Beranda > Gaya Hidup > Waspada, Ini 7 Risiko Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatanmu

Waspada, Ini 7 Risiko Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatanmu

Waspada, Ini 7 Risiko Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatanmuwatermark

TUNAIKU.COM – Iya benar, duduk terlalu lama bisa berbahaya untuk kamu. Selain bisa menyebabkan penyakit di tubuh, kelamaan duduk juga nggak bagus untuk kesehatan mental, lho. Sudah banyak sebenarnya penelitian yang mengungkapkan hal ini. Bahkan beberapa pakar menyebutkan kalau kebanyakan duduk itu sama berbahayanya dengan menjadi pecandu rokok.

 

Efek dari kelamaan duduk berhubungan dengan sistem metabolisme. Jika dilakukan dalam jangka panjang bisa meningkatkan resiko penyakit berat tertentu. Beberapa contohnya, yaitu bikin sirkulasi darah jadi nggak lancar, memperlambat pemecahan lemak, hingga mengakibatkan otot terasa pegal, kaku, dan kram.   

 

Coba saja hitung berapa banyak kamu duduk dalam sehari. Sebagai informasi, dalam satu hari, orang dewasa biasanya bisa menghabiskan 10 jam waktunya untuk duduk–mulai dari bekerja, menonton televisi, makan siang, nongkrong, hingga bepergian. Bahkan, olahraga pun kadang maunya yang duduk. Jadi, seandainya kamu berolahraga, bahaya dari kelamaan duduk ini masih tetap menghantui, lho.

 

Terlepas dari beberapa kondisi di atas, inilah 7 hal yang berisiko terjadi sama kamu kalau kamu kelamaan duduk. Semoga saya dan kamu dihindari ya dari resiko penyakit seperti ini.

 

 

Artikel Terkait: Kesehatan Juga Butuh Jaminan!

  1. Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Tetap Olahraga Walau Sibuk Kerja
  2. Deteksi Kesehatan Lebih Dini: Biaya Berat di Awal, Ringan di Akhir
  3. Yuk, Tingkatkan Mutu Kesehatanmu dan Keluarga dengan KTA!

1. Penyakit jantung

Sepertinya, penyakit jantung adalah risiko terlalu lama duduk yang umum diketahui orang. Bagaimanapun, ketika kamu duduk lama, tubuh akan lebih lambat menjalankan metabolismenya. Hal ini akan berdampak pada banyaknya lemak yang menumpuk otot dan pembuluh darah. Jika berlangsung lebih lama, maka lemak akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan gangguan jantung.

2. Kanker

Iya, kanker. Dalam sebuah penelitian terbukti kalau duduk terlalu lama bisa menyebabkan risiko penyakit kanker payudara, rahim, dan usus besar. Beberapa bahaya kesehatan duduk berjam-jam juga bisa mengembangkan corpus uteri, kanker jantung dan ovarium.

3. Diabetes

Duduk berjam-jam hanya akan merugikan kemampuan tubuh dalam menangani gula darah. Ini menyebabkan sensitivitas insulin berkurang. Padahal, insulin ini yang bertanggung jawab membawa glukosa dari darah ke dalam sel dan kemudian digunakan untuk energi. Ketika pankreas tidak bisa memproduksi insulin, tubuh kekurangan “asupan” sehingga mengakibatkan ada banyak gula di tubuh. Nah, jika hal ini terjadi terus menerus maka risikonya adalah penyakit diabetes.

 

 

 

1

4. Penurunan fungsi otak

Terlalu banyak duduk hanya akan mengakibatkan penurunan fungsi otak. Penyebabnya, lantaran otak nggak mendapatkan asupan darah dan oksigen yang cukup berkualitas. Berbeda halnya, ketika tubuh kamu aktif.  

5. Penyakit pembekuan darah

Terlalu banyak duduk, menghalangi kamu–khususnya bagian kaki–melakukan banyak aktivitas. Nah, beberapa risiko yang bisa muncul, yakni pergelangan kaki yang membengkak, hingga muncul varises di sekitar bagian kaki. Adapun jika dilakukan dalam jangka panjang, hal tu bisa menyebabkan pembekuan darah dan lagi-lagi: meningkatkan risiko penyakit jantung. Makanya, kalau kamu sering kesemutan ketika duduk, ada baiknya mulai aktif bergerak dan mengurangi kebiasaan duduk, ya.

 

 

 

Artikel Terkait: Meningkatkan Kualitas Hidup dengan Perubahan Gaya Hidup

  1. 5 Cara Murah Meriah Turunkan Berat Badan
  2. Yuk, Perbaiki 5 Hal Ini Agar Tidak Merasa Jompo di Usia Muda
  3. Fast Food: Makanan Favorit Saat Deadline, Solusi Cepat Menuju Obesitas

6. Komplikasi pencernaan

Bagaimanapun, duduk terlalu lama juga bersinggungan dengan masalah pencernaan. Pasalnya, posisi duduk sendiri–akan menyebabkan tekanan yang sangat besar untuk isi perut. Jika dilakukan dalam waktu lama, tekanan ini akan membuat sistem pencernaan kamu jadi lebih lambat dari biasanya. Beberapa tandanya, yaitu perut kembung, kram, sembelit, mulas, dan buang gas!

7. Gangguan postur tubuh

Duduk berlebihan pun berhubungan dengan postur tubuh kamu, lho. Memang, gangguannya nggak akan langsung muncul dalam waktu dekat. Namun, bukan tidak mungkin akan muncul kalau kamu nggak juga mengubah kebiasaan duduk terlalu lama.

 

Biasanya, gangguan yang paling sering terjadi yaitu sakit berlebihan pada leher, bahu, gangguan sendi belakang, hingga perubahan postur tulang belakang.

 

Gimana, risikonya seram, kan? Makanya, yuk, mulai dijaga kebiasaan duduk terlalu lama supaya kamu terhindar dari penyakit-penyakit di atas!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


AGUSTO REYNALDO

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett