Beranda > Karier Sukses > Lakukan 11 Hal Ini Ketika Pekerjaan Impian Ternyata Berbeda Dari Harapan

Lakukan 11 Hal Ini Ketika Pekerjaan Impian Ternyata Berbeda Dari Harapan

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Lakukan 11 Hal Ini Ketika Pekerjaan Impian Ternyata Berbeda Dari Harapanwatermark

TUNAIKU.COM – Setiap orang punya pekerjaan impiannya masing – masing. Bisa dimulai dari cita – cita sedari kecil atau pekerjaan impian yang ingin kamu dapatkan setelah memasuki kehidupan pasca kampus. Apapun pekerjaan impianmu akan menjadi semangat untuk lebih maju.

Nggak heran kalau kamu sampai berandai – andai dapat memiliki profesi tersebut. Tapi apa daya kalau ekspektasi nggak sejalan dengan realita. Pekerjaan impian yang kamu pikir sangat keren malah berubah membosankan atau bahkan belum sempat menjalaninya kamu sudah ditolak duluan.

Dari pada kamu terus bersedih hati karena kecewa dengan harapan atas pekerjaan impianmu, mending lakukan 11 hal ini.Selain jadi tahu, kamu juga lebih siap untuk menghadapi situasi yang mampu mendewasakanmu!Simak dan coba buktikan jika kamu tengah mengalaminya!

 

1. Menggali informasi lebih dalam

Saat kamu ditolak dari perusahaan dengan posisi yang kamu idam – idamkan, jangan buru – buru untuk bersedih dan kecewa. Beberapa email konfirmasi akan bertuliskan “selamat” bagi yang diterima dan “maaf” bagi mereka yang ditolak. Tapi, kali ini janganlah berfokus pada dua kata tersebut.

Kamu perlu membaca email konfirmasi atau pengumuman tersebut dengan fokus dan menyeluruh. Barangkali ada beberapa informasi penting dan berguna didalamnya yang nggak pernah kamu sangkakan.

 

Artikel terkait: Mengejar Pekerjaan Impian

  1. Empat Langkah Resign dengan Baik, Ikuti, Yuk!
  2. 5 Tips Sukses Jadi PNS yang Baik dan Selalu Bisa Diandalkan
  3. 5 Tips Sukses Jadi Entertainer dalam Industri Kreatif

 

2. Tarik Nafas

Meski kamu ditolak oleh si pekerjaan impian, cobalah untuk tenang. Tarik nafas sedalam – dalamnya dan jangan panic dan terlalu memendam kekecewaan.

CTABARU3

Mobile Site CTA

3. Utarakan

Kalaupun kamu kecewa dengan keputusan tersebut, cobalah untuk mengutarakan hal tersebut. Kamu bisa utarakan bentuk kekecewaanmu melalui balasan email perusahaan yang telah menolakmu.

 

4. Ekspresikan

Kalau kamu terlalu kecewa dan ingin menangis, maka menangislah. Tenang aja, menangis bukan berarti kamu cengeng. Kamu hanya butuh mengekspresikan emosimu lebih bebas saja. Bahkan kalau kamu ingin teriakpun nggak masalah, lho.

 

5. Cari teman curhat 

Daripada kamu curhat di sosmed, mending kamu datangi keluarga atau sahabat yang kamu percayai. Kamu bisa curhat pada mereka tentang pengalamanmu dengan pekerjaan impianmu.

 

6. Ikuti semua prosesnya

Kalau pekerjaan impian punya proses sepanjang jalur pantura yang nggak pernah kamu duga sebelumnya, maka kamu hanya perlu mengikutinya sampai akhir. Kalaupun kamu ditolak atau pada akhirnya saat sudah mulai bekerja nggak seperti yang diharapkan senggaknya kamu sudah tau banyak tentang apa yang selama ini sudah kamu idam-idamkan.

 

7. Kuatkan Dirimu

Ditolak pekerjaan impian bukan akhir dari segalanya, maka jangan pernah merasa berkecil hati dan kurang percaya diri karena hal itu. Kamu harus ingat, ditolak nggak akan mempengaruhi nilai dari CV mu, kok.

 

8. Beri respons yang baik

Meski kecewa, tapi kamu perlu memberikan respons atau balasan dari email penolakan yang kamu terima. Tetap bersikap positif meski kamu sudah ditolak, ya.

 

Artikel terkait: Tips Sukses Untuk Fresh Graduate

  1. 3 hal Penting dalam Mencari Pekerjaan Bagi Fresh Graduate
  2. Adaptasi Lingkungan Pekerjaan Bagi Para Fresh Graduate
  3. Nggak Perlu Minder Jadi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

 

9. Tanya kenapa

Dari pada kamu penasaran atas alasan apa sehingga kamu bisa nggak masuk kualifikasi, lebih baik kamu bertanya langsung mengapa kamu sampai nggak terpilih. Hal ini akan menjawab rasa penasaranmu dan menumbuhkan semangat untuk lebih baik lagi.

 

10. Belajar dari Pengalaman

Saat kamu sudah tahu alasan yang mendasari perusahaan tempat pekerjaan impianmu untuk menolakmu, maka belajarlah dari hal tersebut. Dengan begitu, kamu akan tau harus berbuat apa untuk memperbaiki hal – hal yang kurang dari dirimu.

 

11. Move on

Move on itu perlu, lho. Jadi nggak cuma harus move on dari mantan saja, ya. Kamu perlu move on dari pekerjaan impianmu yang nggak seperti yang kamu bayangkan. Dengan mendaftar di tempat lain untuk posisi yang berbeda pula, akan sedikit membantumu untuk lebih mudah dalam melangkah untuk memulai karir.

Nah, itu dia 11 hal yang perlu kamu lakukan ketika kamu mendapati kabar buruk dari pekerjaan yang selama ini kamu idam – idamkan. Jangan lupa untuk tetap terus semangat meski realita nggak seindah ekspektasi, ya.

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett