Beranda > Karier Sukses > Apa Pentingnya Integritas dalam Capai Kesuksesan?

Apa Pentingnya Integritas dalam Capai Kesuksesan?

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Apa Pentingnya Integritas dalam Capai Kesuksesan?watermark

TUNAIKU.COM – Banyak orang yang memilih wirausaha karena menilai bahwa profesi ini bakal memberi banyak waktu luang dan kebebasan. Saat kamu nggak terikat dengan suatu instansi atau perusahaan, kamu bisa lebih bebas berkreasi dalam meraih sukses. Terlebih , untuk kamu yang ingin kaya raya. Wirausaha adalah pilihan jitu. Pasalnya, orang terkaya di dunia sering kali berasal dari para pebisnis, kan?

 

Meskipun demikian, ada sisi menarik yang sering terlupakan dalam proses meraih sukses. Setiap orang bisa sukses kapan saja, tetapi mempertahankan kesuksesan itu lebih sulit. Untuk bisa bertahan di posisi atas layaknya seorang Bill Gates, kamu mesti memiliki integritas dalam meraih sukses.

 

Integritas adalah suatu sikap atau komitmen untuk selalu konsisten meraih tujuan. Kalau memang ingin sukses dalam bisnis, harus konsisten untuk melakukan perbaikan dan pengembangan. Biasanya, integritas ini dimiliki oleh orang berkepribadian kuat dan jujur.

 

Dengan memiliki integritas, kamu bisa survive menghadapi naik dan turunnya bisnis. Perlu diakui, integritas memang memberi pengaruh besar dalam kesuksesan. Ini dia pentingnya integritas untuk meraih sukses!

 

Artikel Terkait: Kiat Sukses yang Mesti Kamu Coba!

  1. Kiat Sukses Dalami Profesi Konsultan Manajemen
  2. Sebelum Jadi Bos, Wajib Hindari Sifat Ini Kalau Mau Sukses
  3. Ingin Sukses Bekerja di Luar Negeri? Pertimbangkan Hal Berikut!

 

1. Sanggup membaca peluang

Entah itu peluang bisnis atau risiko kerugian, kamu bisa membacanya dengan cepat dan tepat. Sayangnya, kemampuan ini nggak dimiliki oleh semua orang. Hanya orang-orang tertentu yang punya bakat alam untuk melihat peluang bisnis atau risiko kerugian.

 

Namun, jika kamu nggak punya bakat ini, nggak perlu minder dulu, ya. Karena kamu bisa belajar dari orang lain yang lebih berbakat dan minta saran untuk setiap ide bisnis yang ada di kepalamu.

 

2. Kemampuan manajemen

Saat berbisnis, kamu harus memiliki kemampuan manajemen yang bagus. Baik manajemen waktu, keuangan sampai bisnis itu sendiri. Kalau kamu sudah jago, bisa mengajarkan kemampuan ini pada teman kerja atau bawahan.

 

Dengan memiliki kemampuan manajemen yang bagus, kamu bisa bekerja secara cepat, efektif dan seimbang. Artinya, kamu masih ada banyak waktu untuk kehidupan pribadi meskipun banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

 

3. Menjadi pemimpin

Jika kamu memiliki banyak bawahan, harus menjadi seorang pemimpin yang dapat dipercaya. Entah bagaimana caranya, bentuk lingkungan kerja yang menyenangkan. Misalnya, mengajarkan tata cara berbicara, selalu tegur sapa dan ramah pada konsumen. Jika lingkungan kerja asyik, layanan dan produk yang dihasilkan pun akan baik.

 

4. Selalu bersikap jujur

Sikap jujur adalah bagian dari integritas dalam berbisnis. Kalau kamu suka tipu-tipu, rekan bisnis mana yang akan percaya? Mungkin kamu akan mendapatkan untung di awal bisnis dengan trik “tipuan” ini.

 

Namun, lambat laun rekan bisnis dan konsumen akan pergi dengan sendirinya. Mereka nggak akan lagi percaya pada produk dan jasamu. Kamu harus bisa mempertahankan sikap jujur agar memiliki bisnis yang sukses.

 

5. Berani mengambil risiko dan tidak plin-plan

Ada kalanya, kamu dituntut untuk segera mengambil keputusan dalam kondisi mendesak. Kalau kamu nggak punya mental kuat dan plin-plan, pasti sulit mengambil keputusan. Apalagi, kalau kamu harus menanggung risiko yang besar. Makanya, dibutuhkan sebuah keberanian untuk mengambil keputusan dan risiko.

 

Keuntungan besar bisa kamu dapatkan dengan mengambil risiko yang besar pula. Kalau kamu terlalu takut menjawab tantangan, maka bisnis sulit berkembang, lho!

 

6. Menganggap bisnis sebagai hal yang menyenangkan

Seseorang yang bisa menikmati segala proses bisnis dengan cara menyenangkan, nggak akan gampang stres dan tertekan. Lakukan segala sesuatu dengan cara paling menyenangkan.

 

Misalnya, kamu mengirimkan kartu ucapan terima kasih pada pelanggan setia. Kamu bisa menambahkan sekotak cokelat sebagai souvenir. Selain itu, kamu juga bisa mengadakan campaign bagi-bagi hadiah untuk konsumen. Melalui campaign, kamu bisa berkomunikasi dengan pelanggan.

 

Artikel Terkait: Informasi Menarik Seputar Kesuksesan

  1. Kenali Hobi Unik yang Dilakoni oleh Millennial Sukses Dunia
  2. 5 Orang Sukses Di Dunia Yang Hobi Bermain Bridge dan Bantu Asah Insting Bisnis
  3. Tips Memiliki Domain Blog Sendiri buat yang Ingin Menekuni Hobi Menulis

 

7. Jago promosi dan bikin iklan

Dengan memiliki iklan atau promosi yang bagus, kamu bisa memasarkan produk pada konsumen. Sebisa mungkin, buat iklan yang menggelitik dan nggak terlalu serius. Tujuannya, agar iklan mudah diterima masyarakat dan bisnismu pun sukses besar.

 

Tambahkan juga kontak kritik dan saran agar bisa melihat respons konsumen. Dari masukan konsumen, kamu bisa membuat promosi atau iklan sesuai dengan tren pasar.

 

8. Komitmen pada kualitas produk dan layanan

Suatu produk akan disukai oleh konsumen jika memiliki kualitas dan pelayanan yang bagus. Bisa saja kamu meraih kesuksesan sejak di awal bisnis. Namun, kalau kamu nggak ada integritas untuk menjaga kualitas produk dan pelayanan, konsumen bisa pergi kapan saja, lho!

 

Mulai dari detik ini, kamu harus menyusun visi dan misi produk. Kira-kira bagian mana yang ingin kamu tonjolkan dari bisnismu. Lalu, jaga konsistensi dari produk dan pelayanan agar bisnis bisa bertahan lama. Nggak melulu soal mendapatkan untung, tetapi juga harus sanggup bertahan dalam segala kondisi.

 

Nah, ini dia mengapa integritas itu sangat penting dalam suatu bisnis. Kamu harus menerapkan beberapa cara di atas, agar integritas dalam berbisnis itu ada. Selamat mencoba!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett