Beranda > Finansial > Tiru 5 Keputusan Finansial yang Diambil Para Perempuan Cerdas

Tiru 5 Keputusan Finansial yang Diambil Para Perempuan Cerdas

PAULUS RISANGPaulus Risang
Tiru 5 Keputusan Finansial yang Diambil Para Perempuan Cerdaswatermark

TUNAIKU.COM – Membahas uang masih dianggap tabu bagi sebagian masyarakat Indonesia. Keuangan pribadi menjadi topik sensitif untuk dibicarakan, bahkan antara suami dan istri sekalipun. Nggak heran kalau beberapa orang memilih untuk menghindari topik ini.

Meski jarang dibicarakan secara gamblang, bukan berarti kamu nggak boleh belajar tentang keuangan, lho! Belajar tentang keuangan bagi saya adalah topik yang seru untuk didiskusikan.

Perempuan harus lebih banyak belajar mengelola uang karena kelak akan menjabat sebagai “menteri keuangan” keluarga. Ada banyak keputusan finansial penting yang harus diambil setiap perempuan. Apa saja keputusan finansial itu? Yuk, simak artikel berikut ini!

 

1. Memaksa diri untuk menabung

Teorinya, semua orang bisa menabung. Tapi pada kenyataannya, nggak semua orang bisa tertib menabung. Oleh karena itu, jangan menunggu siap, mulailah menabung meski kamu belum siap.  Dengan menyisihkan uang Rp 1 juta per bulan, di akhir tahun kamu akan memiliki uang Rp 12 juta ditambah bunga dari bank. Apalagi kalau uang ini kamu masukkan ke dalam rekening deposito, bunganya akan semakin tinggi.

 

Sama seperti rokok, menabung bisa menjadi candu, lho! Bedanya, kalau kamu membeli rokok uangmu akan habis begitu saja. Sedangkan kalau uangnya kamu tabung, kamu akan mendapatkan manfaat di kemudian hari. Menghemat sedikit demi tabungan sepertinya bukan hal yang berat ‘kan?

 

Artikel terkait: Yuk, hadapi masalah keuanganmu!

  1. 7 Kesalahan Finansial yang Sering Dilakukan Perempuan
  2. Atasi Masalah Finansial dalam Rumah Tangga Agar Tetap Harmonis, Ini Solusinya!
  3. Tipe-tipe Teman yang Memengaruhi Kesehatan Finansialmu

 

2. Menulis cita-citamu

Kamu pasti memiliki cita-cita yang ingin diwujudkan, misalnya membeli tas branded incaran, liburan akhir tahun ke luar negeri, membeli mobil baru, atau membeli rumah kedua. Tulis cita-citamu di tahun ini dan lima tahun ke depan. Menulis cita-cita pada selembar kertas akan membuat otak bawah sadar terus memikirikan untuk mencapainya.

Tuliskan juga biaya dari tujuan finansialmu itu agar lebih mudah untuk menganggarkan dananya. Misalnya, kamu ingin berlibur ke Thailand akhir tahun nanti dengan budget Rp 6 juta Ini berarti kamu harus segera menabung Rp 2 juta selama 3 bulan ke depan. Wah, ternyata kalau ditulis, kamu jadi lebih mudah mewujudkan cita-citamu ya!

CTABARU3

Mobile Site CTA

3. Catat setiap pengeluaran

Mencatat pengeluaran kini menjadi semakin mudah karena ada beragam aplikasi di smartphone yang membantumu. Aplikasi ini juga akan mengirimkan pemberitahuan kalau hari ini kamu lupa belum mencatat.

Mencatat setiap pengeluaran akan membantu melacak aliran gajimu. Kamu bisa melihat berapa persen uang yang kamu habiskan untuk makan, belanja bulanan, atau sekedar habis untuk parkir mobil. Kalau kamu ingin hemat, tinggal lihat saja pos-pos mana yang bisa kamu kurangi. Dalam jangka panjang, kamu akan terbiasa disiplin dalam mengelola keuangan, lho!

 

4. Belajar investasi

Wanita cerdas nggak hanya pandai dalam mencari uang, tetapi pandai juga mengelolanya. Inilah yang membuat wanita harus belajar investasi, agar uang yang dimilikinya bisa berkembang lebih banyak.

Ada banyak instrumen investasi, seperti investasi saham, obligasi, tanah, rumah, mata uang asing, dll. Kamu bisa memulai investasi saham atau obligasi. Setelah hasilnya banyak, kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk beralih ke investasi lain, misalnya membuat kos-kosan di dekat kampus.

Pelajari dengan baik instrumen investasi tersebut sebelum menginvestasikan danamu. Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan mudah tertipu investasi bodong yang menjanjikan return tinggi.

 

Artikel terkait: Mengelola finansial demi masa depan

  1. Persiapkan 6 Hal Ini Agar Kehidupan Finansial Masa Depan Lebih Baik
  2. Mau Usia 20an Mandiri Secara Finansial? Begini Cara Mewujudkannya
  3. Ingin Merasa Aman secara Finansial? Ikuti 5 Aturan Ini

 

5. Jangan takut meminta bantuan

Menanggung masalah finansial bukan perkara mudah. Daripada kamu curhat pada orang yang salah dan menjerumuskanmu ke dalam masalah baru, ada baiknya kamu menghubungi financial adviser untuk membantu menyelesaikan masalahmu. Cari perusahaan financial adviser yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas baik. Mereka punya jalan untuk membantu menyelesaikan masalahmu dengan mudah. Lebih baik mengeluarkan uang sedikit daripada masalahmu nggak selesai-selesai ‘kan?

Itulah 5 keputusan finansial yang diambil para perempuan cerdas. Meski nggak mudah, kamu pasti mampu menjalaninya.

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett