Beranda > Gaya Hidup > Pilih 9 Asupan Ini Ketika Alami Nyeri Otot setelah Workout

Pilih 9 Asupan Ini Ketika Alami Nyeri Otot setelah Workout

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Pilih 9 Asupan Ini Ketika Alami Nyeri Otot setelah Workoutwatermark

TUNAIKU.COM – Setelah melakukan workout secara intens, seluruh tubuh terasa sakit dan nyeri. Rasanya, mau berdiri saja susah banget! Apalagi untuk melanjutkan rutinitas seperti biasanya, pasti terasa begitu berat.

Tubuh yang terasa sakit ini merupakan sebuah proses penyembuhan otot yang mengalami luka selama workout. Serabut otot akan terluka dan mengalami proses penyembuhan. Nah, ini dia mengapa badan dan otot terasa sakit setelah melakukan latihan berat.

 

Untuk mempercepat proses penyembuhan, kamu bisa memasukan 9 jenis makanan dan minuman ini  dalam menu harian. Pastikan untuk menyantap 9 makanan rekomendasi dari Elitedaily.com ini setelah workout, ya. Dengan demikian, otot akan cepat pulih.

 

1. Ubi

Ubi adalah salah satu camilan lezat yang mengandung banyak beta karoten dan vitamin C. Dengan menyantap ubi panggang, glikogen tubuh akan terisi kembali setelah melakukan latihan berat. Nantinya, glikogen bisa menjadi pengganti simpanan energi di otot yang telah habis setelah workout.

 

Artikel Terkait: Hidup Lebih Sehat dengan Selektif Memilih Makanan

  1. Kenapa Makanan Sehat Itu Mahal? Ini 5 Alasannya!
  2. Tampak Sehat, tapi 6 Makanan Ini Punya Kadar Gula yang Tinggi!
  3. Nggak Harus Mahal, Lakukan Ini Untuk Bisa Makan Makanan Sehat dengan Bujet Minim

Sangat direkomendasikan untuk memotong ubi lalu memanggangnya dengan minyak kelapa dan cinnamon. Bisa juga ditambahkan kayu manis untuk pengatur gula darah.

2. Air kelapa

Ingin kembali segar dan bugar setelah melakukan workout intens? Pastikan untuk minum air kelapa, ya. Kandungan kalium dan magnesium pada air kelapa bisa memulihkan otot yang kram, lho. Setelah melakukan workout yang sulit, segera minum air kelapa untuk menghidrasi otot.

3. Jahe

Jahe adalah bahan makanan yang terbukti mengurangi peradangan pada otot yang nyeri. Makanya, jangan sampai lupa minum jahe setelah workout. Jahe bisa diolah menjadi teh, smoothie, ataupun ditambahkan pada tumisan.

4. Jus ceri

Dalam beberapa penelitian, ceri memiliki khasiat untuk memperbaiki otot atlet yang nyeri. Karena alasan ini, ceri sering dijadikan minuman penghilang nyeri dengan rasa yang lezat dan segar. Setelah workout di hari yang panas, kamu bisa membuat jus ceri atau smoothie.

5. Biji chia

Setelah capek workout, paling enak memang menyeruput segelas smoothie. Jangan lupa tambahkan biji chia yang memiliki khasiat untuk mengatasi nyeri otot. Hal ini dibenarkan oleh ahli diet dan yoga, Morgan Bettini, MS, RD. Dia mengatakan bahwa biji chia sangat bagus untuk meredakan peradangan karena mengandung asam lemak omega-3 ALA.

CTABARU1

Mobile Site CTA

6. Telur

Pelatih sukses dan kebugaran, Teresa Kay-Aba Kennedy,  mengungkapkan bahwa telur bagus banget untuk pertumbuhan sekaligus penyembuhan otot yang meradang. Telur terbukti mengandung leusin dan sumber protein yang bagus untuk kesehatan otot.

Kamu cukup membuat telur dadar dengan bayam atau merebus beberapa telur dan menyimpannya di kulkas. Setelah selesai latihan, kamu bisa langsung menyantapnya, deh.

7. Nuts

Jika nggak mau ribet bawa banyak makanan selama workout, kamu bisa memilih nuts yang mudah untuk dibawa. Nuts kaya kandungan asam lemak omega-3 yang bisa mendorong pertumbuhan dan menyembuhkan peradangan otot. Pastikan kamu sudah membawa sebungkus nuts, sebelum berangkat nge-gym, ya.

8. Nanas

“Jika kamu mengalami nyeri otot setelah workout dan ingin sembuh dengan cepat, pergilah keluar untuk mencari nanas”. Pernyataan ini disampaikan oleh spesialis kekuatan dan pengkondisi yang tersertifikasi yaitu Dr Alex Tauberg.

 

Artikel Terkait: Makanan Sehat yang Baik untuk Tubuh

  1. Rutin Minum Lemon Water, Ini Manfaat Baik untuk Kesehatan
  2. Hidup Sehat, Yuk Sediakan Selalu Makanan Ini di Rumah!
  3. Wajib Follow 10 Akun Instagram Makanan Sehat Ini!

 

Kalau memang ingin nyeri segera reda, nanas adalah rahasianya. Nanas memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan.

 

9. Salmon

Ikan salmon memang memiliki segudang khasiat yang bagus untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk membantu penyembuhan peradangan pada otot. Salmon memiliki kandungan protein tanpa lemak, antioksidan, dan asam lemak omega-3 anti peradangan.  

Kamu bisa menyajikan salmon panggang di atas tumpukan sayur bayam. Nggak hanya lezat, tetapi juga memiliki banyak khasiat!

Jika 9 makanan ini kamu santap selepas workout intens, maka kelelahan dan nyeri otot akan segera pulih. Hitung-hitung menyantap sajian sehat setelah olahraga, bukan? 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett