Beranda > Gaya Hidup > Tips Memiliki Domain Blog Sendiri buat yang Ingin Menekuni Hobi Menulis

Tips Memiliki Domain Blog Sendiri buat yang Ingin Menekuni Hobi Menulis

NOBERTA JEANIENoberta Jeanie
Tips Memiliki Domain Blog Sendiri buat yang Ingin Menekuni Hobi Menuliswatermark

TUNAIKU.COM – Punya hobi menulis? Jangan sia-siakan tulisanmu dengan hanya disimpan untuk konsumsi pribadi, ya. Kamu bisa kok, membuat semua karyamu dibaca oleh banyak orang, apalagi semuanya serba mudah di zaman digital ini. Hanya perlu mengunggahnya di dunia maya, lalu bagikan link-nya pada semua temanmu. Alhasil, tulisanmu bisa dinikmati orang banyak.

 

Artikel Terkait: Salurkan Hobi Lewat Blog dan Website Menulis Lainnya

  1. Dengan Menekuni Blogging, Ternyata Bisa Hasilkan Uang yang Lumayan, Lho!
  2. Food Blogger: Dari Hobi Foto Makanan Jadi Pekerjaan
  3. 7 Website Menulis Online Buat yang Suka Menulis Novel

 

Memang, hobi menulismu bisa disalurkan bahkan hanya dengan memanfaatkan akun sosmed-mu. Kamu bisa saja, menulis cerita singkat, opini bahkan puisi di caption Instagram atau Twitter. Namun, kalau kamu ingin menulis konten yang lebih serius untuk tujuan yang lebih serius pula (portofolio misalnya) kamu akan butuh platform yang lebih profesional, seperti blog.

 

Walaupun sudah banyak yang menyediakan akun blog secara gratis, tapi cara ini masih punya beberapa kekurangan, lho. Salah satunya adalah, kamu nggak bisa mengganti nama domain dengan sebebas-bebasnya. Yang mungkin tadinya kamu ingin menamai blog-mu sebagai good.com, tapi justru berakhir dengan nama good.blogspot.com.

 

Apa sih domain itu? Domain itu adalah sebuah nama yang bisa sekaligus kamu jadikan sebagai alamat untuk mengakses semua tulisanmu. Jadi alangkah baiknya, penamaan domain blog ini kamu pikirkan secara matang lebih dulu. Kamu bisa memberinya nama sesuai dengan konsep blog-mu.

 

Kalau kamu ingin blogmu bisa dikunjungi oleh orang banyak, maka kamu perlu membuat domain tersebut mudah diingat. Bagi kamu yang masih bingung, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu praktikkan kalau ingin membuat domain.

 

-Jangan gunakan blog gratisan kalau nggak mau domainmu diikuti dengan ekstensi yang panjang seperti blogspot.com. Lagipula menggunakan blog gratisan akan memberi kesan kurang professional.

-Pilih ekstensi .COM,.NET atau ccTLD karena ketiga ekstensi tersebut adalah yang paling populer di mesin pencarian Google. Sebenarnya, ada satu ekstensi lagi yang juga populer, yaitu ORG. Namun, sepertinya ekstensi tersebut tidaklah cocok dengan kebutuhanmu sebagai penulis.

-Berikan nama domain yang unik dan mudah diingat. Dengan begitu, orang yang ingin membaca tulisanmu akan mudah mengaksesnya berkat dirimu.

-Jangan memilih domain hanya berdasarkan trend kalau ingin blog-mu long-lasting. Ingat, belum tentu sesuatu yang sedang trend saat ini masih akan disukai di beberapa tahun ke depan.

-Jangan beli domain bekas kalau kamu nggak mau mendapatkan domain yang sudah expired atau penuh dengan konten negatif, berbau SARA dan pornografi. Kalau terpaksa membeli domain bekas, jangan lupa untuk mengeceknya terlebih dulu ya.

 

Artikel Terkait: Sukses dengan Hobi Menulis, Baca Dulu Info di Bawah Ini!

  1. Kesuksesan Nama-nama Berikut ini Ternyata Berawal dari Hobi Menulis Mereka
  2. 10 Pilihan Karier Buat Kamu yang Suka Menulis
  3. Lulusan Bahasa atau Sastra, Bisa Kerja Jadi Apa, sih?

 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum ingin membuat domain. Bagaimana? Apa kamu tertarik mencoba?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett