Beranda > Karier Sukses > Baru Lulus dan Bingung Berkarier di Bidang Apa? Ini Dia 5 Tipsnya!

Baru Lulus dan Bingung Berkarier di Bidang Apa? Ini Dia 5 Tipsnya!

NOBERTA JEANIENoberta Jeanie
Baru Lulus dan Bingung Berkarier di Bidang Apa? Ini Dia 5 Tipsnya!watermark

TUNAIKU.COM –  Kelulusan mungkin jadi  salah satu momen yang paling membahagiakan juga membanggakan untukmu. Namun, momen itu juga bisa jadi hal yang membingungkan. Terlebih, jika kamu masih belum punya gambaran ingin ke mana dan berkarier apa setelahnya.

 

Kebingungan yang biasa dihadapi oleh fresh graduate biasanya terjadi karena banyak hal. Ini bisa meliputi tidak kunjung mendapat pekerjaan, bingung harus memilih pekerjaan yang sesuai passion atau sesuai jurusan, serta tuntutan orang tua. Oleh karena itulah, nggak jarang, banyak fresh graduate yang menganggur dalam waktu cukup lama setelah kuliah.

 

Jika masih bingung ingin berkarier di dunia apa, kamu bisa mencoba 5 cara yang sudah saya lakukan di bawah ini, ya.

 

Artikel Terkait: Nggak Perlu Khawatir, Ini Dia yang Perlu Fresh Graduate Siapkan Sebelum Bekerja

  1. Nggak Perlu Minder Jadi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman, Yuk, Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Dapat Kerja!
  2. Tahap Tes Masuk Kerja dan Persiapannya, Fresh Graduate Wajib Baca
  3. Adaptasi di Lingkungan Kerja Memang Tantangan bagi Para Fresh Graduate, tapi Ini Hanya Masalah Waktu, Kok!

1. Temukan dan gali informasi dari orang yang telah lebih dulu bekerja

Cari tahu informasi karier yang ingin kamu tuju lewat orang-orang yang lebih dulu bergelut di sana. Kalau perlu, tanyakanlah kesempatan atau lowongan kerja di sana.

 

Bertanya sana-sini akan membuat kamu tidak terlalu ‘buta’ dalam dunia kerja. Kamu pun mulai bisa memperkirakan kesulitan-kesulitan yang akan mungkin akan dihadapi dan bersiap akan hal itu.

 

2. Mencoba jalur karier lain yang berbeda

Kebingungan setelah lulus kuliah, membuat saya mengambil semua kesempatan yang ada, bahkan magang sekalipun. Jika ditotal, sebelum saya mendapat pekerjaan tetap, saya sudah tiga kali mengambil magang dengan tiga profesi berbeda.

 

Meski banyak yang bilang bahwa itu terlalu membuang waktu, tapi saya tidak pernah merasa rugi, kok. Lumayan, kan, untuk isi waktu luang sebelum mendapat pekerjaan betulan. Daripada menganggur, lebih baik cari-cari pengalaman. Pada akhirnya saya juga menyadari, bahwa magang yang saya lakukan saat itu membantu saya menentukan ‘ke mana’ arah karier yang tepat.

 

3. Jangan menilai rendah dirimu dan terus membandingkannya dengan orang lain

Tidak kunjung mendapat pekerjaan memang akan membuat kamu terus punya pikiran negatif atas diri sendiri. Kurang pintarkah saya? Kenapa orang lain bisa, saya nggak bisa? Jika ini terjadi padamu, berhentilah untuk berpikir seperti itu.

 

Saya pernah bicara dengan seorang teman. Teman yang menurut saya sudah punya karier yang cukup bagus dan aman untuk ukuran fresh graduate. Berbeda dengan yang terlihat dari luar, ternyata dia juga punya kegelisahan dan kegugupan yang sama. Dari pengalaman itulah, saya mulai melihat bahwa setiap orang punya jalan dan kesulitan yang berbeda dan kita nggak bisa membandingkannya satu sama lain.

4. Mengikuti kursus untuk menambah keahlian

Kamu bisa mengambil satu atau beberapa kursus setelah lulus kuliah. Ambillah beberapa kursus yang berbeda dan belum kamu pelajari sebelumnya. Gunanya, selain menambah keahlian, kamu juga bisa lebih mengenal dirimu.

 

Hal-hal apa saja yang membuat kamu senang dan lupa waktu ketika melakukannya? Bidang apa yang selalu bikin kamu penasaran?  Pengetahuan dan keahlian apa yang paling kamu sukai? Adalah beberapa pertanyaan yang mungkin bisa kamu ketahui jawabannya setelah kamu banyak belajar dari berbagai macam hal yang berbeda.

 

Artikel Terkait: Yuk, Kursus Untuk Menambah Keahlianmu

  1. Ingin Nambah Kompetensi Lewat Kursus? Pinjaman dari Tunaiku Bisa Membantu!
  2. 5 Kursus untuk Bekal Masa Depan yang Lebih Baik
  3. Ingin Menambah Skill? Ikuti Kursus Gratis di 5 Situs Berikut

5. Lakukan apa yang menurutmu paling tepat

Terkadang keputusan yang kita ambil memang banyak dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar kita. Jadilah dokter, karena orang tua sudah jadi dokter sebelumnya. Jadilah PNS, karena katanya hidupmu akan terjamin. Jadilah arsitek, karena uang projekannya besar. Pekerjaan yang kita geluti memang memengaruhi gengsi kita di depan orang lain. Namun, apakah gengsi tersebut lebih penting daripada keinginan dan passion?

 

Cobalah untuk memikirkannya lagi. Ingat, kamu-lah yang paling tahu apa yang tepat untuk dirimu.

 

Memang, sih, setiap orang bisa menemukan cara yang berbeda untuk menemukan hal yang tepat untuk dirinya. Namun, nggak ada salahnya, untuk mencoba 5 hal di atas. Siapa tahu, kamu bisa segera menemukan karier yang tepat setelahnya. Selamat mencoba.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

KTA

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett