Beranda > Karier Sukses > 6 Tips Agar Sukses Adaptasi dengan Atasan Lebih Muda

6 Tips Agar Sukses Adaptasi dengan Atasan Lebih Muda

TUNAIKU
6 Tips Agar Sukses Adaptasi dengan Atasan Lebih Mudawatermark

TUNAIKU.COM – Dunia memang nggak selalu sama dengan apa yang kita pikirkan. Seperti yang saya alami di tempat kerja, ketika saya memiliki bos yang “unik.” Bayangkan saja, saya harus adaptasi dengan atasan lebih muda untuk mendapatkan pekerjaan layak. Bukan hanya terhadap pribadinya, namun juga aturannya. Bagaimana saya bisa mengatasinya? Simak info lengkapnya di sini

 

1. Perhatikan bahasa tubuhmu

Atasan yang lebih muda cenderung energik dan berpikir kreatif. Mereka nggak hanya menilai kualitas pekerjanya, namun juga bahasa tubuh pekerjanya. Biar nggak canggung, posisikan saja umurmu sama dengan umurnya. Punya aktivitas sama, yakinkan diri kalau kamu lebih memiliki kemampuan daripada dirinya. Dengan begitu, kamu akan lebih percaya diri.

 

2. Asumsikan kalau bos mu adalah orang yang tepat untuk pekerjaanmu

Semua orang berharap punya bos yang lebih senior, baik dari segi umur maupun pengalaman. Itu dulu. Sekarang hampir di berbagai bidang mulai disusupi oleh kalangan eksekutif yang masih berumur muda. Jangan dulu menilai seseorang berdasarkan umurnya. Kenyataannya, bosmu yang sekarang mampu membangun dinastinya sendiri.

 

Artikel terkait: Risiko dalam bekerja

  1. Kantor Terlalu Jauh dari Rumah, Ini 8 Risiko yang Mengancam Kesehatan
  2. Terlalu Cepat Resign Berisiko Membahayakan Kariermu. Simak 7 Alasannya!
  3. Waspada, Ini 7 Risiko Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatanmu

 

3. Tetaplah bekerja secara profesional

Kamu pasti memiliki banyak pengalaman, jadi bekerjalah secara profesional. Nggak peduli seberapa mudanya bosmu. Siapa yang bisa bekerja secara profesional maka dialah yang akan mendapatkan tempat dalam kehidupan ini. Bahkan mungkin di sekitarmu sekarang ada keryawan yang berusia lebih muda dan lebih profesional darimu.

2

 

Ketika kamu bisa bekerja secara profesional maka yang timbul adalah kesetaraan. Bahkan kamu akan mendapatkan penilaian lebih dari bosmu dibandingkan dengan pekerja lainnya. Pada posisi seperti ini, kamu telah mendapatkan pengakuan dari bosmu. Nilai pengakuan ini nggak sembarangan bisa diperoleh oleh pekerja mana pun di dunia ini.

 

4. Jangan mengharapkan perlakuan istimewa untukmu

Gara-gara kamu merasa lebih tua, lalu merasa harus diistimewakan daripada lainnya? Bukan begitu cara adaptasi dengan bos lebih muda darimu. Jangan berharap apa pun dari pekerjaan yang tengah kamu tekuni. Kalau kamu mau berpikir ke depan, pengalaman kerja itulah yang akan membuatmu mendapatkan tempat istimewa dengan sendirinya.

 

Kalau bisa, terapkan aturan prinsip ini dalam hidupmu, “Berikan lebih banyak daripada apa pun yang kamu terima dari orang lain. Secara otomatis kamu mendapatkan tempat yang berharga di hatinya.” Bahkan bukan saja untuk orang itu saja, namun untuk orang-orang di sekelilingmu. Bisa jadi kamu akan dianggap inspirator oleh para karyawan di kantor.

 

Arikel terkait: Hal-hal seputar karier

  1. Pengin Berkarier di Bidang Fashion, Ikuti Tips Sukses dari Fashion Designer Ternama Ini
  2. Baru Lulus dan Bingung Berkarier di Bidang Apa? Ini Dia 5 Tipsnya!
  3. 10 Tips Karier dari Anna Wintour yang Bisa Diaplikasikan Sehari-hari

 

5. Jangan sok keren dan sok dingin

Ingat-ingat kalau posisimu tetaplah menjadi bawahannya. Kendati umurmu lebih tua, bukan berarti kamu bisa seenaknya bersikap pada bos mu. Tetap hormati ia sebagaimana karyawan lain menghormati bosmu. Jangan sampai pekerjaan terbengkalai gara-gara kamu sok keren dan sok dingin. Apalagi muncul sok-sok lainnya.

 

Sekali lagi, posisikan dirimu sederajat dengan bosmu. Kalau kamu saat ini berumur 30 dan bosmu berumur 25 tahun, apa salahnya kalau kamu memiliki pemikiran selayaknya orang yang berumur 25-an tahun? Terapkan juga kiat ini ketika kamu hendak menjalin relasi dengan rekan sekerja yang lebih tua darimu.

 

6. Bersikap asertif

Dalam dunia kerja mana pun pasti ada yang namanya singgungan. Misalnya suatu hari kamu tiba-tiba melakukan sebuah kesalahan dalam pekerjaan. Kamu malu mau mengatakannya pada bosmu gara-gara dia lebih muda. Katakan saja, barangkali bosmu punya penyelesaian yang nggak kamu duga sebelumnya.

 

Semakin bertambah umur seharusnya kita bisa lebih dewasa dalam menyikapi segala situasi. Mengenali style bosmu bukan berarti jadi kekanak-kanakan, namun itu strategi yang cukup ampuh dalam adaptasi dengan atasan lebih muda. Sudah saatnya kamu fokus pada hasil pekerjaanmu daripada memikirkan hal-hal di luar itu.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett