Beranda > Karier Sukses > Mencintai Diri Sendiri Sebagai Langkah Awal Capai Kesuksesan

Mencintai Diri Sendiri Sebagai Langkah Awal Capai Kesuksesan

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Mencintai Diri Sendiri Sebagai Langkah Awal Capai Kesuksesanwatermark

TUNAIKU.COM-Kalau kamu sendiri saja nggak bisa mencintai diri sendiri, bagaimana orang lain bisa mencintaimu? Nasihat sederhana ini mengingatkan saya akan pentingnya seseorang untuk mencintai dirinya sendiri. Memang, sih, kamu bakal merasa hopeless saat berada di titik terburuk dalam hidup. Namun, ini bukan suatu alasan tepat untuk merasa nggak bahagia.

 

Menjadi kaya, cerdas dan terkenal memang jadi idaman semua orang. Namun, kamu nggak harus memiliki semua kriteria ini kok untuk bisa menjadi sukses dan bahagia. Kunci utamanya adalah kamu bisa mencintai dan menghargai dirimu sendiri. Kalau kamu bisa menghargai diri sendiri, mendapatkan kebahagiaan itu mudah.

 

Beberapa fakta yang dipaparkan Inspiration.allwomenstalk.com berikut ini bisa jadi reminder betapa penting memiliki selflove!

 

1. Kamu bisa bahagia kapan saja

Mengapa orang terlalu sibuk mencari alasan untuk bahagia padahal kebahagiaan itu sudah ada di depan mata? Yup, karena selama ini kamu sudah terdoktrin standar kebahagiaan yang dibikin oleh masyarakat, kamu pun lupa cara untuk bahagia.

 

Stop pikiran seperti ini dan mulailah menikmati hidup. Nikmati tiap momen kebahagiaan yang ada di depan mata dan  genggamanmu. Kalau nggak sekarang, kapan lagi kamu bisa bahagia? Masak mau menunggu jadi cantik, dapat kerja idaman atau malah nunggu dapat pacar tajir dulu, sih?

 

2. Penampilan tak bisa mendefinisikan karakter seseorang

Menjadi cantik dan atraktif tentu jadi idaman setiap wanita. Ketika banyak cowok yang memuja-muja wajah cantikmu, hidup terasa sempurna tanpa cacat. Sehingga, beragam cara pun dilakukan untuk menjadi cantik, meski harus berhadapan dengan pisau bedah sekalipun.

 

Artikel Terkait: Memulai Bisnis dari Hobi

  1. Ide Bisnis Bagi Para Pecinta Olahraga
  2. 10 Ide Bisnis Untuk Pecinta Traveling
  3. Punya Hobi Menggambar? Ini Peluang Bisnis yang Bisa Kamu Jalani

 

Karena mindset yang salah, orang-orang pun  melakukan operasi plastik dan diet ketat untuk mengubah penampilannya. Satu pertanyaan sederhana, deh. Apakah mereka merasa bahagia setelah melakukan semua ini? Saya rasa tidak.

 

Karena penampilan nggak bisa dijadikan standar untuk mendefinisikan karakter seseorang. Meski punya penampilan yang biasa-biasa saja, kamu tetap bisa memperoleh sukses.

 

3. Bisa menjadi diri sendiri dan tetap sempurna

Sudah berapa sering kamu membohongi diri sendiri untuk bisa diterima orang lain. Dengan menjadi orang lain, kamu bisa kehilangan dirimu sendiri bahkan sulit untuk mendapatkan teman sejati.

 

Satu hal yang bisa kamu lakukan adalah tetap jadi diri sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihan. Lakukan kegiatan harian, seperti ke kampus, bekerja, dan jangan lupa untuk selalu bersikap baik pada orang lain. Kamu adalah sosok yang sempurna dengan menjadi diri sendiri.

 

4. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Apakah kamu selalu merasa kalau rumput tetangga lebih hijau? Merasa bahwa kehidupan sahabatmu jauh lebih sempurna daripada kehidupanmu? Jika iya, tandanya kamu masih kurang bersyukur, tuh.

 

Orang yang tahu kelebihan diri, nggak akan hobi membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Karena memang nggak ada gunanya sama sekali. Tiap orang itu punya jalan hidup sendiri-sendiri. Meski kehidupan sahabatmu tampak sempurna, saya jamin ia juga punya masalah yang selama ini ditutup-tutupi.

 

5. Gagal mencapai target tak lagi menakutkan

Pencapaian atau prestasi memang bisa mendorong seseorang untuk lebih mencintai dirinya sendiri. Sehingga, meraih berbagai target dalam hidup pun layak untuk dicoba. Dengan cara ini kamu merasa kalah hidupmu lebih menarik dan bermanfaat.

 

Namun, pencapaian bukan segalanya dalam hidup, kok. Alasannya adalah pencapaian ini nggak bisa dijadikan tolok ukur betapa berharganya dirimu. Selalu ingat bahwa kegagalan mencapai target bukanlah akhir dari segalanya.

 

6. Ada yang lebih penting dari harta

Punya harta yang melimpah dan bisa beli barang mahal nggak menjamin bisa bikin kamu bahagia. Karena benda-benda duniawi ini nggak bisa membuatmu merasa dicintai. Saat kamu mengendarai mobil Porsche di jalanan, saya rasa orang akan melihatmu penuh kekaguman. Namun, mobil Porsche ini nggak bisa membuatmu makin disukai oleh sahabat-sahabatmu.

 

Artinya, harta nggak begitu bernilai kalau yang kamu cari adalah kebahagiaan dalam hidup. Memiliki banyak harta memang terlihat keren dan wah, tetapi belum tentu menentramkan. Jangan sampai terbuai dengan kebahagiaan semu ini, ya.

 

7. Bisa mencintai orang lain seutuhnya

Sudah berapa lama kamu mencari soulmate yang bisa menyempurnakan hidupmu? Dengan menemukan pasangan yang cocok dengan kriteria, kamu merasa bahwa kebahagiaan ada di depan mata.

 

Padahal, hanya diri sendiri yang bisa membuatmu bahagia. Kamu nggak bisa benar-benar mencintai orang lain ketika kamu sendiri nggak bisa mencintai diri sendiri. Sebelum kamu bahagia dengan orang lain, kamu harus tahu apa yang kamu cari dalam hidup. Saat kamu sudah menemukan apa yang kamu  cari, barulah pasangan akan menyempurnakan kebahagiaanmu.

 

8. Kamu adalah apa yang kamu yakini

Apabila kamu ingin mengenal seberapa berharganya dirimu, coba refleksi diri di depan kaca. Ingat kembali beberapa pujian yang kamu terima. Dan juga kritikan yang selama ini kamu dapat. Lalu, bagaimana penilaianmu akan dirimu sendiri?

 

Kamu adalah apa yang kamu yakini. Artinya, jika kamu percaya bahwa kamu layak dicintai maka kamu adalah orang yang seperti itu adanya. Beda lagi kalau kamu melihat diri sendiri sebagai sosok yang nggak berguna. Maka, itulah gambaran dirimu yang sesungguhnya.

 

9. Bisa berdamai dengan kenyataan

Hidup nggak selamanya mudah. Kamu bisa merasakan kebahagiaan pada detik ini, tetapi merasa sedih keesokan harinya. Makanya, nggak perlu terlalu stres dengan masalah seperti ini.

 

Artikel Terkait: Pelajaran Cinta

  1. Swara Tania: Jatuh Cinta Berjuta Rasanya
  2. Buktikan Cinta Tanpa Modal, Coba Lakukan Pendekatan Seperti Ini!
  3. 25 Pelajaran Cinta yang Harus Dipahami oleh Setiap Cewek Berumur 25 tahun

 

Hadapi apa yang ada di depan matamu sekarang. Hilangkan kekhawatiran akan masa depan. Jika khawatir pada hal yang belum tentu terjadi, bisa membuatmu kehilangan kebahagiaan. Tugasmu hanyalah menjadi dirimu pada saat ini.

 

10. Menginspirasi orang lain

Dengan menjadi diri sendiri, kamu bisa menginspirasi orang lain, lho. Kamu memiliki ciri khas yang nggak dimiliki oleh orang lain. Ternyata, hal ini bikin kamu lebih menarik. So, jangan berhenti jadi diri sendiri. Karena nggak menutup kemungkinan, kalau kamu bisa menginspirasi orang lain untuk bisa jadi dirinya sendiri.

 

Setelah membaca beberapa fakta di atas, mencintai diri sendiri ternyata banyak manfaatnya. Sebagai penyemangat, selalu ingat potongan lirik dalam lagu Jason Mraz ini saja yuk. Jika lagi sedih dan galau akan  jari diri, selalu ingat bahwa “ Girl you’re amazing, just the way you are”.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett