Beranda > Karier Sukses > 7 Hal Rutin yang Akan Membuatmu Sukses di Kemudian Hari

7 Hal Rutin yang Akan Membuatmu Sukses di Kemudian Hari

ARUNDHATI LEIKAArundhati Leika
7 Hal Rutin yang Akan Membuatmu Sukses di Kemudian Hariwatermark

TUNAIKU.COM-Setiap hari, biasanya saya bangun pukul enam pagi. Seperti sebagian besar orang lain di dunia, hal pertama yang saya lakukan adalah meraih smartphone untuk mengecek jam lalu menyaring beberapa percakapan penting di grup WhatsApp kantor. Hal ini biasanya berlangsung sekitar lima menit. Lalu, saya bangun dari tempat tidur dan meminum satu gelas penuh air putih hangat kemudian sarapan.

 

Dulu, saya nggak percaya dengan kebiasaan. Namun, ternyata kebiasaan yang saya bangun bertahun-tahun lamanya tersebut membawa saya pada badan yang sehat serta kulit yang bersinar. Kata orang kan kalau tubuh mengonsumsi air yang cukup, bakal berpengaruh pada kesehatan badan dan kulit.

 

Ketika kamu sudah menginjak usia dewasa, ada beberapa hal rutin yang perlu kamu lakukan sebelum memulai aktivitas. Kebiasaan ini bukan sekadar kegiatan monoton yang membuat kamu jadi lebih disiplin, melainkan sebuah bekal yang berpotensi untuk mendukung kamu meraih kesuksesan. Apa saja? Yuk simak tips berikut ini.

 

1. Bangun sesuai jam biologis

Manusia memiliki jam biologis yang berbeda-beda. Bisa jadi sahabat atau pasanganmu bangun pukul empat pagi, sementara pukul segitu kamu masih melayang-layang di awan mimpi. Apa ini artinya kamu orang yang malas bangun pagi? Nggak juga. Untuk bisa bangun pagi, kamu perlu mengenali jam biologis tubuh kamu.

 

Hal ini perlu supaya kamu bisa mencocokkan dengan jam tidur saat malam. Misalnya, kamu ingin bangun jam 6 pagi maka paling nggak kamu harus tidur jam 10 malam supaya kamu mendapat delapan jam yang cukup untuk beristirahat. Lakukan hal ini dengan konsisten sampai tubuh kamu terbiasa dengan pola waktu tersebut.

 

Artikel Terkait: Tanaman untuk kesehatan dan estetika rumah tinggal.

  1. Percantik Rumah dengan Menanam 5 Tanaman Merambat ini
  2. 6 Jenis Tanaman Hias yang Tengah Tren dan Mempercantik Rumah
  3. 7 Tanaman Anti Stres yang Cocok Ditanam di Rumah

 

2. Lakukan persiapan sebelum tidur

Tips lain yang bisa kamu jadikan rutinitas adalah mempersiapkan keperluan pada malam hari sebelumnya. Apakah itu buat pekerjaan, kuliah, piknik, atau liburan ke luar kota. Siapkan buku, pakaian, laptop, dan hal lainnya yang memang kamu butuhkan. Hal ini baik kamu lakukan supaya nggak terburu-buru keesokan harinya. Kalau hal ini menjadi rutinitas kamu maka kamu bisa bangun pagi tanpa harus tertekan atau buru-buru memulai hari.

 

3. Hindari makanan yang mengganggu kualitas tidur

Ada makanan atau minuman tertentu yang mengganggu kualitas tidur. Contohnya, kafein, minuman bersoda, gorengan, ataupun makanan berat yang disantap menjelang tidur. Sebaliknya, usahakan sudah makan malam tiga jam sebelum kamu tidur. Kalaupun ingin ngemil, pilihlah kudapan yang nggak memberatkan proses metabolisme tubuh saat kamu tidur, seperti buah atau kacang-kacangan. Hindari juga meminum kopi, teh, atau minuman beralkohol karena bakal mengurangi kualitas tidurmu dengan sangat signifikan.

 

4. Jangan main gawai di tempat tidur

Saya tahu. Rasanya pasti sulit sekali untuk melawan godaan untuk nggak bermain gawai di tempat tidur, apalagi pada malam hari ketika rasanya kamu nggak ada kerjaan. Padahal malam hari itu seharusnya digunakan untuk istirahat alias tidur. Mata juga harus kamu beri waktu untuk rileks. Main gawai juga berpotensi untuk bikin insomnia karena terkadang membuat kita lupa waktu. Apalagi, kalau sudah asik main gim atau berselancar di media sosial.

 

5. Bangun dengan cahaya matahari

Kalau kamar kamu punya jendela, usahakan agar menyibak sedikit tirai ketika kamu hendak tidur pada malam hari. Hal ini penting agar cahaya matahari bisa masuk keesokan harinya. Biarkan cahaya matahari menyusupi jendela kamar dan meneranginya sekaligus membangunkan kamu. Muka yang terkena cahaya matahari sudah pasti menghindarkanmu dari rasa malas di pagi hari.

 

6. Bantuan alarm tetap perlu

Supaya kamu tetap konsisten bangun pagi sembari membiasakan diri dengan proses jam biologis, kamu butuh bantuan alarm. Aturlah jam bangun di alarm lalu jauhkan alat itu dari jangkauan tangan. Soalnya kalau sudah pagi, orang cenderung mematikan alarm daripada benar-benar terjaga. Hal ini bakal memaksa kamu bangun pagi karena suara alarm yang berisik dan susah dimatikan bakal membuat kamu sulit tidur kembali.

 

7. Tetapkan tujuan

Saat hendak belajar bangun pagi, tanyakan pada dirimu, apa yang mendorong kamu untuk bangun pagi? Apakah kamu percaya bahwa orang sukses selalu bangun pagi? Atau bangun pagi bisa membantu kamu memelihara kesehatan? Tanamkan nilai-nilai tersebut ke dalam diri kamu. Nantinya ini akan menjadi motivasi sehingga kamu tetap semangat untuk bangun pagi.

 

Artikel Terkait: Pentingnya tidur berkualitas.

  1. Letakkan 5 Tanaman ini di Kamar untuk Tidur Berkualitas
  2. 7 Stretching Ringan di Kasur yang Bikin Tidur Jadi Nyenyak
  3. Sering Merasa Lemas Meski Tidur Cukup?Cek Penyebabnya Lewat Rutinitas Tidur

 

Mungkin rutinitas bangun pagi nggak bakal bikin kamu sukses dan jaya tepat di keesokan harinya. Namun, percaya deh, kebiasaan itu adalah proses dan hasilnya pun nggak instan. Kebiasaan bangun pagi adalah bagian dari proses kamu meraih kesuksesan. Lagian mana ada sih orang yang bisa sukses, kalau bangun pagi saja malas?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett