Beranda > Karier Sukses > 9 Cara Agar Selalu Produktif di Kantor, Makin Aktif dan Tambah Semangat

9 Cara Agar Selalu Produktif di Kantor, Makin Aktif dan Tambah Semangat

Artikel ini ditulis oleh:
9 Cara Agar Selalu Produktif di Kantor,  Makin Aktif dan Tambah Semangatwatermark

TUNAIKU.COM – Buntu dalam menggarap tugas-tugas di kantor selalu melahirkan kejenuhan. Ujung-ujungnya kamu jadi enggak lagi produktif di kantor. Butuh mesin penghasil ide-ide brilian dan anti mainstream? Menurut saya, mesin itu ada di dalam pikiranmu sendiri. Tinggal mau mengaktifkannya atau enggak. Biar cepat aktif, saya kasih tombol-tombolnya nih.

 

Artikel terkait: Pertimbangan sebelum Resign dari Pekerjaan

  1. Terlalu Cepat Resign Berisiko Membahayakan Kariermu. Simak 7 Alasannya!
  2. Bosan dengan Pekerjaan dan Ingin Resign?Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Memutuskan
  3. Dapet Kerjaan yang Nggak Sesuai Passion? Jangan Terburu-Buru Untuk Resign!

 

1. Rajin baca setiap hari

Bacaan itu sumber ide yang sangat berlimpah. Bisa dibilang enggak terhingga. Setiap kalimat yang tertulis merupakan buah pikiran yang terbuka. Ketika kamu membacanya, buah pikiran itu secara otomatis menjadi buahmu juga. Dalam waktu dekat, kamu akan jadi orang yang terbuka terhadap ide-ide brilian. Walaupun inspirasinya datang dari hal kecil sekalipun. 

2. Ciptakan mood sendiri

Soal bad mood atau good mood masih jadi persoalan hangat untuk para pekerja di kantor. Sayangnya, tugas demi tugas selalu datang setiap kali kamu masuk kerja. Nggak bisa menyesuaikan dengan mood baik milikmu. Mau enggak mau, ciptakan mood sendiri. Caranya dengan sering-sering menanamkan pikiran positif. Kemudian blokir akses pikiran negatif.

3. Rutin menuliskan ide-ide tiap hari

Jadwal paling baik untuk menulis itu ketika bangun tidur. Tepatnya sebelum matahari terbit. Udara masih segar. Pikiran masih segar. Ketika dipakai untuk menulis, maka langsung lancar. Daripada ide memencar dan menghilang, lebih baik tangkap dan sematkan dalam catatan. Selebihnya, bawa saja buku catatan ke mana pun kamu pergi. Catat ide tiap kali muncul.  

4. Ciptakan lingkungan kreatif

Lingkungan yang kreatif berkaitan dengan hal-hal menyenangkan. Dengan kata lain, apa yang menjadi passion-mu, kembangkanlah. Ajak teman sekantor yang punya visi-misi sama. Dengan adanya lingkungan kreatif, kamu bisa lebih produktif di kantor. Kunci kreatif itu ada pada perasaan bahagia itu tadi.

3

Mobile Site CTA

5. Berbincang-bincang dengan anak kecil

Saya enggak mau menutup-nutupi, bahwa anak kecil itu jutaan kali lebih kreatif dari orang dewasa. Pikiran mereka masih sangat terbuka. Bahkan kejadian buruk yang dialami pun masih dianggap sebagai kejadian menyenangkan. Orang dewasa mana bisa gitu. Untuk membuktikannya, coba ajak si kecil berbincang-bincang.  

6. Kritis terhadap ide sendiri

Enggak semu ide yang muncul di kepala itu bagus. Ada baiknya kamu evaluasi. Kemudian lihat dampaknya yang terjadi pada orang lain ketika ide tersebut diterapkan. Kritis terhadap ide sendiri akan melahirkan ide-ide brilian. Lakukan dengan penuh jiwa. Anggap yang kamu lakukan ini merupakan sesuatu yang menyenangkan. Biar nggak ada beban.

7. Sekali-kali piknik ke tempat teduh

Bekerja di dalam kantor itu melelahkan. Jujur, saya juga merasakannya. Walaupun segala motivitasi sudah kamu terapkan, efek lelah itu tetap ada. Apabila hal itu terjadi, segeralah isi ulang otakmu dengan oksigen. Caranya dengan piknik ke tempat teduh. Misalnya, wisata alam yang banyak menampilkan pepohonan saling berbaris.

8. Selalu hubungkan sebab dengan akibat

Produktif itu bukan berpikir atau melakukan sesuai dengan kehendak saja. Tapi harus didasari dengan alasan atau sebab yang logis. Ada awal ada akhir. Pertimbangkan setiap hal yang akan kamu lakukan. Ketika muncul “sesuatu yang meragukanmu”, segera lepaskan. Soalnya dorongan itu juga bisa bikin pikiran jadi jenuh.

 

Artikel terkait: Tips Memaksimalkan Pekerjaan secara Profesional

  1. 5 Tips Sukses Jadi Entertainer dalam Industri Kreatif
  2. 5 Tips Sukses Jadi PNS yang Baik dan Selalu Bisa Diandalkan
  3. 4 Tips Ampuh agar Sukses Jadi Dokter di Usia Muda

9. Tiru apa yang dilakukan oleh pekerja sukses

Katakanlah di kantormu ada seorang pekerja yang berprestasi. Setiap kali diberi tugas, ia bisa mengerjakan dengan baik. Amat aneh ketika seseorang menghendaki kesuksesan, justru enggak suka dengan orang-orang yang sukses. Seharusnya berterima kasih karena sudah menunjukkan jalan yang tepat. Tiru apa yang bikin dia berprestasi, bukan hasil kerjaannya.

Dengan produktif di kantor, berarti kamu memiliki akses yang luas untuk mengembangkan karirmu. Siapa tahu dalam waktu dekat, posisimu dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi. Sebelum membicarakan hasilnya, lebih baik fokus pada tugas yang kamu garap saja. Sukses itu reward atas kerja kerasmu selama ini.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett