis teater tradisional khas Jepang, yaitu kabuki. Seni kabuki ini hanya diperankan oleh anak laki-laki usia SD, yaitu 6-12 tahun. Bahkan, untuk karakter perempuan pun diperankan oleh anak-anak ini. 

Keunggulan dari menyaksikan festival ini adalah bisa menyelami sejarah masa lalu Jepang dan menghargai kebudayaan mereka. Karena, setiap adegannya nggak boleh ditertawakan. Seni teater anak-anak ini dilengkapi dengan tayu (narator) serta iringan alat musik tradisional khas Jepang, yaitu shamisen.

4

 

Mobile Site CTA

3. Festival Anak Koinobori

Festival kali ini wajib kamu kunjungi bersama buah hati. Ya, festival yang bertepatan dengan Hari Anak dan jatuh pada tiap tanggal 5 Mei ini juga menjadi Hari Libur Nasional. Ciri khas dari festival ini adalah disediakannya kue tradisional seperti kashimamochi dan chimaki. Selain itu, kamu juga bisa melihat beberapa bendera koinobori (ikan koi) dihias di rumah.

 

Ada juga baju zirah dan helm khusus samurai yang dipajang di rumah. Keunggulan dan keistimewaan dari festival ini adalah mempererat hubungan antarorang tua dan anak. Jadi, orang tua akan menghormati serta mendukung keputusan sang anak untuk mencapai kebahagiaan mereka.

 

Artikel Terkait: Cara Mudah dan Hemat Wujudkan Impian Liburan ke Negeri Sakura

  1. Pinjaman Tunaiku Bisa Wujudkan Liburanmu ke Jepang!
  2. Ingin Liburan Luar Negeri Murah? Ini Destinasi dengan Bujet Rp10 Juta
  3. 5 Cara Bisa Liburan Tanpa Harus Keluar Uang Banyak!

 

4. Festival TAF

Festival kelima ini memang tergolong baru, tapi langsung populer di Jepang. Tokyo International Anime Fair (TAF) berlangsung selama 4 hari berturut-turut yang 2 hari terakhirnya diperuntukkan bagi pengunjung secara umum. Berbagai karakter anime dalam 2 dan 3 dimensi bisa kamu saksikan di sini, seperti robot atau balon berbentuk tokoh anime.  

Sesuai namanya, festival ini ditujukan bagi kamu yang menyukai dunia anime. Dengan mengunjungi festival ini, kamu bisa mendapat harga murah untuk berbagai, bahkan bisa dapat doorprize berupa merchandise yang tentunya masih ‘berbau’ anime. Biasanya, festival ini diadakan di Tokyo Big Sight, Odaiba, Tokyo pada akhir Maret.  

Masih banyak lagi festival musim semi di Jepang yang bisa kamu kunjungi. Ada Sanja Matsuri, Kanda Matsuri, Sanno Matsuri, Inuyama, Matsuri, Omizutori, Bunkyo Tsutsuji Matsuri, dan lainnya. Satu hal terpenting, hormati kebudayaan di Jepang karena semodern apapun mereka, masyarakatnya masih memegang teguh adat istiadat lama.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett