Beranda > Karier Sukses > 5 Tips Sukses Jadi PNS yang Baik dan Selalu Bisa Diandalkan

5 Tips Sukses Jadi PNS yang Baik dan Selalu Bisa Diandalkan

SWARA TUNAIKUSwara
5 Tips Sukses Jadi PNS yang Baik dan Selalu Bisa Diandalkanwatermark

TUNAIKU.COM – Beruntung kalau hari ini kamu sudah menjadi seorang PNS. Soalnya setiap kali tes CPNS dibuka, ratusan atau puluhan ribu CPNS bersaing demi mendapatkan sedikit tempat. Oleh karena itu, perlu diterapkan kiat sukses jadi PNS agar selalu sukses dan bisa diandalkan oleh masyarakat. Ingat, posisi kita sebagai pelayan masyarakat, lho! Bukan raja.

 

Artikel Terkait: Jadilah Pegawai Pintar dengan Beberapa Tips Ini

  1. Biar Bisa Nabung untuk Masa Depan, Begini Cara Hidup Hemat di Ibukota Meski Gaji Pas-Pasan!
  2. Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Menghitung THR Bagi Pegawai Kontrak
  3. 5 Tips Atur Waktu Agar Ibadah dan Bekerja Dapat Berjalan Beriringan Selama Puasa

 

1. Pandai-pandailah memanfaatkan waktu

Bagi seorang PNS, setiap waktu adalah tugas. Soal gaji nggak perlu dipikirkan lagi. Toh akan mengalir dengan sendirinya setiap bulan. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menghormati waktu. Kalau bisa, detail detik waktu harus benar-benar dijiwai agar setiap detik yang berlalu dianggap sangat berharga.

 

Tanpa pandai memanfaatkan waktu, seluruh tugas yang harus diselesaikan jadi sulit terurus. Belum lagi buat kamu yang sudah berkeluarga. Harus punya waktu untuk memberikan kasih sayang pada anak. Selalu menghadirkan waktu untuk berbincang hangat dengan istri. Berkunjung ke kerabat dan lain-lain. Keahlian ini wajib kamu miliki biar sukses.

 

2. Ramah pada masyarakat sekitar

Sederhananya, PNS adalah pelayan masyarakat. Seluruh gajinya juga berasal dari masyarakat karena dibayar oleh pemerintah. Oleh karena itu, demi balas budi, lebih baik selalu bersikap ramah pada masyarakat. Baik PNS dari kalangan guru, sipil, dan lainnya. Bagi masyarakat, PNS itu panutan. Sebagai panutan, sudah seharusnya kita memberi teladan yang baik.

 

Nggak sepatutnya ketika gaji sudah diurus pemerintah, eh, kitanya enak-enakan duduk leha-leha. Sedangkan tugas sudah menumpuk nggak keruan. Pada waktu pagi ketika ngantor, sapalah tetangga sekitar dengan senyuman hangat. Begitu pula ketika pulang. Saat ada acara di dalam masyarakat, hadirilah. Kira-kira begitu kiat sukses pekerjaan jadi PNS a la saya.

 

3. Selalu menganggap tugas sulit sebagai sahabat

Kiat ini juga berlaku untuk siapa pun yang tengah menjalani pekerjaan sesuai bidangnya. Setiap pekerjaan pasti ada saja tugas-tugas yang sulit. Kesulitan itu akan bertambah ketika kita menganggapnya sulit. Begitu pula sebaliknya. Saat kita menganggap semuanya mudah, meskipun faktanya terlalu sulit untuk orang lain, kita tetap bisa melaluinya.

 

Katakanlah suatu hari kamu ditugaskan ke tempat jauh untuk program peninjauan calon lokasi wisata. Tempat itu sangat terpencil. Akses transportasinya minim. Belum lagi cuaca yang cenderung labil. Pendek kata, kawan-kawan PNS lain pada angkat tangan. Nah, itu kesempatan buatmu. Usahakan selalu jadi andalan untuk terapkan kiat sukses sebagai PNS.

 

4. Jujur dan punya integritas tinggi

Manusia dihargai karena kejujuran, komitmen, dan integritasnya. Tiga hal ini nggak bisa dipisahkan sama sekali. Khususnya buah kamu yang mau sukses ketika sudah menjadi PNS. Seseorang yang punya integritas tinggi akan tampak berwibawa. Orang-orang di sekeliling pun akan mengakuinya.

 

Kejujuran dalam bekerja akan membawa ketenangan ganda. Pertama, nggak bakalan takut ada yang macam-macam. Kedua, akan selalu optimis bisa mengerjakan semuanya dengan baik. Misalnya suatu ketika kamu mendapat posisi sebagai bendahara. Nilai kejujuranmu diuji di sini. Ketika kamu berhasil melewatinya, maka kamu akan sukses.

 

Artikel Terkait: Hal yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Pekerjaan

  1. Millennial Suka Gonta Ganti Pekerjaan? Ternyata Ini Alasannya
  2. Ini 5 Prinsip Kerja Orang Jepang yang Patut Kamu Tiru!
  3. Ini 5 Tips Hemat Memilih Kos untukmu yang Baru Merantau di Jakarta!

 

5. Selalu bersedia menerima saran dan kritik

Saran dan kritik akan membuatmu lebih profesional. Datangnya saran maupun kritik itu bisa dari atasan, bisa pula dari masyarakat. Walaupun kamu sudah bertindak benar, tetap terima kritikan dan masukan itu. Toh mereka nggak akan menggigit posisimu. Justru akan membuatmu lebih bermakna untuk lingkungan sekitar.

 

Begitulah kiat sukses jadi PNS yang harus kamu terapkan sehari-harinya. Buat kamu yang belum jadi PNS, tetap semangat belajar dan meng-upgrade skill sebelum tes CPNS. Ketika sudah diterima, lakukan yang terbaik. Masih banyak di luar sana yang ingin sekali berada di posisimu saat ini. Jangan sia-siakan kesempatan yang sudah diberikan.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

1

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett