Beranda > Finansial > 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Tabungan Digital

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Tabungan Digital

ARUNDHATI LEIKAArundhati Leika
5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Tabungan Digitalwatermark

TUNAIKU.COM – Dengan memanfaatkan teknologi masa kini yang semakin lama semakin canggih, lahirlah tabungan digital yang bisa diakses menggunakan jaringan internet melalui laptop atau smartphone kamu. Sejak awal dengar mengenai tabungan ini saya jadi penasaran. Setelah cari informasi sana-sini, ternyata ini nih, informasi seputar tabungan digital.

 

1. Apa Itu Tabungan Digital?

Seperti namanya, tabungan digital merupakan jenis tabungan yang pelayanannya secara digital. Jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan tabungan ini dilakukan melalui internet. Untuk bisa mengakses produk ini, kamu hanya memerlukan kuota internet dan browser. Jadi, bisa digunakan kapan dan di mana saja.

 

Tabungan ini sendiri memiliki fungsi yang sama seperti tabungan konvensional. Kamu bisa menggunakan tabungan ini untuk melakukan berbagai macam transaksi, seperti membayar tagihan listrik, membayar asuransi, transfer uang, sampai dengan membayar cicilan utang.

 

Artikel Terkait: Keuangan dan investasi di zaman digital.

  1. Melek Finansial di Era Teknologi, Hati-Hati dengan Modus Penipuan via Ponsel Berikut Ini!
  2. Waspada, Ini 5 Modus Penipuan Lewat Media Sosial yang Kerap Nggak Kamu Sadari!
  3. Pahami Skema Ponzi, Modus Penipuan Investasi yang Banyak Memakan Korban

 

2. Buatnya Nggak Ribet

Namanya saja pelayanan digital, jadi kamu nggak perlu capek-capek ke bank untuk membuat tabungan ini. Kamu bisa memulai dengan membuka website bank yang menyediakan layanan tabungan digital. Kemudian kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan bukti identitas diri, yakni KTP/SIM/Paspor dan NPWP. Bukti ini dibutuhkan agar pengajuan tabungan dapat disetujui.

 

Setelah formulir tersebut dikirimkan, kamu akan menerima kode verifikasi dan nomor akun virtual yang digunakan untuk mengisi jumlah setoran awal. Tahap ini opsional karena bank nggak mengharuskan kamu untuk mengisi saldo awal tabungan. Bank kemudian akan mengirimkan notifikasi sebagai pemberitahuan bahwa tabungan digital kamu berhasil dibuat.

 

Untuk kartu ATM dan buku tabungan, kamu bisa langsung mengambilnya ke bank terdekat. Tapi kalau kamu nggak punya waktu, bank akan mengirimkannya ke alamatmu. Nggak ribetkan?

 

3. Bebas Menentukan Jangka Waktu Tabungan

Kamu bisa menentukan nilai dan jangka waktu berlakunya tabungan digital sesuai dengan keinginan. Kamu bisa melakukan penarikan setelah tabungan dinyatakan jatuh tempo dan menggunakannya untuk keperluan kamu.

 

Kamu tentunya bisa memanfaatkan tabungan ini untuk mengumpulkan dana untuk tujuan tertentu. Misalnya dana untuk pendidikan, jalan-jalan, beli kendaraan atau rumah, dan berbagai macam tujuan lainnya.

 

4. Bunga yang Ditawarkan Lebih Besar

Bunga yang ditawarkan tabungan digital lebih besar dari tabungan konvensional, yakni sekitar 5% setiap tahunnya. Sedangkan tabungan konvensional umumnya menawarkan bunga nggak lebih dari 3%.

 

Nilai suku bunga yang lebih besar pastinya akan lebih menggiurkan. Semakin besar nilai tabungan kamu, maka keuntungan yang kamu peroleh dari suku bunga juga akan bertambah lebih besar.

2

 

 

 

Mobile Site CTA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Transaksi Mudah dan Menghemat Waktu

Dengan menggunakan tabungan digital, kamu akan memiliki kemudahan dalam melakukan berbagai macam transaksi. Kamu nggak perlu menyediakan waktu ke bank untuk mengurus berbagai transaksi, cukup dengan menggunakan smartphone, kamu bisa menyelesaikannya dengan lebih cepat dan lebih praktis. Kamu bisa menghemat waktu lebih banyak ketimbang harus capek-capek ke bank.

 

Artikel Terkait: Memahami manajemen keuangan yang cerdas.

  1. Tiru 5 Keputusan Finansial yang Diambil Para Perempuan Cerdas
  2. 6 Alasan Penting Perempuan Wajib Mandiri Secara Finansial
  3. 8 Langkah Mengatur Keuangan saat Pertama Kali Mencoba Budgeting

 

Tabungan digital sepertinya menarik ya? Namun tentunya, layanan tabungan digital ini masih disesuaikan dengan tabungan konvensional dan peraturan Otoritas Jasa Keuangan.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett