Beranda > Karier Sukses > Jurus Mengenal dan Memahami Orang Lain di Lingkungan Kantor

Jurus Mengenal dan Memahami Orang Lain di Lingkungan Kantor

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Jurus Mengenal dan Memahami Orang Lain di Lingkungan Kantorwatermark

TUNAIKU.COM – Kemampuan atau kompetensi sering kali didapuk sebagai sebuah rahasia kesuksesan. Padahal, dasar dari sukses itu sendiri adalah bagaimana kamu berinteraksi dan memahami orang lain. Sebab, keahlian tentu bisa dimiliki oleh siapa saja yang satu bidang denganmu.

 

Mengenal seseorang itu penting. Katakanlah, kamu melihat seorang asing memasuki ruangan. Nah, apa kesan pertama yang kamu dapatkan tentang dia? Apakah dia ceria atau tertutup? Apakah mereka terlihat kasual atau pintar? Atau apakah mereka memiliki aroma tertentu, seperti parfum atau alkohol? Insting pertama ini kemudian bisa menjadi penuntun buatmu dalam memperlakukan orang tersebut.

 

Lalu, apa saja cara lain untuk bisa mengenal karakter seseorang di lingkungan kantor? Berikut adalah beberapa jurusnya!

 

Artikel Terkait: Menjadi Perempuan Sukses

  1. Usia Tidak Menghalangi Kesuksesan, 5 Kisah Perempuan Ini Buktinya
  2. 8 Goals yang Harus Dimiliki oleh Setiap Perempuan untuk Bisa Sukses
  3. Capai Sukses dalam Karier ala Tri Rismaharini, Walikota Surabaya

 

1. Ekspresi wajah

Kecuali cenayang, kamu nggak bisa membaca isi kepala orang lain. Karena itu, sering kali pula orang membangun asumsi tentang seseorang dari ekspresi wajah. Akan tetapi ekspresi wajah seseorang nggak bisa mewakili semuanya, lho. Ada orang yang terlihat galak atau bahkan susah didekati hanya karena kebetulan bentuk alis atau struktur tulang wajah. Jadi, yang bisa kamu lakukan ketika melihat ekspresi wajah adalah mungkin hanya sekitar fisik saja atau apa yang mereka kenakan.

 

2. Pakaian

Dibanding ekspresi wajah, pakaian lebih bisa menunjukkan kepribadian seseorang. Sebab, pakaian menunjukkan bagaimana seseorang melihat dirinya sendiri. Lebih penting lagi, bagaimana seseorang ingin orang lain melihat dirinya. Semacam membangun image diri. Walau informasi yang kamu dapatkan dari gaya berpakaian bisa saja terbatas, tapi pakaian kurang lebih menunjukkan aspirasi, status sosial, serta ekspektasi perlakuan dari orang lain terhadap dirinya.

 

3. Gaya bicara

Sering kali orang bisa dikenal karena gaya berbicara. Akan tetapi, ada kondisi tertentu yang perlu dipertimbangkan. Contohnya, pidato. Kamu nggak bisa memahami orang lewat pidato sebab sudah disusun dan dipilih diksinya. Karena itu, percakapan yang lebih personal seperti percakapan empat mata lebih efektif dalam mengenal seseorang. Semakin lama percakapan itu, semakin banyak pula informasi yang bisa kamu dapatkan dari seseorang. Apakah itu dari segi logat, kelas sosial, dan bahkan umur. Kamu juga bisa mengetahui perasaan seseorang tentang suatu hal dari tonasi.

 

4. Gestur

Sudah banyak sekali penelitian yang membahas gestur atau bahasa tubuh seseorang. Lewat gestur, kamu bisa memahami tentang perasaan seseorang ketika sedang bercakap-cakap. Misalnya, ketika rekan kerjamu lebih banyak bersilang dada itu bisa berarti dia membentengi diri dari orang lain. Atau, ketika selesai bicara, mereka melihat langsung ke mata arahmu. Ini bisa berarti mereka mengharapkan tanggapan darimu.

 

5. Kontak mata

Kontak mata adalah melihat langsung ke mata seseorang. Walau terdengar sederhana, tetap saja ada beberapa aturan atau norma yang perlu kamu ketahui. Sebagai orang dewasa, tentu bisa membedakan yang mana kerlingan ataupun sikap ramah tamah. Bisa diketahui durasi tatapan atau kedipan. Namun, tatapan juga bisa berarti intimidasi, atau menyemangati.

 

Karena itu kamu perlu memperhatikan tatapan mata seseorang atau juga menyesuaikan dirimu dengan norma itu. Misalnya, kerlingan. Kerlingan sering kali dianggap sebagai salah satu bentuk menggoda. Akan tetapi, bila kamu punya kondisi medis tertentu yang bikin mata kamu atau mata rekan kerja berkedip tertentu, tentu situasi dan tanggapanmu akan berbeda.

 

Artikel Terkait: Hal-hal yang Bisa Kamu Tiru dari Orang Sukses

  1. Tiru Hal – hal yang Dihindari Orang Sukses Berikut Ini
  2. Mencintai Diri Sendiri Sebagai Langkah Awal Capai Kesuksesan
  3. Cara Melepaskan Diri dari Orang-orang Negatif Penghambat Kesuksesanmu

 

Itulah lima jurus mengenal dan memahami orang lain di lingkungan kantor. Semoga berguna, ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett