Beranda > Karier Sukses > Kiat Sukses Dalami Profesi Konsultan Manajemen

Kiat Sukses Dalami Profesi Konsultan Manajemen

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Kiat Sukses Dalami Profesi Konsultan Manajemenwatermark

TUNAIKU.COM – Kamu mungkin pernah mendengar istilah konsultan manajemen, atau bahkan kamu memiliki teman yang bekerja di perusahaan konsultan manajemen. Seorang konsultan manajemen membahas bidang yeng lebih luas bahkan mampu mengenali seluruh aspek.

Mulai dari perjalanan, klien, presentasi, spreadsheet tetapi di balik itu semua, kamu pasti penasaran tentang apa saja yang mereka lakukan sepanjang harinya? Dan mungkin saja ketika tau, ternyata pekerjaan seperti konsultan manajemen malah menjadi pekerjaan yang cocok buat kamu.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran tersebut, kali ini saya akan mengupas sedikit banyaknya tentang pekerjaan konsultan manajemen dan bagaimana bisa bertahan hingga sukses di karir tersebut. Simak ulasan berikut ini, ya.

Seperti apa profesi konsultan manajemen?

Setiap perusahaan memiliki berbagai jenis pekerjaan yang cukup kompleks yang mereka lakukan untuk mencapai tujuan utama. Tentunya, di tengah perjalanan mencapai tujuan perusahaan akan dihadapkan pada berbagai masalah yang harus segera diselesaikan. Nah, konsultan manajemen di sini diartikan secara luas sebagai pemecah masalah dari segala permasalahan bisnis yang menimpa di berbagai perusahaan.

 

Jika konsultan hanya fokus pada satu keahlian khusus saja maka konsultan manajemen berfokus pada masalah yang lebih kompleks di perusahaan seperti membantu berjalannya struktur kepemimpinan yang sehat dan meningkatkan kinerja serta operasional perusahaan secara keseluruhan.

 

Maka nggak heran kalau konsultan manajemen seringkali terlibat dengan para eksekutif tingkat tinggi yang tentunya memiliki permasalahan kerja yang sangat kompleks.

CTABARU4

Mobile Site CTA

 

Artikel terkait: Tips Cepat Kerja untuk Fresh Graduate

  1. 5 Tips Sukses Jadi Auditor untuk Fresh Graduate
  2. 5 Tahap Tes Masuk Kerja dan Persiapannya, Fresh Graduate Wajib Baca
  3. Nggak Perlu Minder Jadi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman, Yuk, Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Dapat Kerja!

 

Bagaimana sih cara kerja konsultan manajemen?

Memiliki pekerjaan sebagai seorang konsultan manajemen ibarat seperti memiliki pisau army sebagai solusi atas berbagai masalah yang hadir di hidupmu.Konsultan manajemen biasanya akan mengerjakan satu atau lebih proyek dalam satu waktu sehingga mereka bisa memberikan fokus dan perhatian yang penuh terhadap klien mereka.

Saat mereka sudah deal dengan proyek yang akan mereka kerjakan, hal yang mereka lakukan pertama kali adalah menghabiskan waktu untuk mengenal bisnis klien. Beberapa konsultan juga bertanggung jawab terhadap analisi data yang mereka kumpulkan dan mengubahnya menjadi informasi yang mudah dipahami oleh pihak perusahaan.

Biasanya mereka menggunakan Microsoft Excel untuk menggabungkan data yang diambil dari spreadsheet dan power point untuk mempermudah merka saat melakukan presentasi.Menjadi konsultan manajemen juga berarti akan lebih sering melakukan perjalanan dinas.

Pasalnya, seorang konsultan manajemen perlu untuk mendatangi situs – situs milik kliennya. Konsultan manajemen juga lebih sering hidup di jalanan karena memiliki mobilitas yang cukup tinggi. Nggak jarang juga lho para konsultan manajemen yang terlewat jam makan karena meeting dengan klien dan berpindah tempat beberapa kali. Mereka juga lebih sering datang sebelum klien datang dan pantang pulang sebekum klien pergi.

Artikel terkait: Apa itu Sertifikat Profesi?

  1. Apa Saja Manfaatnya kalau Kamu Punya Sertifikasi Profesi?
  2. 5 Skema Sertifikasi Profesi, Yuk Pelajari dan Cari Tahu!
  3. 5 Pekerjaan Keren yang Membutuhkan Sertifikasi Profesi untuk Bekerja

 

Modal yang dimiliki konsultan manajemen?

Seorang konsultan manajemen wajib memiliki keahlian khusus yang dapat menyeimbangkan kemampuan analitis dan komunikasi. Karena dalam bekerja kamu akan lebih sering menganalisis data dan mengumpulkan berbagai cerita dan kemudian merekomendasikan solusi terbaik untuk klien. Dalam beberapa proyek juga perlu mewawancarai karyawan, presentasi di depan para eksekutif, hingga meyakinkan orang lain terkait rekomendasi yang kamu tawarkan kepada klien. Maka dari itum seorang konsultan manajemen di tuntut untuk memiliki good analytical thinking dan juga memiliki kemampuan meyakinkan orang lain.

Terdengar cukup sulit memang menjadi seorang konsultan manajemen. Tetapi kalau kamu memiliki bakat tersebut dan pandai dalam mencari solusi atas sebuah masalah, maka pekerjaan ini akan sangat cocok untukmu.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett