Beranda > Finansial > 5 Hal Terkait Pengaturan Keuangan yang Malah Bikin Makin Boros

5 Hal Terkait Pengaturan Keuangan yang Malah Bikin Makin Boros

NOBERTA JEANIENoberta Jeanie
5 Hal Terkait Pengaturan Keuangan yang Malah Bikin Makin Boroswatermark

TUNAIKU.COM –  Kemampuan dalam mengelola keuangan bisa sangat berpengaruh pada hidup kita. Memang, hidup cuma sekali, jadi harus dinikmati. Namun, kalau itu justru membuatmu hidup dengan keborosan dan nggak punya tabungan, bagaimana kamu bisa bahagia? Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai belajar bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik.

 

Artikel Terkait: Tips Mengatur Keuangan

  1. 7 Cara Mengatur Keuangan agar Bisa Tetap Hidup Nyaman di Kota Besar
  2. Ini Cara Mengatur Keuangan yang Harus Fresh Graduate Ketahui
  3. 12 Kebiasaan Mereka yang Dewasa dalam Mengatur Keuangan

 

Ada beberapa kebiasaan yang bisa mulai kamu lakukan untuk lebih berhemat, misalnya dengan membuat rencana pengeluaran di awal bulan atau dengan memisahkan beberapa persen dari penghasilan untuk ditabung. Namun, kamu juga perlu berhati-hati dengan beberapa kebiasaan di bawah ini, ya. Bahkan, satu di antaranya adalah kebiasaan yang terlihat hemat tapi justru bikin kamu tambah boros. Apa sajakah itu? Simak infonya di bawah ini.

 

1. Pola Hidup Cash-less

Saat ini, pola hidup cash-less memang sedang booming. Meski tanpa membawa uang tunai, setiap orang bisa membeli barang dengan mudah. Munculnya berbagai sistem transaksi elektronik seperti debit, kredit, Flazz, e-money, Go-Pay, OVO, T-Cash, dan lain-lain membuat sistem pembayaran jadi lebih praktis.

 

Awalnya, pola seperti ini terkesan hemat. Bukan hanya karena berbagai promo yang ditawarkan, kamu juga nggak mudah tergiur untuk beli barang sembarangan karena nggak menyimpan uang tunai. Namun, ternyata pola hidup cash-less ini membuat keuanganmu tidak terkontrol. Seringkali, tanpa sadar kamu sering gesek kartu kredit atau debitmu, sering tapping dengan Flazz dan e-money-mu atau bolak balik isi saldo Go-Pay dan T-cash untuk membeli camilan. Nah, jadi makin boros, kan!

 

Oleh karena itu, mulai sekarang mulai batasi pola cash-less ini, ya.

 

2. Senang Berjalan Tanpa Tujuan

Suasana hatimu yang sedang galau, membuatmu ingin kabur sebentar. Kamu pun pergi keluar dan seringkali tanpa tujuan. Nah, kalau kamu sering melakukan ini, maka jangan dibiasakan, ya. Hal itu dikarenakan kebiasaan ini bisa bikin kamu boros nggak karuan.

 

Misalnya, secara spontan kamu masuk bioskop dan nonton film. Setelah nonton kamu lapar dan beli makanan, lalu selesai makan, kamu masuk supermarket untuk beli stok camilan di rumah. Lalu kamu lanjut pergi ke mana, mampir ke mana, dan baru pulang saat uang di dompet tinggal sisa sedikit.

 

Sebelum akhirnya menyesal, kamu harus selalu ingat bahwa pergi tanpa tujuan bisa membuatmu kalap mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya nggak dibutuhkan.

 

3. Lebih senang berbelanja di mall daripada toko kecil dan pasar

Sama halnya dengan poin kedua. Berbelanja di mall besar dengan berbagai counter di dalamnya akan membuatmu hilang arah dan nggak fokus dengan tujuan awal sebelum berbelanja. Kamu pun akan mampir-mampir ke berbagai bagian dan berakhir dengan belanja barang yang nggak kamu butuhkan.

 

Untuk menyiasati hal ini, maka kamu bisa membiasakan diri untuk berbelanja di toko-toko kecil atau pasar. Misalnya, kalau kamu butuh alat tulis, maka kamu bisa membelinya di warung dekat rumah, minimarket, atau di tempat foto copy. Dengan begitu, kamu hanya akan membeli barang yang memang kamu butuhkan.

 

4. Belanja dengan Sistem Kredit

Berbelanja dengan sistem kredit memang menggiurkan. Kamu bisa mendapat barang yang kamu inginkan, dengan cicilan per bulan yang jumlahnya nggak terlalu besar. Belum lagi kalau ada promo yang diberikan. Namun, kamu harus pintar-pintar memanfaatkannya. Karena, kalau kamu nggak berhati-hati, bukannya untung, kamu justru bisa jadi buntung.

 

Oiya, belanja dengan sistem kredit ini juga bisa membuatmu belanja barang-barang yang sebenarnya nggak mampu kamu beli. Tergiur dengan cicilannya yang rendah, akhirnya kamu membeli barang yang sebenarnya terlewat mahal. Alhasil, kamu pun tersiksa dengan lamanya periode cicilan.

 

5. Nggak Melakukan Evaluasi Belanja

Dalam hal apapun, evaluasi itu perlu agar kamu nggak mengulangi kesalahan yang sama. Demikian pula dalam mengelola keuangan. Tanpa evaluasi kamu nggak akan pernah belajar bagaimana mengelola keuangan yang baik.

 

Artikel Terkait: Mengatur Keuangan Bagi Pasangan

  1. Untuk Pengantin Baru, Hindari 10 Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan Ini!
  2. Lakukan Hal Ini Kalau Pasanganmu Nggak Bisa Mengatur Keuangan dengan Baik
  3. 10 Tanda Kebiasaan Mengatur Keuangan Pasangan Mulai Mengkhawatirkan

 

Itulah lima kebiaasaan yang perlu kamu hentikan kalau ingin mulai hidup hemat dan nggak boros. Silakan mencoba!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett