Beranda > Karier Sukses > Adaptasi di Lingkungan Kerja Memang Tantangan bagi Para Fresh Graduate, tapi Ini Hanya Masalah Waktu, Kok!

Adaptasi di Lingkungan Kerja Memang Tantangan bagi Para Fresh Graduate, tapi Ini Hanya Masalah Waktu, Kok!

Adaptasi di Lingkungan Kerja Memang Tantangan bagi Para Fresh Graduate, tapi Ini Hanya Masalah Waktu, Kok!watermark

TUNAIKU.COM – Kerja kerasmu selama proses rekrutmen terbayar sudah. Setelah mengikuti diklat atau training selama beberapa waktu untuk mengenal job desc dan perusahaan tempatmu bekerja, akhirnya kamu bisa bersorak menyambut hari pertamamu bekerja. Pakaian oke, sepatu oke, rasa percaya dirimu melambung. Berbagai ekspektasipun bermunculan, seperti sambutan hangat rekan-rekan kerja seniormu.

Tapi semua itu berantakan begitu kamu tiba dikantor. Nggak ada sambutan selamat datang yang meriah. Rekan kerja seniormu hanya tersenyum, menyalamimu sekenanya, dan sibuk dengan pekerjaannya sendiri. Kamu pun kelabakan ketika atasanmu memberi pekerjaan yang bukan jadi job desc-mu. Ini membuatmu takut meminta bantuan kepada senior karena tak ingin dipandang rendah. Ah, adaptasi memang nggak mudah. Kalau seperti ini, harus bagaimana nih?

Ini hanya masalah waktu. Percayalah, semua  seniormu juga pasti mengalami hal yang sama dulu.

Banyak hal yang harus kamu sesuaikan ketika proses adaptasi ini. Mungkin itu soal gaya berpakaian. Kamu nggak pernah nyaman memakai sepatu hak tinggi atau dasi, karena semasa kuliah kamu lebih suka celana jeans, sepatu olah raga, dan kaos. j

Dulu saat kuliah, kamu gampang menyambung apapun obrolan kawanmu. Tapi sekarang? Kamu bilang “hai” pada rekan seniormu saja, arang dipedulikan. Ingin nyambung obrolan mereka, kamu bingung karena belum mengenal mereka.

Jangan stres kalau kamu sekarang sedang mengalaminya. Teman terbaik untuk berdamai dengan keadaan adalah waktu. Hanya soal waktu, sampai kamu terbiasa mengenakan pakaian formal dan menjadi akrab dengan para seniormu.

Pada dasarnya, tiap orang butuh waktu penyesuaian yang berbeda-beda. Berusaha mempercepat atau memperlambatnya hanya akan merusak adaptasi yang ada.

Berapa waktu rata-rata yang dibutuhkan oleh seseorang untuk beradaptasi di lingkungan kerja baru? Situs Careernews.id menyebutkan, sebanyak 77 persen karyawan baru membutuhkan waktu maksimal 6 bulan. Jika setelah 6 bulan, adaptasimu belum mengalami perubahan, berarti ada yang salah dari prosesmu. Mungkin kamu terburu-buru ingin beradaptasi dengan cara mengenal seluruh karyawan dalam waktu singkat. Saat pertama kali kamu mengajak mereka berbicara, kamu menanyakan masalah-masalah yang serius atau justru kamu menceritakan permasalahan yang tak layak kamu ceritakan. Hati-hatilah. Tindakan seperti itu bisa merusak chemistry-mu sehingga berakibat buruk pada proses adaptasi.

Sebaliknya, jangan juga terlalu menutup diri. Kalau rekan kerjamu mengajakmu makan siang bareng atau karaokean sepulang kerja, iyakan saja. Itu kesempatan buatmu untuk mengenal mereka secara lebih dekat. Soal adaptasi, masing-masing orang punya waktu yang berbeda. Jangan permasalahkan berapa lama, tapi ikuti saja prosesnya dengan tidak mempercepat atau menundanya. Semoga sukses ya dengan pekerjaan barumu!

Punya pengalaman tentang adaptasi di lingkungan kerja baru? Yuk share pengalamanmu di kolom komentar. Jangan lupa sebarkan tulisan ini ya, siapa tahu ada kawanmu yang sedang galau karena belum bisa adaptasi dengan lingkungan kerja barunya.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett