Semenjak dua tahun terakhir kebutuhan laptop meningkat akibat banyak pegawai kantoran yang work from home hingga anak sekolah. Tak terlepas kebutuhan laptop gaming 5 jutaan juga menjadi incaran yang ingin bermain game dengan budget terbatas.

 

Laptop gaming 5 jutaan meningkat seiring makin larisnya konten bermain game yang ada di sosial media dan semakin murah laptop saat ini untuk bermain game. Dahulu, untuk bermain game butuh budget yang besar.

 

Butuh jalan-jalan tapi bingung persiapkan bujet? Yuk, gunakan Kalkulator Finansial untuk bantu kamu hitung perencanaan keuangan dengan akurat. Coba di sini.

 

Apa itu laptop gaming?

 

Laptop gaming adalah sebuah tipe laptop yang dapat digunakan untuk bermain berbagai game sesuai dengan kapasitas dari game maupun laptop tersebut.

 

Umumnya, laptop gaming memiliki harga di atas rata-rata laptop yang lain karena memiliki spesifikasi yang lengkap dan lancar untuk bermain dengan berbagai jenis game.

 

Selain itu, laptop gaming juga dapat digunakan untuk editing design grafis dikarenakan memiliki spesifikasi unggulan dengan berbagai jenis penyimpanan data.

 

Spesifikasi yang harus dimiliki laptop gaming

 

Agar suatu laptop tergolong laptop gaming maka harus terdapat beberapa spesifikasi umumnya seperti:

 

1. Layar

 

Hal utama spesifikasi laptop gaming adalah ukuran, resolusi, dan kecepatan refresh. Karena itu semua dapat mempengaruhi pengalaman bermain game. Biasanya game saat ini membutuhkan layar dengan kualitas tinggi agar nyaman untuk dimainkan.

 

2. CPU dan GPU

 

CPU dapat dijuluki sebagai otak daripada sebuah komputer. Sementara GPU adalah pusat pemrosesan komputer untuk kebutuhan grafis. Karena itu lah laptop gaming perlu memiliki CPU dan GPU yang tinggi sebagai otak dalam pemrosesan jalannya game saat dimainkan.

 

3. Memori dan penyimpanan

 

Hal terpenting lainnya adalah memori dan penyimpanan. Memori untuk menyimpan game yang besar sangat dibutuhkan. Biasanya game saat ini ketika diinstal memakan memori penyimpanan hingga puluhan gigabyte.

 

Memori yang besar akan membantumu untuk menyimpan berbagai game kesukaanmu. Jadi laptop gaming harus memiliki penyimpanan yang besar.

 

4. Desain laptop 

 

Tidak hanya “dalaman” saja yang harus canggih, namun desain dari laptop gaming wajib ringan dan mudah dibawa saat bepergian. Desain laptop yang bagus akan menambah kepercayaan diri untuk dibawa bepergian keluar rumah.

 

Walau desainnya bagus jangan lupa untuk melihat kemudahan dalam membawa pergi laptop. Jangan sampai memilih laptop gaming yang terlalu besar dan tidak cocok dibawa karena memakan banyak tempat.

 

5. Port dan input. 

 

Ini yang gak kalah penting. Memiliki port USB yang banyak dan cocok digunakan oleh berbagai penyimpanan eksternal dan audio. Jangan sampai kebutuhan audio untuk speaker eksternal tidak dapat dilakukan karena terkendala hal ini.

 

10 rekomendasi laptop gaming 5 jutaan untuk main game berat

 

Laptop gaming 5 jutaan menjadi pilihan yang bagus untuk bermain game dengan budget terbatas. Apa sajakah itu?

 

1. Lenovo V14-14ADA Athlon Gold 3150U

 

Laptop Lenovo menggunakan prosesor AMD Athlon Gold 3150U. Prosesor ini dikenal tangguh untuk menjalankan berbagai jenis game dengan layar sebesar 14 inci.

 

Ditunjang oleh GPU AMD Radeon Graphics akan semakin memberikan keseruan dalam bermain game.

 

Performa laptop ini sudah tidak perlu diragukan lagi, selain prosesor yang handal, terdapat komponen lain yang bagus. Seperti penggunaan RAM 4 GB DDR4 dan SSD 256GB yang bakal meningkatkan performanya.

 

2. Lenovo V15ADA Ryzen 3 3250U

 

Mau layar yang lebih besar? mungkin Lenovo V15ADA Ryzen 3 3250U dapat menjadi pilihanmu dengan besar 15,6 inci dengan resolusi 1980 x 1080 pixel.

 

Dilengkapi juga dengan prosesor AMD Ryzen 3 3250U yang memiliki kecepatan 2.60 GHz.

 

Prosesor laptop ini diklaim hampir menyamai Intel Core i3 10th gen yang harganya lebih mahal.

 

Performanya yang tangguh tidak lepas dari penggunaan RAM 4 GB dan juga SSD 256 GB. Harga laptop ini cukup terjangkau, hanya dengan Rp. 5 jutaan saja kalian sudah bisa memilikinya.

 

3. ASUS M409DA – EK301T

 

Siapa pecinta merk ASUS? merk satu ini sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat dan juga para pemain game. Salah satunya ASUS M409DA – EK301T tidak perlu diragukan lagi akan performanya yang hebat.

 

Laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 3 3200U generasi Picasso yang menggunakan arsitektur Zen+. Prosesor ini memiliki kecepatan 2,1GHz dengan Turbo maksimal 3,7GHz.

 

Dipadukan dengan RAM 4GB dan AMD Radeon RX Vega iGPU menjadikan laptop ini semakin gahar untuk bermain game. Asus ini juga mengusung desain NanoEdge yang menjadikan bezel layarnya semakin tipis. 

 

4. Acer Swift 1 Fresh

 

Merk Acer juga jangan diragukan lagi untuk performanya sebagai laptop gaming 5 jutaan. Acer Swift 1 Fresh pada pandangan pertama akan membuatmu jatuh hati dengan tampilan yang elegan dan simpel.

 

Gimana soal performa laptop? tenang, Acer Swift 1 Fresh ini menggunakan Intel Pentium Silver N6000. Prosesor ini menggunakan arsitektur 4-core CPU 4-thread dengan clock speed maksimum 3,3GHz.

 

laptop ini sudah menggunakan RAM sebesar 4 GB. Kamu bisa mencobanya untuk bermain game ringan hingga sedang.

 

5. Acer Aspire 3 A315-41

 

Mau cari merk Acer dengan tipe lainnya?

 

Acer Aspire 3 A315-41 bisa menjadi pilihanmu. Laptop ini sering disebut sebagai laptop semi gaming, penyebabnya karena memang laptop ini bukan khusus ditujukan untuk bermain game. 

 

Meski begitu, laptop ini didukung oleh berbagai komponen yang menunjang aktivitas bermain game seperti prosesor AMD Ryzen 3 2200U yang memiliki kecepatan 3,4 Ghz. 

 

Untuk grafisnya sudah menggunakan GPU Radeon Vega 3 yang bakal memanjakan mata kalian. Salah satu kelebihan dari laptop ini ada ada ukuran layarnya sebesar 15,6 inci. 

 

Baca juga:

8 Ide Gadget Terbaik untuk Kado Akhir Tahun

4 Rekomendasi Mobil untuk Anak Muda Beserta Tips Membelinya

 

6. Acer Aspire 3 Slim A314 Intel N5100

 

Mau cari laptop gaming 5 jutaan dengan merk Acer?

 

Kamu bisa memilih Laptop Acer Aspire 3 Slim. Laptop ini menggunakan Intel Celeron N5100 yang dipadukan dengan Intel UHD Graphics.

 

Hadir dengan varian RAM 4 GB dan 8 GB akan menjadikan lebih banyak pilihan. Komponen ini memang berperan dalam meningkatkan performa laptop saat bermain game.

 

Apalagi dengan penggunaan 256GB SSD sebagai penyimpanan, ini akan mempercepat pemrosesan data. Sehingga tidak akan membuat gameplay game bermasalah.

 

7. Dell Inspiron 3481

 

Bosan dengan merk laptop yang itu-itu aja?

 

Kamu bisa memilih Dell sebagai salah satu referensimu. Laptop Dell Inspiron 3481 memiliki performa laptop ini menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya.

 

Laptop ini juga menggunakan prosesor Intel Core i3-7020U generasi ke 7. Mengusung dual-core, prosesor ini mampu berlari dengan kecepatan 2,3GHz.

 

Laptop gaming 5 jutaan ini juga dilengkapi oleh RAM 4GB DDR4, dan bisa ditingkatkan hingga 16GB DDR4.

 

8. HP 14S-CF2017TU

 

Laptop Gaming 5 Jutaan dari merk HP yaitu HP 14S CF2017TU. Laptop ini didukung dengan prosesor berupa Intel Celeron N4020 serta memiliki kinerja yang cukup baik. Memiliki RAM dengan kapasitas sebesar 4 GB dengan Windows 10.

 

Laptop dengan merek HP ini memiliki layar yang berukuran 14 inci jenis Standard Viewing Angle. LCD yang memiliki resolusi HD hingga 1366 x 768 piksel serta dilengkapi dengan BrightView WLED.

 

Bobotnya yang ringan sekitar 1,47 kg membuat laptop ini mudah untuk dibawa ke mana saja. Tertarik mencobanya?

 

9. HP 14-BW024AX

 

Merk HP lainnya yaitu HP 14-BW024AX. Memiliki processor AMD A9-9420 sehingga wajar jika memiliki performa yang cukup bagus. 

 

Kamu yang membutuhkan laptop untuk kegiatan komputasi maka disarankan untuk menggunakan laptop AMD A9-9420 ini.

 

Memiliki RAM dengan kapasitas 4 GB, sehingga memudahkanmu saat harus menggunakan. Laptop Gaming 5 Jutaan ini untuk menjalankan multimedia, office, gaming ataupun browsing.

 

10. Lenovo Ideapad 330 14AST

 

Mau cari RAM yang besar? Laptop Lenovo ideapad 330 14AST bisa menjadi pilihanmu. 

 

Dengan mengandalkan processor generasi ke tujuh AMD A9-9425, laptop murah yang satu ini juga menawarkan kecepatan yang lumayan bagus dan bisa diandalkan. Dengan frekuensi kerja 3.1 GHz up to 3.7 GHz.

 

Ditambah dengan dukungan grafis AMD Radeon R5 dengan RAM 8GB, pastinya kebutuhan multitasking kamu akan sangat lancar. Begitu juga ketika melakukan aktifitas gaming kelas menengah.

 

Referensi 10 laptop gaming 5 jutaan diatas bisa menjadi pertimbanganmu dalam membeli laptop gaming. Semua produk memiliki plus minus, pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan uanh yang kamu miliki.