Beranda > Finansial > Tiga Hal Penting dalam Mencari Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Tiga Hal Penting dalam Mencari Pekerjaan untuk Fresh Graduate

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Tiga Hal Penting dalam Mencari Pekerjaan untuk Fresh Graduatewatermark

TUNAIKU.COM– Selain gelar sarjana yang bisa kamu dapat setelah prosesi wisuda, kamu juga akan mendapat gelar sebagai fresh graduate hingga dua tahun setelahnya. Dilansir dari gentlemancode.id iasanya para fresh graduate ini akan dilanda kebingungan setelah benar- benar lepas dari kehidupan kampus. Ada yang bingung ingin kuliah lagi atau bingung saat harus langsung bekerja. Banyak juga yang kebingungan harus mencari kerja di bagian apa, di mana ,dan bagaimana menjalaninya.

Para fresh graduate ini akan dihadapkan pada masa- masa mencari kerja yang penuh dengan persaingan. Sebagai seorang first timer job seeker tentunya kamu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kerasnya kehidupan mencari pekerjaan. Agar kamu nggak kaget dan menjadi lebih siap dalam menghadapi segala kemungkinan yang ada, cobalah untuk memerhatikan tiga hal penting berikut ini. Berikut tiga hal penting yang perlu kamu perhatikaan saat mencari pekerjaan sebagai seorang fresh graduate.

Orientasi pada mencari pengalaman

Saat kamu mencari pekerjaan, kamu harus fokus pada apa yang akan menjadi pekerjaan utamamu. Karena pekerjaan pertama akan menjadi batu loncatan untukmu, pastikan kamu benar-benar menjadikannya pengalaman yang berharga dalam hidupmu. Pilihlah pekerjaan yang sekiranya benar-benar bisa menambah pengalaman dan juga nilai tambah saat kamu akan melangkah ke pekerjaan atau perusahaan lainnya di kemudian hari.

Artikel terkait: Tips untuk Para Fresh Graduate

  1. Adaptasi Lingkungan Pekerjaan Bagi Para Fresh Graduate
  2. Nggak Perlu Minder Jadi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman
  3. 5 Hal di CV yang Kita Anggap Penting tapi Sebenarnya Nggak Dipedulikan Perusahaa…

Jangan terlalu pilih-pilih perusahaan

Meski kamu adalah seorang fresh graduate yang sangat idealis dengan memimpikan dapat bekerja di perusahaan besar kenamaan, kali ini kamu harus lebih realistis. Saat kamu terlalu pilih-pilih perusahaan maka kesempatan kerjamu akan jauh lebih sempit. Karena pastinya perusahaan besar akan menjadi incaran banyak sainganmu di luar sana.

Bekerja di perusahaan kecil juga nggak buruk, kok. Dengan bekerja di sana kamu jadi lebih mudah untuk menjadi bersinar di antara yang lain dengan menunjukkan effort kerja yang kamu punya. Selain itu, karena perusahaannya kecil maka arus sistemnya pun masih sederhana. Ini akan memberikan kesempatan untuk kamu lebih berkembang mengeksplor perusahaan tersebut. Pastinya kamu akan memilih peluang lebih banyak belajar tentang berbagai hal di dalam perusahaan.

2

Gaji bukan tolok ukur utama

Besaran gaji memang akan selalu menjadi pertimbangan para fresh graduate yang tengah mencari pekerjaan. Namun, hal itu jangan sampai menjadi tolok ukurmu dalam memilih jenis pekerjaan dan perusahaannya. Cobalah untuk lebih realistis dan nggak terlalu berharap gaji yang terlampau tinggi. Kemudian, sesuaikan dengan skill dan juga kemampuanmu saat bekerja nanti. Performa kamu saat bekerja nantinya juga akan mempengaruhi besaran gaji dan bonus yang kamu terima. Jadi, kamu perlu bekerja dengan kemampuan terbaikmu, ya!

Artikel terkait: Agar Fokus dalam Bekerja

  1. Agar Lebih Fokus Kerja, Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi?
  2. Introvert Bisa Jadi Team Leader, Inilah 5 Cara untuk Jadi Pemimpin yang Baik
  3. 10 Jenis Pekerjaan yang Bisa Bawa Kamu Jalan-jalan ke Berbagai Tempat

Meski kamu nggak memiliki banyak pengalaman saat menjadi seorang fresh graduate, kamu harus bertekad untuk dapat melakukan yang terbaik. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan hal ini sebagai pengalaman berharga dalam hidupmu untuk dapat lebih baik lagi di masa depan. Semangat mencari pekerjaan yaaa para fresh graduate!

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett