Beranda > Gaya Hidup > Kantor Terlalu Jauh dari Rumah, Ini 8 Risiko yang Mengancam Kesehatan

Kantor Terlalu Jauh dari Rumah, Ini 8 Risiko yang Mengancam Kesehatan

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Kantor Terlalu Jauh dari Rumah, Ini 8 Risiko yang Mengancam Kesehatanwatermark

TUNAIKU.COM – Rutinitas bekerja setiap hari tentu membuat tubuh dan pikiran lelah. Normalnya, kelelahan ini dirasakan oleh semua pekerja yang setiap hari membanting tulang. Selain aktivitas di kantor dengan semua pekerjaan, ternyata jarak kantor dengan rumah pun dapat menjadi beban untuk fisikmu.

Jika tidak diatasi maka tentunya kesehatanmu akan mudah terganggu. Menempuh jarak yang cukup jauh ke tempat kerjamu setiap harinya pasti memiliki risiko. Salah satunya apabila kesehatanmu mulai terganggu maka performa dan produktivitas kerja pun menurun.

 

Nah, agar kamu semakin tahu dan bisa meminimal risiko sebaiknya ketahui ancaman kesehatan bagi tubuhmu apabila kantormu terlalu jauh dari rumah.

 

Artikel terkait: Cegah resiko kesehatan lainnya dengan tips-tips berikut!

  1. Musim Penghujan, Begini Cara Ampuh Cegah Penyakit Langganannya
  2. 7 Cara Mengatasi Kaki Sakit karena Terlalu Lama Memakai High Heels
  3. 5 Gerakan Olahraga Ringan Saat di Mobil, Cocok Dilakukan Saat Terjebak Macet

1.Kurang tidur

Karena kamu harus menempuh perjalanan cukup jauh, kamu pasti bakal menentukan estimasi waktu untuk sampai ke tempat tujuan. Misal 30 menit atau 1 jam lebih awal, kamu sudah harus berangkat ke kantor. Hal ini tentunya memotong jam tidurmu. Oleh karena itu, kurangi risiko kesehatan dengan mengusahakan untuk tidur lebih awal, supaya jumlah jam tidurmu nggak berkurang.

 

2. Berat badan naik

Kamu seringkali nggak sempat sarapan karena harus bergegas berangkat lebih pagi. Mau nggak mau kamu membeli makanan cepat saji dan berkalori tinggi untuk mengganjal perutmu. Sementara itu, berlama-lama duduk atau berdempetan di dalam kereta/mobil akan membatasi ruang gerakmu, bertambahlah risiko kesehatanmu. Hal ini berpotensi menikkan berat badanmu. Mulailah untuk menyempatkan diri membuat sarapan dengan bahan yang lebih sehat. 3.Kadar gula darah meningkat

 

3. Kadar gula darah meningkat

Kalau kamu berkendara bolak balik ke tempat kerja dengan jarak tempuh sekitar 16 km, maka kadar gula darahmu akan meningkat dari biasanya. Dugaan ini sesuai dengan sebuah penelitian dari University School of Medicine dan Institute Cooper. Kamu bisa mulai membiasakan diri mengkonsumi makanan berserat untuk mengatasinya.4.Meningkatnya tekanan darah

 

4. Meningkatnya tekanan darah

Tekanan darah meningkat bisa dipicu oleh berbagai hal yang kita alami saat perjalanan jauh ke kantor. Misalnya ketika terjebak macet, kamu mungkin cemas nggak akan sampai tepat waktu di kantor, ditambah kamu mulai kepikiran soal kerjaan yang belum kelar atau takut kena marah atasan karena berangkat telat. Kalau sudah begini, lama-lama kamu bisa stress dan memicu tekanan darahmu meningkat.5.Sakit leher kronis

 

5. Sakit leher kronis

Menurut jajak pendapat Gallup tahun 2010, pekerja yang menghabiskan waktu perjalanan ke kantor lebih dari 90 menit, dapat menimbulkan sakit leher dan punggung yang sulit mereda. Waktu yang dihabiskan untuk duduk dan berdiri mempengaruhi potensi risiko kesehatan ini. Untuk mengatasinya, kamu bisa belajar duduk tegak dengan tulang punggung yang baik dan kepala tegak sejajar bahu.

 

6. Mudah depresi

Pekerja yang biasa mengendarai kendaraan pribadi dan transportasi umum, memiliki kesejahteraan mental yang lebih rendah. Sebab waktu mereka habis untuk perjalanan ke kantor dengan jarak sekitar 16 km. Hal ini dapat memunculkan risiko kesehatan seperti depresi yang lebih tinggi. Fakta ini berdasarkan penelitian dari University School of Medicine di Saint Louis dan Institut Cooper di Dallas.

 

7. Polusi udara

Selama perjalanan, pekerja dengan kendaraan umum maupun pribadi akan tetap terpapar polusi yang cukup tinggi. Ini tentu menimbulkan bibit-bibit penyakit yang dapat mengganggu penglihatan dan pernapasan. Oleh sebab itu, baiknya kamu siap sedia masker dan obat-obatan lain yang dapat mengurangi risiko kesehatan akibat polusi udara.

 

8. Kepuasan dan kebahagiaan menurun

Risiko kesehatan lainnya dari sebuah temuan dari Office for National Statistics di Inggris mengatakan bahwa mereka yang kantornya cukup jauh, cenderung memiliki kepuasan dan kebahagiaan yang makin berkurang. Kamu mungkin akan merasa bahwa hidup mulai nggak bermakna. Solusinya, kamu bisa tentukan waktu luang untuk refreshing di akhir pekan.
Nah, sudah tahu berbagai risiko kesehatan yang bisa membahayakanmu kan?Mengais rezeki memang perlu, tetapi utamakan kesehatan tubuhmu juga ya!

Artikel terkait: Berbagai bentuk hiburan yang bisa kurangi resiko kesehatanmu!

  1. Cobain 7 Es Kopi Kekinian Ini Enak dan Siap Usir Kantukmu
  2. 5 DIY Masker yang Gampang dan Murah untuk Mengatasi Kulit Berminyak
  3. Usir Stres dan Kejenuhan, Coba 8 Trik Mudah Ini

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

4

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett