Beranda > Gaya Hidup > Dengan Rp6 Juta, Bisa Liburan Murah ke Raja Ampat A La Backpacker

Dengan Rp6 Juta, Bisa Liburan Murah ke Raja Ampat A La Backpacker

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
Dengan Rp6 Juta, Bisa Liburan Murah ke Raja Ampat A La Backpackerwatermark

TUNAIKU.COM – Raja Ampat bisa dibilang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Nggak hanya untuk wisatawan lokal saja. Para pelancong dari mancanegara pun berbondong-bondong ingin menjajal tempat ini. Nggak heran, sih, soalnya Raja Ampat populer dengan spot menyelam terbaik di Indonesia, bahkan dunia. Malah, banyak orang berpendapat, inilah surga bawah laut terakhir di Bumi.

 

Sekilas informasi, nama Raja Ampat diambil dari mitologi lokal. Ceritanya, ada seorang wanita yang menemukan 7 telur. Sebanyak 4 dari telur menetas dan menjadi raja yang namanya dikenal sebagai 4 pulau besar di Raja Ampat: Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo.

 

Banyak orang ingin menjajal Raja Ampat tapi terhalang dengan perkiraan biayanya yang menguras kantong. Ini meliputi biaya perjalanan, tarif masuk, penginapan, hingga dana nggak terduga. Lantaran berpikir seperti ini, banyak orang nggak jadi mencoba keindahan kepulauan yang terletak di Papua Barat ini.

 

Padahal, kalau kamu tau celahnya, menyiapkan Rp6 juta sudah lebih dari cukup. Nah, tanpa berbasa-basi, berikut cara yang harus kamu lakukan untuk bisa merasakan liburan murah di Raja Ampat.

 

Artikel Terkait: Maksimalkan Liburanmu

  1. 10 Tips Antibangkrut Sepulang dari Traveling
  2. Begini Tips dan Trik Nikmati Liburan Maksimal Layaknya Penduduk Lokal
  3. Saat Liburan, Lebih Baik Pakai Uang Tunai atau Tidak? Perhatikan 10 Hal Ini

 

Transportasi ke Raja Ampat

Siapkan sekitar Rp1 juta hingga Rp1,5 juta untuk membeli tiket pesawat ke Kota Sorong, Papua Barat. Disarankan, kamu membeli tiket pesawat ke Kota Sorong sekitar 3 bulan sebelum waktu keberangkatan.

 

Cara ini dapat menekan biaya pesawat hingga semaksimal mungkin. Kamu juga bisa memanfaatkan tiket pesawat promo menuju Kota Sorong. Pantau terus situs-situs yang suka menawarkan promo murah.

 

Sebagai gambaran, harga tiket pesawat dari Jakarta atau kota di Pulau Jawa ke Kota Sorong berkisar antara Rp1 juta hingga Rp1,5 juta. Sementara itu, estimasi harga termahalnya, ada di kisaran Rp2 juta.

 

Kalau kamu ingin lebih murah, naik kapal laut bisa menjadi pilihan, lho. Biayanya, bahkan bisa kamu pangkas hingga kurang dari Rp1 juta kalau mau naik kelas ekonomi. Walaupun durasi perjalanan lebih lama, biaya yang ditekan hampir setengah.

 

Perjalananmu belum berakhir dengan tiba di Kota Sorong. Untuk menuju ke Raja Ampat, kamu haruslah menyeberang ke Kota Waisai. Pilihannya, menggunakan kapal laut atau pesawat. Nah, agar lebih hemat, kamu bisa menggunakan kapal cepat dengan waktu berlayar dua jam, seharga Rp130 ribu.

 

Tarif masuk Raja Ampat

Sesampainya di Kota Waisai, kamu wajib mengunjungi kantor Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) setempat dan membayar biaya Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL) sebesar Rp500 ribu (wisatawan lokal) dan Rp1 juta (wisatawan asing)

 

Biaya penginapan

Di Raja Ampat, kamu bisa memilih jenis penginapan yang kamu mau. Ada banyak pilihan mulai dari hotel, resort, dan homestay. Untuk backpacker, homestay jadi pilihan yang tepat karena harganya lebih rendah.

 

Kisaran harga homestay di Raja Ampat dimulai dari Rp250 ribu per malam. Sekadar saran, pilihlah homestay yang dekat dengan tempat wisata atau situs selam yang ingin kamu kunjungi. Soalnya, biaya transportasi lumayan, lho.

 

Untuk mencari homestay di Raja Ampat, kamu bisa membuka situs resmi Asosiasi Usaha Homestay Kabupaten Raja Ampat di www.stayrajaampat.id.

 

Kalau mau sedikit ‘ekstrem’, cobalah berkomunikasi dengan warga setempat. Jalin hubungan yang baik dengan mereka dan berbagi makanan atau minuman lebih yang sebagai tanda perkenalan. Kalau beruntung, kamu akan ditawari menginap di rumahnya. Mantap, kan?

 

Biaya konsumsi

Biaya makan di Raja Ampat sebenarnya nggak besar. Umumnya, penginapan di Raja Ampat seperti homestay sekalipun menyediakan makan tiga kali sehari. Ini sudah termasuk dalam paket harga kamar.

 

Kecuali kamu berada di Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat, akan sedikit sulit mencari makanan di luar penginapan. Adapun harga makanan dimulai dari Rp20 ribu.

 

Sebelum memesan, ada baiknya kamu tanya kepada pemilik warung tentang harga makanan. Jangan sampai, makanan yang kamu beli over budget. Sebagai gambaran, anggap saja kamu berlibur selama 3 hari. Dalam sehari, jatah makanmu adalah 3 kali. Satu porsi makanan, dihargai Rp40 ribu. Ini artinya, akan ada bujet Rp360 ribu yang akan kamu keluarkan untuk perut. Itu belum termasuk biaya camilan, ya.

 

Artikel Terkait: Tempat Liburan yang Dekat Dari Jakarta

  1. Di Mana Wisata Alam Eksotis yang Dekat dari Jakarta? Berikut Daftarnya!
  2. Weekend Getaway ke Cirebon, Solusi Liburan Murah Meriah
  3. 5 Solusi Liburan Lebaran di Jakarta Buat yang Tidak Mudik

 

Berdasarkan informasi di atas, mari hitung berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk berwisata di Raja Ampat selama 3 hari 2 malam. Dengan anggapan memakai biaya termahal yang disarankan di atas, berikut adalah perhitungannya.

 

  1. Tiket pesawat Jakarta-Sorong PP; Rp4 juta
  2. Tiket kapal capat Sorong-Waisai PP; Rp260 ribu
  3. TLPL; Rp500 ribu
  4. Penginapan 2 malam; Rp500 ribu
  5. Konsumsi di luar penginapan ; Rp360 ribu

 

Kamu hanya membutuhkan biaya sebesar Rp5.620.000 untuk berlibur di Raja Ampat selama 3 hari 2 malam. Murah, kan? Masih sisa untuk membeli oleh-oleh untuk teman. Oh ya, perkiraan harga di atas belum termasuk menyewa alat selam atau kapal motor, ya! Ya, setidaknya kamu sudah merasakan keindahan alam dari Raja Ampat seutuhnya, kan?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

ajukan pinjaman

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett