Beranda > Karier Sukses > 7 Ide Usaha yang Bisa Kamu Lakukan dengan Modal Minim

7 Ide Usaha yang Bisa Kamu Lakukan dengan Modal Minim

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
7 Ide Usaha yang Bisa Kamu Lakukan dengan Modal Minimwatermark

TUNAIKU.COMSudah memasuki akhir tahun, nih. Tiba-tiba saya jadi kepikiran ingin membuat usaha sebagai alternatif bekerja di kantor. Bukan kenapa-kenapa sih, hanya saja saya ingin mencari suasana dan pengalaman dengan menjadi seorang entrepreneur, meskipun hanya kecil-kecilan. Hehe.

 

Artikel terkait: Bisnis baru? Siapa takut!

  1. Tertarik Bisnis MLM? Coba 4 Bisnis MLM Terkenal Ini
  2. Punya Modal 2 Juta? Ini Bisnis Sampingan yang Bisa Kamu Tekuni!
  3. Bisnismu Terasa Stagnan? Perbaiki dengan Cara Berikut!

 

Karena masih pemula, tentunya saya nggak pengin yang terlalu “heboh” karena modal saya pun bisa dibilang nggak banyak. Saya coba cari usaha yang minim modal, tapi tetap menjanjikan keuntungan yang lumayan. Setelah cari informasi sana-sini, salah satu cara untuk menekan modal adalah dengan memasarkannya di sosial media Instagram atau buka toko di market place. Nah, ini dia nih, tujuh ide usaha minim modal yang saya sedang pertimbangkan.

 

1. Hijab dan pernak-perniknya

Jualan hijab dan pernak-perniknya kayaknya memang lebih simpel dibandingkan berjualan baju, ya. Usaha satu ini sudah terbukti memiliki prospek dan banyak peminatnya. Beberapa teman dekat saya bahkan melakoninya setelah mereka menikah. Model dan jenis hijab zaman sekarang kan beragam, tuh. Sesuaikan dengan tren yang sedang ada, atau jual jenis hijab yang memang segmented seperti jilbab-jilbab lebar dan niqab. Kamu bisa mulai usaha jualan hijab dengan membeli secara grosir di Tanah Abang atau Thamrin City. Tentu saja beli yang kualitasnya bagus ya, kemudian labeli dengan label brand-mu. Biar kesannya eksklusif. Kalau sudah banyak pembelinya, kamu bisa tes ombak dengan menjual jilbab jahitan sendiri, deh.

 

2. Make Up dan Skin Care

Bisnis sampingan dengan jualan make up dan skin care, pasti laku! Yakin, deh. Kalau sedang scrolling di e-commerce manapun, item-item hot yang nangkring di halaman pertama itu pasti deh nggak jauh-jauh dari produk kecantikan. Jadi, kenapa nggak coba untuk jualan make up dan skin care saja?

 

Mulailah dengan menjual brand-brand make up yang memang kamu pakai dan tahu benar kualitasnya. Konon, trik ini sangat membantu nge-boost kepercayaan diri si penjual kalau dagangannya bakal laku, lho. Untuk awal-awal, juallah satu jenis make up dari beberapa brand saja dengan harga yang terjangkau. Kalau pembeli mulai banyak dan kamu sudah pintar me-manage cash flow, baru deh ditambah dengan item dari brand yang lebih mahal.

 

3. Aksesori

Punya jiwa crafty? Coba salurkan bakat dan minatmu ini menjadi aksesori cantik yang bisa dipakai sehari-hari. Bisa berupa kalung, anting, gelang, atau sekadar pajangan seperti key chain dan frame foto. Peminat aksesori itu nggak sedikit, lho. Apalagi kalau memang yang kamu buat itu unik dan punya ciri khas. Beberapa crafter yang saya sukai di Instagram misalnya adalah Hula Wrap, yang menjual scarf bermotif print lucu nan cantik. Supaya tampilan aksesorimu menarik pembeli, foto-foto di Instagram-nya pun harus yang keren, ya!

 

4. Camilan

Suka ngemil dan up-to-date dengan cemilan yang lagi naik? Kalau gitu, usaha jual camilan aja. Yakin deh banyak yang nyari. Jual camilan bisa melalui online, atau bisa juga kamu jajakan di kantor atau di kampus. Nggak perlu malu, kan halal dan bikin kenyang orang?

 

5. Jasa commission

Kamu berbakat di bidang graphic design dan ilustrasi? Waktunya untuk benar-benar memanfaatkan skill-mu yang satu ini! Caranya, dengan menjadi seorang freelancer dan membuka usaha jasa commission di mana kamu mengerjakan pesanan orang-orang berupa ilustrasi atau desain grafis untuk berbagai keperluan. Bisa jadi berupa membuat undangan pernikahan yang unik, kalender, poster acara, hadiah ulang tahun berupa headshot atau karikatur. Banyak, deh! Untuk menarik pelanggan, kamu bisa memajang portofoliomu di Instagram.

 

6. Jasa hias dan sewa kotak antaran lamaran

Satu lagi peluang usaha untukmu yang berjiwa crafty, yaitu usaha berupa jasa hias antaran lamaran. Ide usaha satu ini prospeknya juga bagus, lho. Modalnya pun nggak besar. Kamu bisa membeli tray antaran lamaran di pusatnya terlebih dahulu, misalnya di Cikini Gold Center. Setelah itu, kamu bisa mulai membuat contoh-contoh tray atau box yang sudah kamu hias, dan memajangnya di Facebook atau Instagram.

 

Untuk menghias paket lamaran seperti ini kamu hanya butuh modal berupa alat-alat seperti gunting dan lem, kain satin dan kain tulle, serta hiasan berupa bunga-bunga artifisial. Semakin cantik hasilnya, tentu saja kamu bisa mematok harga yang lebih tinggi.

 

7. Jual bunga dan tanaman hias

Nah, ide usaha terakhir ini terinspirasi dari orang tua nih. Bermula dari kegemarannya akan berkebun dan menanam bunga mawar, berlanjut menjadi usaha sampingan berupa menjual bunga dan tanaman hias. Karena memang mencintai kegiatan ini dari hati, jadinya nggak berasa bekerja, deh. Untungnya pun lumayan, lho. Cuma butuh modal tanah subur, pot polybag, dan benih-benih bunga yang dibeli dari e-commerce. Dan tentunya kesabaran serta “tangan yang dingin.” Setelah ditanam, dirawat, dan tumbuh cantik, bunga dan tanaman hias ini pun siap dijual.

 

Itulah dia 7 ide usaha yang bisa kamu lakukan dengan modal minim. Sangat memungkinkan kan? Sekarang, tinggal kamunya mau mencoba dan berusaha atau nggak. Silakan dicoba!

 

Artikel terkait: money management yang cerdas

  1. 5 Tips Agar Tetap Bisa Menabung Walau dengan Gaji UMR
  2. 5 Hal Terkait Pengaturan Keuangan yang Malah Bikin Makin Boros
  3. 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Tabungan Digital

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett