Beranda > Karier Sukses > Wajib Tahu, Ini 5 Perempuan Indonesia Hebat yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Wajib Tahu, Ini 5 Perempuan Indonesia Hebat yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

dhandyDhandy
Wajib Tahu, Ini 5 Perempuan Indonesia Hebat yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasiwatermark

TUNAIKU.COM – Tiap tahunnya, setiap tanggal 8 Maret selalu diperingati sebagai International Women’s Day. Peringatan ini ditujukan untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia. International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional dalam bahasa Indonesia, pertama kali dirayakan pada tanggal 28 Februari 1909 di New York dan diselenggarakan oleh Partai Sosialis Amerika Serikat. Demonstrasi pada tanggal 8 Maret 1917 yang dilakukan oleh para perempuan di Petrograd memicu terjadinya Revolusi Rusia.

 

Hari Perempuan Internasional secara resmi dijadikan sebagai hari libur nasional di Soviet Rusia pada tahun 1917, dan dirayakan secara luas di negara sosialis maupun komunis. Itu adalah cuplikan dari sejarah terciptanya Hari Perempuan Internasional.

 

Secara lebih rinci, tujuan dasar dari Hari Perempuan Internasional adalah mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan secara utuh oleh perempuan di seluruh dunia. Salah satu yang akan dibahas kali ini adalah mengenai pemberdayaan perempuan. Bagaimana seorang perempuan mampu memberdayakan dirinya sendiri dan juga orang-orang lain di sekitarnya. Pemberdayaan perempuan adalah usaha sistematis dan terencana untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

 

Namun, kenyataannya pada saat ini masih dijumpai bahwa status perempuan dan peranan perempuan dalam masyarakat masih bersifat subordinatif dan belum sebagai mitra sejajar dengan laki-laki.

 

Walau belum sepenuhnya kesetaraan itu tercapai, tanpa disadari, belakangan ini sudah muncul beberapa sosok perempuan yang bisa memberikan contoh konkret dalam kesetaraan gender. Artinya, perempuan-perempuan Indonesia hebat ini telah melakukan sesuatu yang luar biasa bagi dirinya, sekaligus memberikan inspirasi dan motivasi bagi perempuan lain di Indonesia. Mereka berkarya dan menunjukkan kemampuan terbaiknya sesuai dengan bidang dan minatnya masing-masing.

 

Berikut adalah 5 perempuan Indonesia hebat yang patut dijadikan sebagai inspirasi dalam pemberdayaan perempuan. Mereka hebat dalam bidangnya masing-masing, lho!

 

1. Sri Mulyani Indrawati

 

5 Perempuan Indonesia Hebat yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

 

“Jangan pernah putus asa mencintai negeri ini”

 

Kalimat tersebut sangat melekat dengan seorang sosok wanita tangguh Indonesia. Sosok ini tentunya sudah sangat terkenal di Indonesia, ia adalah seorang Menteri Keuangan Republik Indonesia yang sedang menjabat pada periode pemerintah kali ini. Sri Mulyani Indrawati, lahir di Bandar Lampung, 26 Agustus 1962. Ia adalah orang sekaligus wanita pertama dari Indonesia yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

 

Sosok ini memiliki banyak sekali prestasi dalam bidang keuangan, antara lain menjadi wanita paling berpengaruh ke – 37 di dunia pada tahun 2016 versi majalah Forbes, dan yang paling terbaru adalah memperoleh gelar Finance Minister of the Year 2019 Global and Asia Pacific dari majalah keuangan The Banker yang dimiliki oleh Financial Times.

 

Deretan prestasi tersebut menunjukkan taring perempuan Indonesia di mata dunia. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan perempuan Indonesia dalam mempertahankan stabilitas ekonomi di dunia sangat perlu diperhitungkan.

 

2. Livi Zheng

livi zheng perempuan hebat indonesia

 

 

“Film pertamaku, itu ditolak 32 kali. Banyak yang ragu dari segi cerita, konsep, dan semacamnya. Tapi dari situ aku belajar lagi, introspeksi dan syukurnya ketemu jalan untuk garap film itu”

 

Itu adalah cuplikan kisah dari seorang perempuan Indonesia pertama yang tembus Hollywood.
Apakah kalian pernah berpikir bahwa orang Indonesia bisa ikut andil dalam industri perfilman Hollywood? Ternyata, sudah ada lho orang Indonesia yang bisa menembus Hollywood!

 

Yap, dia adalah Livi Zheng. Seorang pertama sekaligus perempuan pertama dari Indonesia yang mampu menembus industri perfilman Hollywood. Justru dia meluncurkan film perdananya bukan di Indonesia, malahan tayang pertama kali pada September 2014, di Amerika Serikat.

 

Filmnya langsung tayang di beberapa kota seperti, Austin, Cleveland, Dallas, Los Angeles, New York City, San Jose, Seattle, San Francisco dan Washington DC. Film perdananya diberi judul “Brush with Danger”, mengambil latar lokasi di Seattle, Washington, dan Los Angeles. Film yang diproduksi oleh wanita kelahiran malang ini, mulai pada musim panas 2012.

 

Prestasinya yang luar biasa mengagumkan ini sudah pasti bisa menjadi panutan bagi seluruh perempuan di Indonesia, agar bisa berkarya secara bebas dan mampu menembus pasar Internasional.

 

Artikel Terkait: Sosok Perempuan Inspirasional

  1. Ini Barisan Selebriti Perempuan yang Menginspirasi dan Patut Jadi Role Model
  2. Kisah Sukses 10 Perempuan Indonesia Pendiri Start Up
  3. 5 Sikap dan Sifat Susi Pudjiastuti Positif yang Bisa Kita Tiru

 

3. Najwa Shihab

najwa shihab 5 Perempuan Indonesia Hebat yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

 

“Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan. Tanpa pendidikan Indonesia tak mungkin bertahan”

 

Kalimat tersebut sangat melekat pada sesosok wanita Indonesia yang sangat menjunjung tinggi pendidikan dan juga berani dalam mengungkap kebenaran. Siapa yang tidak kenal Najwa Shihab? Pembawa acara talkshow “Mata Najwa” ini sedang menjadi buah bibir pada akhir-akhir ini. Kenapa? Karena dirinya sangat berani untuk mengungkapkan tabir kebenaran di dunia sepak bola Indonesia.

 

Dirinya berhasil menguak kejahatan dalam pengaturan skor di dunia sepakbola Indonesia. Dengan peristiwa ini, ia memberi inspirasi pada seluruh perempuan Indonesia untuk berani berbicara di depan publik. Sekalipun itu adalah sebuah hal yang sensitif, jika kamu merasa benar dan memiliki cukup bukti, maka berbicaralah!

 

Wanita kelahiran Makassar ini sudah terkenal sebagai perempuan yang sangat Outspoken di Indonesia, karena sudah banyak fakta-fakta yang terkuak dari dirinya. Maka tidak heran, terdapat beberapa orang yang “tidak berani” diundang ke acara talkshow nya.

 

4. Maudy Ayunda


View this post on Instagram

A post shared by Maudy Ayunda (@maudyayunda) on

 

“I am reminded once again that dreams, when broken down into concrete goals, become achievable plans. And that hard work and commitment to a vision, will reap results”

 

Sebuah quotes yang dilontarkan oleh salah satu publik figur yang selalu memberi contoh untuk selalu berani bermimpi dan mengejar pendidikan setinggi-tingginya. Ia adalah Maudy Ayunda. Menurutnya, mimpi itu menjadi sebuah tujuan terukur yang harus segera terealisasi.

 

Instagram Story dari Maudy Ayunda akhir-akhir ini membuat para netizen di Indonesia terkagum-kagum. Kenapa? Karena ia mengunggah dua buah surat yang menunjukkan bahwa dirinya mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan magister di Harvard University dan Stanford University.

 

Hal ini sangatlah menginspirasi bagi banyak perempuan di Indonesia, karena disamping sebagai seorang publik figur, dirinya tidak pernah melupakan cita-citanya untuk melanjutkan pendidikan di institusi yang sangat didamba-dambakan bagi banyak orang di seluruh dunia.

 

Selain itu, prestasi yang ditorehkan oleh wanita kelahiran Jakarta adalah sebagai Female Singer of The Year pada Indonesian Choice Award 2015. Deretan prestasi yang telah ia peroleh, sudah pasti menjadi motivasi bagi perempuan Indonesia dalam meniti karir tanpa melupakan pendidikan.

 

Artikel Terkait: Tips Agar Perempuan Mandiri Secara Finansial

  1. 6 Alasan Penting Perempuan Wajib Mandiri Secara Finansial
  2. Tiru 5 Keputusan Finansial yang Diambil Para Perempuan Cerdas
  3. 6 Skill yang Wajib Dimiliki untuk Bantu Finansial Semakin Baik

 

5. Gustika Jusuf-Hatta

Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang sosok Gustika Jusuf Hatta. Ia adalah cucu dari Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama, Moh. Hatta. Namanya mencuat akhir-akhir ini sebab responnya yang menanggapi salah satu Badan Pemenangan Nasional dari Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang mengatakan bahwa kandidat cawapresnya dimiripkan dengan sosok Bung Hatta.

 

Keberanian dirinya dalam merespon hal tersebut, membuat jati dirinya semakin dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Wanita kelahiran 19 Januari 1994, ternyata mengambil studi S1 Jurusan Studi Perang di King’s College, Inggris. Dia juga aktif dalam gerakan PBB untuk Indonesia. Disebutkan dalam akun Facebooknya, dirinya aktif magang di Permanent Mission of Indonesia to the United Nations.

 

Umurnya yang masih muda, tapi sudah sangat aktif di PBB menjadi inspirasi bagi para perempuan di Indonesia untuk bisa berkontribusi untuk Indonesia di mata dunia.

 

5 perempuan tadi sangat cocok menjadi inspirasi bagi para perempuan di Indonesia, untuk bisa berkarya dan berkontribusi secara aktif bagi Indonesia. Mereka juga mengajarkan bahwa jangan pernah takut atau malu untuk berbicara ataupun berkarya.

CTABARU3

Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett