Beranda > Karier Sukses > 10 Tips Karier dari Anna Wintour yang Bisa Diaplikasikan Sehari-hari

10 Tips Karier dari Anna Wintour yang Bisa Diaplikasikan Sehari-hari

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
10 Tips Karier dari Anna Wintour yang Bisa Diaplikasikan Sehari-hariwatermark

TUNAIKU.COMAnna Wintour. Seperti yang diakui Forbes: “the most powerful woman in media”. Ia juga pantas menyandang predikat “the most iconic fashion icon”. Saking ikonisnya, terlebih lewat sifat dan pembawaan, ia diduga menjadi sosok di balik tokoh Miranda Priestly, tokoh di The Devil Wears Prada, sebuah film romantis-komedi modern paling terkenal.

 

Jauh sebelum menjabat sebagai Editor in Chief Vogue, Wintour memulai karier di dunia fashion di Harper’s & Queen, London. Seiring berjalannya tahun, Wintour mendaki tangga kariernya di dunia media dan berpindah dari satu penerbit ke penerbit di dua kota mode, New York dan London. Pada tahun 1976, masih di usia kepala dua, Wintour menetap di New York dan menjabat sebagai fashion editor di Harper’s Bazaar dan pindah ke Viva beberapa tahun setelahnya. Di sinilah Wintour, di usia yang relatif muda, mulai menjadi seorang editor dan manajer high-end fashion.

 

Pada tahun 1988, Wintour ditarik kembali ke New York untuk menyelamatkan wajah Vogue, yang waktu itu hampir terjerembap dilindas Elle, nama baru di industri majalah fashion. Di tiga puluh tahun kepemimpinannya, Vogue pun kembali merebut posisi sebagai bible fashionista dunia.

 

Keputusan yang ia ambil nggak hanya menyelamatkan Vogue sebagai majalah fashion. Tapi  juga sedikit banyak menggubah pakem dan tren yang waktu itu berjalan.  Mengangkat nama para desainer, sebut saja Marc Jacobs dan Alexander McQueen.

 

Long story short, hingga kini nama Anna Wintour menjadi salah satu persona yang dipuja. Sosok  perempuan karier modern, dengan kepribadian yang walaupun nggak semua orang bisa menerima. Wintour memang dikenal dingin, keras kepala, cukup intimidatif, dan kontroversial bagi para karyawannya. Namun, di balik itu, pantas diakui bahwa Wintour memang punya kualitas dan prinsip yang patut dicontoh.

 

Sepuluh di antaranya adalah sebagai berikut!

 

Artikel Terkait: Sosok Perempuan Modern Kuat Dan Inspirasional!

  1. Simak 10 Rahasia Kesuksesan CEO Perempuan Dunia Berikut Ini!
  2. Tiru 7 Tips Sukses dari Sophia Amoruso #GIRLBOSS agar Berhasil dalam Karier
  3. Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Ikuti 4 Tips Sukses ala J.K. Rowling Ini!

 

1. Belajar dari para ahli

Untuk menjadi sukses kamu nggak harus langsung menjadi atasan. Belajarlah terlebih dahulu. Menjadi bawahan bukanlah hal yang buruk. Pun sebelum kamu memutuskan untuk memulai start up, mengapa nggak coba menjadi karyawan di startup yang sudah sukses untuk belajar dari para pendirinya?

 

2. Rencanakan tujuan jangka panjang

Di  zaman modern ini, siapa pun bisa bisa melejit hanya gara-gara postingan di Instagram atau Twitter. Namun, hal ini nggak seharusnya menjadi goals. Menurut Wintour, goals sejati itu adalah untuk menjamin kesuksesan finansial dalam jangka panjang –bukan dalam hitungan hari atau tahun.

 

3. Kepribadian dan penampilan itu, penting

Mau nggak mau, orang-orang akan menilaimu dari penampilan luar terlebih dahulu, kan? Kamu harus berani berbicara, harus pandai membawa diri, harus tahu menyampaikan apa yang kamu yakini, sekaligus meyakinkan lawan bicara. Hal ini berlaku saat misalnya kamu harus berhadapan dengan bos, klien, atau calon investor. Wintour bilang, “If you can’t be passionate about who you are and what you are doing: how can they [your audience] be?”

 

4. Bekerjalah, meskipun bukan pekerjaan impianmu

Mimpimu menjadi seorang penulis. Namun, realita dan tuntutan kebutuhan hidup mendaratkanmu menjadi seorang teller bank. Nggak apa-apa, kok. Kamu tetap bisa kan, menjalani passion di sela-sela waktu? Pada akhirnya, pekerjaan yang menjadi pemasukan akan sangat menolong, kok.

 

5. Cintai apa yang kamu lakukan

Sekali lagi, meskipun pekerjaanmu sekarang bukanlah yang kamu impikan, setidaknya miliki sense of belonging dengan apa yang kamu lakukan. Tujuannya, agar kamu sebisa mungkin bekerja dengan hati.

 

6. Pastikan bahwa kamu memiliki mentor

Mentor nggak harus berarti atasan. Mentor adalah seseorang yang bisa kamu ajak berdiskusi apa pun, ide-ide dan hal-hal kreatif yang ingin kamu utarakan. Di kantormu, adakah sosok yang kamu anggap mentor?

 

7. Mengasah insting dan berani berpendapat

Wintour sangat selektif memilih tim. Ia lebih menyukai mereka yang punya insting, berani berpendapat, dan menyuarakannya. Jika kamu adalah seorang bos, berikan kebebasan dan kepercayaan pada anak buahmu, dan lihat bagaimana hasil kerjanya.

 

8. Berani memutuskan bahkan saat kamu merasa ragu

Wintour pernah berkata, “Even when I am completely unsure, I’ll pretend to know exactly what I’m talking about and make a decision.”

 

Dengan kata lain, fake it till you make it. Karena sesungguhnya sembari meyakinkan orang lain, kamu juga sekaligus sedang meyakinkan diri sendiri. Right?

 

9. Pastikan bahwa orang paham apa maksudmu

Seperti poin ketiga, saat sedang berbicara dengan siapa pun, pastikan bahwa kamu berbicara dengan intonasi yang jelas, dengan bahasa yang mudah dipahami. Nggak ada gunanya menggunakan istilah-istilah asing jika lawan bicaramu nggak dong apa yang kamu sampaikan. Seperti salah satu prinsip yang dipegang Anna, “The most important thing  I can do is to make myself very understood”.

 

Artikel Terkait: Menjadi Pribadi yang Lebih Baik, Lebih Profesional

  1. Tampil Profesional Itu Mudah, Kok! Ssst…Ini Rahasianya
  2. Hati-Hati, Posting Hal Berikut di Media Sosial Bisa Membahayakan Kariermu
  3. Ingin Sukses Wawancara Kerja? Kenakan 3 Warna Pakaian Ini!

 

10. Berani ambil risiko

Riset, perhitungan, dan analisis memang krusial. Namun, pada akhirnya kamu pasti akan mengikuti insting Misalnya, saat memutuskan jenis bisnis apa yang ingin kamu mulai, atau ketika harus menentukan strategi pemasaran produkmu. Jadi, buat keputusan dan tanggung risikonya. Be fearless!

 

Setelah membaca 10 tips dari Nyonya Anna Wintour ini, apakah kamu kembali bersemangat?

 

Saya akui, meniti karier memang nggak semanis motivation quote dari siapa pun itu. Ada banyak tantangan dan halangan yang sekiranya bisa melemahkan semangat atau bahkan mematahkan cita-cita. Namun, hal terkecil yang bisa kamu lakukan adalah menjaga nyala api yang ada di hatimu.  Dengan berbagai cara yang kamu bisa.

 

Semangat, ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan. amar bank indonesia

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett