Beranda > Karier Sukses > Pengin Magang di Luar Negeri? Coba Tips Jitu Berikut Ini

Pengin Magang di Luar Negeri? Coba Tips Jitu Berikut Ini

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Pengin Magang di Luar Negeri? Coba Tips Jitu Berikut Iniwatermark

TUNAIKU.COM– Menjalani program internship atau magang di luar negeri sudah menjadi salah satu mimpi bagi banyak mahasiswa dan fresh graduate. Magang di luar negeri mungkin akan mendatangkan tantangan tersediri mulai dari perbedaan budaya dan Bahasa, hingga tuntutan pekerjaan. Tapi hal tersebut nggak jadi penghalang bagi kamu untuk bisa memperoleh pengalaman berharga. Apalagi di negara dengan iklim dan budaya yang jauh berbeda yang kita miliki, pastinya akan mendatangkan satu ketertarikan tersendiri bagi sebagian orang.

 

Tapi tentunya untuk magang di negara orang nggak semudah untuk magang di negeri sendiri, ya. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar kamu bisa mendapatkan kesempatan magang di luar negeri. Berikut, beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kesempatan kamu untuk melakukan intern di luar negeri semakin besar. Simak ulasannya ya.

 

1. Memiliki Keyakinan dan Motivasi yang Kuat

Sebelum kamu mencari program internship di perusahaan dan negara yang kamu inginkan, bekal pertama yang harus kami miliki adalah yakin pada diri sendiri. Kamu nggak bisa melakukan sesuatu yang kamu sendiri nggak yakin dan kurang termotivasi. Dengan keyakinan dan motivasi yang kuat, semangatmu akan terus membara meski harus menjalani proses yang sulit. Keyakinan dan motivasi yang kuat juga akan menguatkan hati kamu ketika suatu saat mengalami tekanan saat sudah berada di negara yang kamu tuju. Jadi, yakinkan diri kamu terlebih dahulu bahwa kamu memang menginginkan hal ini dengan segala tujuan yang ingin kamu raih.

 

Artikel Terkait: Liburan ke Luar Negeri

  1. 10 Tempat Terbaik di Busan, Korea, yang Dijamin Akan Bikin Kita Bahagia
  2. Tips Jalan-jalan Korea Selatan dengan Rp6 Juta di Musim Dingin
  3. 10 Kota Tempat Tujuan Wisata Murah di Eropa

 

2. Berkonsultasi dengan Mentor atau Dosen

Kalau kamu adalah seorang mahasiswa, kamu perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dosen atau mentor kamu. Dengan begitu dosen kamu akan memberikan beberapa saran dan pertimbangan agar kamu bisa mempersiapkan segala keperluan untuk menjalani internship di luar negeri. Tak hanya itu, kamu juga bisa dibantu untuk kelengkapan persayaratan magang yang diperlukan seperti surat rekomendasi, keterangan aktif kuliah, dan beberapa syarat lainnya.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, investasi ruko, untung rugi investasi ruko

3. Bergabung dengan AIESEC

AIESEC adalah organisasi nonprofit yang sudah tersebar di berbagi negara di dunia. AIESEC seringkali mengadakan summer camp, student exchange, dan juga internship di luar negeri baik untuk member ataupun nonmember. Kamu bisa mengikuti segala informasi yang diberikan AIESEC di daerahmu atau di universitasmu. Atau, kamu juga bisa bergabung dengan AIESEC untuk mendapatkan banyak pengalaman dan teman dari berbagai negara. Tentunya ini akan sangat memudahkanmu ketika kamu sudah mendapatkan negara dan perusahaan tempat kamu akan magang. Dengan begitu, teman–teman AIESEC negara yang kamu tuju akan memberikan bantuan untuk memudahkan keberangkatanmu ke negara tersebut.

 

Artikel Terkait: Liburan Asyik Dalam dan Luar Negeri

  1. Satu Minggu Liburan Murah ke Jepang di Bawah Rp10 juta
  2. Serunya Liburan Keluarga Ala Barack Obama, Mainstream Sampai Ekstrim
  3. Dengan Rp6 Juta, Bisa Liburan Murah ke Raja Ampat A La Backpacker

 

4. Menggunakan Agen Jasa

Mendapatkan kesempatan magang di luar negeri salah satunya bisa dengan membayar sejumlah uang kepada biro jasa. Tapi hal ini sangat nggak saya sarankan, ya. Karena tak banyak program internship yang memberikan uang gaji. Jadi sayang, kan, kalau kamu sudah mengeluarkan uang padahal nantinya kamu nggak akan dapat pemasukan. Terlebih, biasanya agen–agen seperti ini mematok fee yang cukup mahal untuk jasa mereka.

 

5. Mencari Program Internship Sendiri

Mencari informasi internship di luar negeri memang lebih asyik kalau dilakukan sendiri. Meskipun lebih sulit, namun kamu akan merasakan kepuasan ketika kamu berhasil mendapatkannya. Kamu bisa mencari beragam informasi mengenai perusahaan dan negara yang kamu tuju sebelum akhirnya kamu mengajukan lamaran. Cobalah untuk mengirim email ke banyak perusahaan di berbagai negara yang telah kamu pilih. Emailmu mungkin nggak akan semua berbuah manis, namun dari puluhan email yang telah kamu kirimkan akan selalu ada beberapa balasan email yang membahagiakan. Tentunya email yang berisikan kabar baik bahwa kamu diterima magang di perusahaan tersebut.

 

Oh iya, kamu nggak perlu terlalu pemilih dalam mengajukan email lamaran. Hanya memilih perusahaan–perusahaan besar saja akan memperkecil peluangmu. Lebih baik pilih juga perusahaan–perusahaan kecil yang memang membutuhkan tenaga bantu seorang dengan kualifikasi mirip dengan kamu. Dengan begitu, kamu memiliki peluang diterima lebih besar dibanding harus bersaing dengan banyak orang lain yang mendaftar di perusahaan–perusahaan besar.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett