Beranda > Karier Sukses > 5 Sikap dan Sifat Susi Pudjiastuti Positif yang Bisa Kita Tiru

5 Sikap dan Sifat Susi Pudjiastuti Positif yang Bisa Kita Tiru

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
5 Sikap dan Sifat Susi Pudjiastuti Positif yang Bisa Kita Tiruwatermark

TUNAIKU.COM – Tentu kita sudah nggak asing lagi dengan nama Susi Pudjiastuti. Yap, beliau adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja yang kinerjanya sangat membanggakan. Setelah dilantik di tahun 2014, namanya terus mencuat di permukaan lewat prestasi-prestasi yang beliau raih.

 

Prestasi beliau memang sudah nggak terhitung lagi. Beberapa di antaranya adalah masuk dalam The BBC 100 Women, mendapatkan penghargaan Seafood Champion Award, penghargaan Leading for a Living Planet Award dari WWF, dan lain sebagainya.

 

Sebagai warga negara yang baik, perlu kiranya kita mencontoh sifat dan sikap beliau. Memang benar kalau selama ini kita mengenal beliau sebagai sosok yang tegas. Namun, ternyata beliau memiliki banyak sifat positif lainnya yang bisa kita tiru.

 

Artikel terkait: Public figure yang bisa kita contoh

  1. Kisah Sukses dari 8 Public Figure ini Membuat Kamu Semakin Giat dalam Bekerja
  2. 6 Hal Positif yang Kita Bisa Petik dari The Jonas Brothers
  3. Tips Sukses Presentasi Ala Steve Jobs

 

Lalu apa saja sih sifat dan sikap yang bisa kita contoh? Berikut beberapa yang bisa kita contoh dari beliau:

 

1. Tidak berkecil hati

Kita juga sudah tahu bahwasanya beliau adalah lulusan SMP. Namun, tingkat pendidikan yang ia kenyam buktinya nggak menunjukkan rendahnya pengetahuan dan pengalaman. Susi tetap menunjukkan segudang prestasi yang membuktikan bahwa beliau memang mumpuni di bidangnya. Semua itu diperlukan rasa percaya diri dan nggak berkecil hati. Sikap seperti inilah yang harus kita contoh. Bu Susi saja yang pendidikan hanya sampai SMP bisa sukses, apalagi kita yang lulusan SMA atau D3!

 

2. Nggak gengsi

Meskipun saat ini kesuksesannya bisa menerbangkan nama Susi Pudjiastuti, beliau tetap membumi. Dalam kehidupan sehari-hari beliau sama sekali nggak gengsi. Tidur di bandara, mengendarai pick up, hanya sebagian kecil dari contoh sikap beliau yang nggak gengsi. Beliau adalah public figure yang tampil apa adanya. Itulah menteri kita!

 

3. Terjun langsung ke masyarakat

Dengan menjadi seorang menteri, beliau nggak lantas duduk ongkang-ongkang kaki. Sebagai bentuk rasa tanggung jawab, beliau nggak ragu untuk terjun langsung ke masyarakat terutama nelayan-nelayan Indonesia. Dari sana beliau tahu permasalahan utama di Indonesia. Dengan mengetahui permasalahan di lapangan lah beliau bisa mengeluarkan kebijakan yang menjawab permasalahan di dunia kelautan.

 

4. Menekuni satu bidang sampai sukses

Sebelum menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja, dulunya Susi merupakan penjual ikan. Namun, siapa sangka? Dengan fokus pada bidang itu, beliau kini mampu jadi menteri di bidangnya. Di luar sana banyak sekali orang yang menekuni berbagai bidang. Apa jadinya, apakah mereka sukses? Faktanya, bukannya kesuksesan, mereka justru menemui susahnya membagi waktu.

 

Artikel terkiat: Lakukan hal ini agar sukses

  1. 8 Hal Ini Dapat Menunda Kamu Menjadi Orang Sukses, Lho!
  2. Berteman dengan 5 Tipe Orang Ini Agar Sukses di Lingkungan Kerja
  3. 7 Hal Rutin yang Akan Membuatmu Sukses di Kemudian Hari

 

5. Berani

Menteri kita satu ini juga dikenal dengan keberaniannya. “Tenggelamkan!” Mungkin itu sering kamu dengar di meme-meme yang bertebaran di media sosial. Yap, itu merupakan bentuk keberanian beliau menghadapi kapal pencuri ikan. Nggak segan-segan beliau membakar hingga menenggelamkan kapal tersebut. Keberanian beliau ini tentu memiliki dampak yang sangat besar. Sumber daya alam kita bisa terselamatkan dan tentu menggertak pencuri ikan lainnya. Bangsa ini pun jadi bangsa yang disegani.

 

Sebenarnya masih banyak lagi sikap yang bisa kita teladani dari beliau. 5 sifat di atas hanya sebagian kecil saja. Yuk kita praktikkan agar bisa menjadi wanita sehebat beliau.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett