Beranda > Karier Sukses > 5 Pekerjaan Keren yang Membutuhkan Sertifikasi Profesi untuk Bekerja

5 Pekerjaan Keren yang Membutuhkan Sertifikasi Profesi untuk Bekerja

TUNAIKU
5 Pekerjaan Keren yang Membutuhkan Sertifikasi Profesi untuk Bekerjawatermark

TUNAIKU.COM-Apa cita-citamu kalau besar nanti? Pertanyaan ini sering ditanyakan orang dewasa pada anak kecil, tidak terkecuali saya. Bahkan, dulu saya akan menjawab dengan lantang bahwa saya ingin punya karier sebagai dokter, guru, dan detektif sekaligus. Hingga akhirnya saya paham bahwa sertifikasi dibutuhkan untuk pekerjaan tertentu, seperti halnya beberapa pekerjaan keren ini.

 

Artikel Terkait: Tips Cari Pekerjaan yang Pas Buatmu

  1. Ini Dia 10 Pekerjan Paling Diminati Milenial, Ada Pekerjaan Idamanmu?
  2. Punya Hobi Menggambar, Ini 5 Profesi yang Pas Buatmu
  3. Berdasarkan Linkedln, Ini 5 Pekerjaan Paling Dicari FreshGrad Tahun 2018

 

1. Guru

Pekerjaan pertama yang butuh sertifikasi ini bukan hanya keren, tapi juga mulia. Umumnya, begitu lulus S1 pendidikan, misalnya Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Agama Islam, dan lainnya, mahasiswa juga lulus sertifikasi. Bukan hanya ijazah dan transkrip nilai yang akan diperoleh, mahasiswa mendapat Akta IV juga.

 

Hal ini disebabkan mahasiswa yang memilih Fakultas Pendidikan, harus melewati beberapa kali percobaan mengajar. Entah itu saat mata kuliah microteaching, PPL di sekolah-sekolah, sampai mengajar di tempat KKN. Jadi, tidak perlu mengambil pendidikan yang lebih tinggi atau kursus lagi agar bisa mengajar dan mengamalkan ilmunya.

 

2. Perawat

Pekerjaan keren bersertifikasi lainnya adalah perawat. Di antara pekerjaan lainnya, perawat merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak jenis sertifikasinya. Jumlahnya lebih dari 10 dan semuanya dibagi berdasarkan spesifikasi keahlian dan tempat kerjanya. Misalnya Keperawatan Intensive Care Unit yang bekerja di ICU, HCU, klinik, home care, dan lainnya.

 

Kemudian, Hyperkes Keperawatan bekerja di perusahaan kendaraan, penerbangan, perkebunan, pertambangan, dan lainnya. Ada juga BTCLS, PPGD, BTLS, GELS, Kegawatdaruratan yang ditempatkan di UGD, serta masih banyak lagi yang lainnya. Butuh waktu lama dan biaya mahal untuk ikut pelatihan agar bisa menjadi perawat bersertifikasi.

 

3. Cisco Certified Internetwork Expert

Pekerjaan keren berikutnya adalah CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert) yang merupakan tingkat tertinggi dan paling ketat program sertifikasinya dalam hal jaringan komputer. Terhitung ada 8 sertifikat CCIE yang bisa dipilih para profesional di bidang IT dan ditentukan oleh pilihan karier yang diambilnya.

 

Ahli IT yang memiliki sertifikat CCIE sudah terjamin keahliannya dalam bidang networking. Saat tes CCIE, setiap profesional IT harus mengikuti tes computer base yang kemudian hasilnya dilaporkan dan didaftarkan pada laman Cisco untuk proses kualifikasi lanjutan. Kalau lolos kualifiaksi, bisa pilih tempat tes di negara terdekat.

 

4. Microsoft Certified Systems Engineer

Pekerjaan bersertifiaksi yang keempat ini masih berhubungan dengan IT, yaitu MCSE (Microsoft Certified Systems Engineer). Pembuat sertifikasi ini adalah Microsoft Corporation dan hanya diberikan pada insinyur sistem yang mampu melakukan instalasi sistem operasi buatan Microsoft, administrasi, serta menyelesaikan troubleshooting.

 

Tes untuk mendapat sertifikast ini hanya dengan mendemostrasikan kemampuan yang mencakup lima ujian inti dan dua ujian pilihan. Jika lulus, maka terdaftar sebagai ahli IT bersertifiaksi MCSE yang sebagian besar bekerja sebagai konsultasn dan staf ahli di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi.

 

Artikel Terkait: Yuk Menata Masa Depan yang Lebih Baik

  1. 10 Langkah Langsung Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah
  2. Usai Lulus Kuliah, 5 Hal Ini Pelru Kamu Persiapkan dengan Matang
  3. Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Galau dengan Pilihan Karir di Depan Mata

 

5. Konsultan atau Penasihat Keuangan

Pekerjaan keren terakhir ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan, terutama yang telah bersertifikat CFA (Chartered Financial Analyst). Dengan memegang sertifikat ini, maka sudah bisa disebuat konsultan keuangan bersertifikasi. Artinya, profesi bidang keuangan dan investasi yang dimilikinya sudah diakui di mata dunia internasional.

 

Perusahanan-perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli ini di antaranya adalah perusahaan asuransi, konsultan, perbankan, dana pensiun, investment banking, serta lembaga keuangan lainnya. Jadi, sangat penting buat kamu yang ingin menjadi konsultan keuangan dan investasi untuk segera memiliki sertifikat ini.

 

Kamu tertarik untuk menekuni salah satu karier yang keren tersebut? Memang tidak semua pekerjaan membutuhkan sertifikasi, tapi keberadaannya tetap penting untuk menunjang profesionalitas sekaligus pendapatan. Lagipula, perusahaan, sekolah, atau tempat kerja lainnya cenderung lebih memilih calon pegawai yang sudah melewati proses ini.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett