Beranda > Finansial > 5 Tips Agar Tetap Bisa Menabung Walau dengan Gaji UMR

5 Tips Agar Tetap Bisa Menabung Walau dengan Gaji UMR

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
5 Tips Agar Tetap Bisa Menabung Walau dengan Gaji UMRwatermark

TUNAIKU.COM – Setiap hari, yang ada itu kebutuhan bukannya berkurang, tapi semakin bertambah. Sedangkan penghasilan dari kantor yang diperoleh segitu-gitu aja. apalagi kalau bekerjanya di kota kecil dengan UMR yang rendah. Wah, harus terima nasib kalau bakal susah menabung.

 

Bergaji UMR memang jadi tantangan saat menabung. Karena alasan gaji yang kecil, kebutuhan yang terus bertambah, menabung pun jadi susah dilakukan. Namun, apakah menabung itu memang susah dilakukan?

 

Pasalnya, mau berapapun gajimu, entah itu sesuai UMR, di bawah UMR, atau bahkan di atas UMR, kamu tetap harus menabung. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa tetap menabung berapapun besarnya gajimu.

 

1. Menurunkan gaya hidup

Saya masih ingat betul apa yang dikatakan oleh senior syaa waktu bekerja di bank dulu. Dalam nasihatnya, memuat pesan bahwa kondisi finansial itu pada dasarnya nggak dipengaruhi oleh besarnya gajimu, tapi besarnya pengeluaranmu. Sedangkan kalau melihat realitas yang ada sekarang, pengeluaran di sini berkaitan dengan gaya hidup.

 

Jadi mau gaji UMR ataupun jauh melebihi UMR ya sama saja, kalau gaya hidupmu terlalu tinggi. Justru yang bergaji lebih banyak akan kalah dengan mereka yang bergaji di bawah UMR karena gaya hidup yang pas-pasan tanpa mengenyampingkan unsur kesejahteraan. Jadi, biar kamu bisa menabung, yuk turunkan gaya hidupmu!

 

2. Arisan

Cara ini terbukti ampuh buat mengontrol pengeluaranmu. Arisan juga jadi sarana kamu menabung dan tolong menolong. Nggak perlu banyak-banyak, kamu bisa memulai dari seratus ribu bahkan di bawahnya. Oh ya, pastikan tanggal arisan adalah tanggal muda yang masih dekat dengan tanggal gajian, ya. Kalau saya dengan teman kantor, begitu tanggal 2 gajian, ya tanggal itu kami bayar arisan, hehe.

 

3. Menabung di celengan setiap hari

Cara ketiga ini mungkin terkesan kuno atau jadul. Namun, jangan salah! Buat beberapa orang yang masih menerapkan cara ini, efeknya sangat terasa. Saya pernah mendengar cerita orang tua teman saya yang setiap harinya menabung di celengan ayam, entah itu uang receh atau kertas. Keajaiban terjadi. Orang tuanya bisa umroh dengan uang itu!

 

Artikel terkait: Cara mengatur keuangan

  1. Ini Dia Cara Mengatur Keuangan Sesuai Golongan Darah
  2. 7 Cara Mengatur Keuangan agar Bisa Tetap Hidup Nyaman di Kota Besar
  3. Ini Cara Mengatur Keuangan yang Harus Fresh Graduate Ketahui

 

Sebaiknya kamu kembali menerapkan cara ini. Pastilah kamu memiliki yang receh sisa parkir atau jajan. Kadang memang susah menyimpannya. Daripada hilang, lebih baik kamu masukkan ke celengan. Mungkin efeknya nggak langsung, tapi kamu akan tertolong saat kamu membukanya nanti.

 

4. Ikut program tabungan berencana

Yang namanya menabung memang harus dipaksa keadaan. Bahkan, terkadang tabungan entah itu di rumah atau pun di bank bakal nggak aman karena tanganmu selalu gatal untuk mengambilnya. Selain itu, kamu juga nggak rutin. Kalau kondisi ini terjadi, sebaiknya kamu mengikuti tabungan berencana.

 

Dalam tabungan berencana kamu akan masuk pada skema di mana setiap bulan kamu diwajibkan rutin menabung dalam nominal tertentu selama jangka waktu yang sudah kamu pilih. Mau nggak mau kamu harus tertib karena kalau sampai kamu nggak menabung, kamu akan terkena denda pinalti. Sebaliknya kalau nanti sudah diambil, tabunganmu akan bertambah karena adanya bunga.

 

5. Ikut program tabungan emas

Indonesia memang nggak bisa terbebas dari yang namanya inflasi. Kadang bunga tabungan pun nggak bisa menyesuaikan besarnya inflasi. Nah, sudah saatnya kamu ikut program tabungan emas. Kamu nggak perlu ratusan ribu, kok. Kamu bahkan bisa memulainya dari Rp50 ribu. Asal rutin, saya yakin akhirnya kamu bisa mendapatkan investasi emas ini!

 

Artikel terkait: Investasi yang nggak tergerus inflasi

  1. Selagi Muda, Coba 5 Investasi Tak Tergerus Inflasi Ini!
  2. Ingin Investasi Properti Tetapi Modal Sedikit? Begini Cara Mengakalinya!
  3. Belanja Sembari Investasi, Ini Barang yang Bisa Kamu Pilih!

 

Itu dia cara menabung meskipun bergaji pas-pasan. Kalau kebetulan gajimu pun hanya UMR, ada baiknya menerapkan cara di atas, ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett