Beranda > Gaya Hidup > 7 Stretching Ringan di Kasur yang Bikin Tidur Jadi Nyenyak

7 Stretching Ringan di Kasur yang Bikin Tidur Jadi Nyenyak

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
7 Stretching Ringan di Kasur yang Bikin Tidur Jadi Nyenyakwatermark

TUNAIKU.COM – Teh chamomile dipercaya bisa bikin tidur lebih nyenyak dan cocok untuk pengidap insomnia. Makanya, saya nggak pernah melewatkan secangkir teh chamomile hangat sebelum tidur. Tubuh jadi relaks dan tidur nyenyak sampai pagi.

Namun, kalau badan sudah capek, rasanya malas menyeduh teh dan inginnya langsung tidur saja.

 

Memang, meskipun bisa cepat terlelap, belum tentu kamu mendapatkan tidur yang berkualitas. Agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu bisa mencoba untuk stretching sebelum tidur.

 

Tenang saja, semua stretching ringan ini bisa dilakukan di atas tempat tidur, kok! Jadi, kamu nggak perlu bangun dari kasur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

 

Yuk, coba 7 stretching ringan di tempat tidur yang bikin tidur nyenyak dari Popsugar.com berikut ini!

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Workout Terbaik

  1. Ini Dia Program Workout Buat Pemula
  2. Lakukan Workout Ini untuk Menunjang Rasa Percaya Dirimu
  3. 5 Workout Ringan Rekomendasi Personal Trainer Buat Kamu yang Sibuk

 

1. Stretching urat lutut

Stretching ringan yang satu ini gampang banget untuk diikuti, lho! Posisikan tubuh telentang, punggung rata dengan permukaan kasur. Lalu, angkat kaki kanan ke atas setinggi mungkin. Dorong paha dengan tangan agar kaki bisa makin dekat dengan arah kepala. Pertahankan posisi selama 30 detik.

 

Saat melakukan posisi ini, kaki kiri masih lurus terlentang dengan kondisi relaks. Sementara itu, pinggul harus tetap rata dengan kasur. Jangan lupa untuk mengulangi gerakan pada kaki kiri. Lakukan secara berulang dan bergantian secukupnya.

 

2. Stretching lutut ke dada

Masih dalam posisi telentang, kamu bisa melakukan peregangan lutut ditekuk ke arah dada. Caranya pun sangat mudah dan hanya butuh waktu sekitar 30 detik untuk satu gerakan. Jika seluruh tubuh sudah terlentang, tarik lutut kiri dan tekuk ke arah dada. Ingat, kaki kanan harus dalam posisi lurus, diam dan relaks.

 

Pertahankan posisi ini dengan meletakkan kedua tangan di depan tulang kering dan dalam posisi menggenggam. Lalu, lakukan gerakan ini bergantian dengan kaki kanan dan kiri berulang-ulang. Saat melakukan stretching ini, ketegangan yang ada di dada dan punggung pun akan terlepas.

 

3. Stretching ringan pinggul dan punggung bawah

Selintas, posisi stretching ringan ini mirip dengan roasted chicken utuh dalam posisi terlentang yang sering disajikan saat Natal di Amerika. Kalau sudah bisa membayangkan posisinya, pasti bis menirukan stretching ringan ini.

 

Posisi kedua kaki harus mengangkang menghadap ke langit-langit. Caranya, posisikan tubuh terlentang di atas kasur. Lalu, tari kedua lutut dan pegang ujung kaki ke arah luar. Setelah itu, tarik lutut ke arah lantai di samping dada selama 30 detik dan tahan posisi. Kepala dan bahu harus relaks agar bisa mendapatkan manfaat dari stretching ini.

 

4. Fish stretching

Cara terbaik agar bisa tidur nyenyak adalah dengan meregangkan otot tubuh. Namun, saat melakukan fish stretching, kamu bisa mendapatkan manfaat lain. Yakni, bisa membuat pundak, dada, dan leher lebih relaks.

 

Ikuti langkah-langkahnya berikut ini. Pertama, tidur telentang dengan kaki lurus. Angkat kepala dan dada ke arah atas. Pertahankan posisi ini selama 30 detik dan gunakan kedua siku untuk menyangga tubuh.  Kepala harus dalam kondisi relaks.

 

Spinal twist stretching

Jika posisimu tengah berbaring, bisa mencoba stretching spinal twist sekitar 30 detik atau sesuaikan dengan kebutuhan. Coba posisikan tubuh tidur terlentang di atas kasur. Tekuk kedua kaki ke arah dada, lalu tarik ke sisi kiri tubuh.

 

Agar makin efektif, kamu bisa membiarkan lutut menggantung di ujung tempat tidur ya. Setelah itu, stretching ringan pun dimulai. Kedua tangan harus direntangkan membentuk huruf T.

 

Namun, posisikan kepala menoleh atau melihat ke arah kanan, ya. Kamu pun mulai merasakan adanya retakan saat tubuh pada posisi terpelintir. Ulangi stretching ringan ini pada sisi lainnya.

 

Artikel Terkait: Pekerjaan untuk Kamu yang Hobi Olahraga

  1. Tips Sukses Jadi Wasit Olahraga Profesional
  2. Nggak Harus Jadi Atlet, Inilah Pekerjaan untuk yang Hobi Olahraga
  3. Kiat Kalau Kamu Mau Jadi Pelatih Olahraga yang Sukses

 

5. Butterfly stretching

Ambil posisi duduk dengan kedua lutut ditekuk. Kedua telapak kaki harus saling berhadapan dan menempel. Tarik lipatan kedua kaki ini ke depan, dengan posisi kedua tangan ada di pergelangan kaki.

 

Bisa juga kedua lengan ditarik ke depan dan menyentuh kasur. Terpenting, posisi kedua lengan ada di depan kaki. Stretching ini memang terlihat sederhana, tetapi bagus untuk meregangkan pinggul dan punggung bagian bawah, lho.

 

6. Half happy baby stretching

Jika kamu suka yoga, bisa mencoba half happy baby stretching. Kamu nggak perlu matras, karena bisa dilakukan di atas kasur. Kamu harus tidur terlentang dengan kaki lurus. Tarik kaki kiri dan tekuk di depan dada. Pegang telapak kaki dengan kedua tangan, pertahankan posisi membentuk sudut 90 derajat.

 

Lalu, tarik kaki kiri ke sisi kiri kasur sehingga berada tepat di bawah bahu selama 30 detik. Kepala dan bahu harus tetap menempel kasur dan kaki kiri kanan tetap lurus dan relaks.

 

Semua stretching ringan di atas bisa kamu lakukan di atas tempat tidur! Jika ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, lakukan stretching sebelum atau sesudah tidur. Jika rutin dilakukan kamu bisa merasakan manfaatnya. Selamat mencoba.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

 

1

Mobile Site CTA

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett