Beranda > Karier Sukses > Nggak Hanya Dipelihara, Kaktus Juga Bisa Dimakan untuk Kesehatan, Lho!

Nggak Hanya Dipelihara, Kaktus Juga Bisa Dimakan untuk Kesehatan, Lho!

ARUNDHATI LEIKAArundhati Leika
Nggak Hanya Dipelihara, Kaktus Juga Bisa Dimakan untuk Kesehatan, Lho!watermark

TUNAIKU.COM – Kaktus dikenal sebagai tumbuhan unik dengan ciri khas duri pada permukaannya. Kaktus sendiri ada berbagai macam dan jenis, dari yang berduri halus sampai dengan yang memiliki bunga. Karena keunikannya ini, banyak orang yang tertarik dan menaruh minat pada tumbuhan yang satu ini.

 

Namun, ternyata selain digunakan sebagai dekorasi dan tanaman hias, kaktus juga memiliki manfaat bagi kesehatan kamu. Kamu bisa memakannya atau mengolahnya menjadi obat.

 

Artikel Terkait: Informasi Tentang Workout

  1. Ini Dia Program Workout Buat Pemula
  2. 7 Stretching Ringan di Kasur yang Bikin Tidur Jadi Nyenyak
  3. Lakukan Workout Ini untuk Menunjang Rasa Percaya Dirimu

 

1. Mengandung taurin, pektin, dan vitamin A

Kaktus menyimpan air pada batangnya. Air ini mengandung taurin yang dapat membantu detoksifikasi tubuh. Kandungan inilah yang akan mengeluarkan racun-racun yang menumpuk dari tubuh kamu. Selain itu, kaktus juga mengandung pektin yang dapat menjaga kestabilan gula darah. Tentunya sangat berguna jika kamu menderita penyakit diabetes. Kamu dapat merasakan khasiatnya dengan mengonsumsi daging tumbuhan ini.

 

Sedangkan vitamin A yang terdapat di dalam kaktus bisa menjaga dan memperbaiki kesehatan mata. Jadi, buat kamu yang memiliki masalah dengan kesehatan mata, bisa memanfaatkan kelebihan tumbuhan yang satu ini.

 

2. Bersifat mendinginkan

Jika kamu memiliki masalah dengan pencernaan, seperti sakit perut, mual, muntah, dan keluhan lainnya, tumbuhan ini bisa menjadi obat. Hal ini disebabkan oleh sifat batang kaktus yang mampu mendinginkan. Nah, inilah yang akan membantumu melancarkan sistem pencernaan.

 

3. Memiliki kandungan antioksidan

Kandungan antioksidan di dalam kaktus mampu membuat tubuh terhindar dari radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya, seperti tumor maupun kanker. Antioksidan ini juga mampu menjaga sel-sel tubuh agar nggak bermutasi dan menyebabkan obesitas. Bermanfaat banget, ya.

 

4. Kaktus berkhasiat bagi kesehatan

Tumbuhan ini mampu menjaga keseimbangan kolesterol di dalam darah, sehingga akan terjadi penurunan kolesterol jahat dan kamu dapat terhindar dari serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Selain itu, kandungan serat di dalam kaktus mampu menjaga agar berat badan bisa tetap seimbang.

 

Artikel Terkait: Jalani Hidup Sehat dengan Olahraga Rutin

  1. Pilih 9 Asupan Ini Ketika Alami Nyeri Otot setelah Workout
  2. 3 Full Body Workout yang Akan Membuat Perut Rata Dalam Waktu Singkat
  3. 5 Workout Ringan Rekomendasi Personal Trainer Buat Kamu yang Sibuk

 

5. Bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit

Selain bisa dimakan, tumbuhan ini juga bisa diolah menjadi obat untuk kulit. Kaktus mengandung tyramine dan hordenine. Kandungan ini berkhasiat untuk menyembuhkan efek samping oleh sengatan serangga, seperti rasa gatal dan ruam-ruam pada kulit. Kamu bisa menumbuk daging kaktus sampai halus, lalu oleskan pada bagian tubuh yang kena sengatan serangga.

 

Kalau termasuk orang yang suka memperhatikan kondisi kulit, kamu juga bisa menggunakan batang kaktus untuk melembabkan kulit dan membuat kulit lebih kenyal. Namun, sebelum meletakkannya di atas permukaan wajah, kamu perlu membersihkan batang atau dagingnya dulu. Setelah itu, potong-potong dengan bagian yang sama besar.

 

Ternyata manfaat dari tumbuhan yang satu ini ada banyak banget. Jadi, kamu nggak hanya bisa memanfaatkannya sebagai tanaman hias untuk dipelihara, tapi juga untuk kesehatan. Keren!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett