Beranda > Karier Sukses > Tips Sukses Presentasi Ala Steve Jobs

Tips Sukses Presentasi Ala Steve Jobs

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Tips Sukses Presentasi Ala Steve Jobswatermark

TUNAIKU.COM – Saat kuliah dulu, saya sering gemetaran saat presentasi. Alhasil, presentasi pun berjalan enggak sesuai dengan yang saya harapkan. Hal itu tentu memengaruhi penilaian dosen dan bikin malu saja. Pasalnya, saya adalah anak Fisipol yang mana mayoritas mahasiswanya pandai dalam berkomunikasi dan melakukan presentasi di depan orang banyak.

 

Saat memasuki dunia kerja, demam panggung memang sudah berkurang banyak. Namun, masih saja ada kendala yang saya temui, seperti kurang penguasaan materi, canggung, dan lain sebagainya.

 

Artikel terkait: Hal-hal yang bisa dicontoh dari public figure

  1. 7 Tips Sukses dari Michelle Obama yang Sangat Menginspirasi
  2. Tiru Cara Taylor Swift Menggapai Kesuksesan Lewat 5 Tips Ini!
  3. Intip Kesuksesan Selena Gomez, Perempuan yang Mampu Pengaruhi Dunia Versi TIME Magazine

 

Saya sadar kok, saya enggak bisa lama-lama terlarut dalam keadaan ini. Di kesempatan presentasi selanjutnya harus lebih baik daripada sekarang. Nah, belum lama ini salah satu teman menyarankan untuk mencontoh tips presentasi ala Steve Jobs. Tips tersebut meliputi:

 

1. Slide singkat tapi kuat di visual

Dalam slide preesentasinya, Steve Jobs biasanya menggunakan slide yang sederhana, berisi gambar tanpa kata-kata. Begitulah slide yang baik. Berisi materi singkat, jelas, padat, dan dikuatkan visualnya untuk memahamkan audiens.

 

2. Aturan tiga bagian

Dalam presentasi, mungkin kamu memiliki banyak materi yang ingin disampaikan. Untuk mempermudah dan menyingkat, kamu bisa merangkumnya menjadi 3 bagian. Jika lebih dari tiga bagian akan sulit diingat audiens, tapi kalau kurang ya kurang menarik.

 

3. Latihan untuk kesempurnaan

Bahkan seorang Steve Jobs pun selalu melakukan latihan sebelum presentasi dimulai. Enggak hanya sekali, puluhan kali dilakukannya agar presentasi berjalan sempurna. Enggak hanya sebatas materi, Steve Jobs juga menyiapkan tata cahaya agar presentasinya menarik.

 

4. Menggunakan kata-kata yang powerful

Presentasimu akan sia-sia jika audiens enggak memahami kalimat yang kamu sampaikan. Untuk itu, pahami siapa audiensmu dan temukan kata-kaya yang tepat dengan momen yang sesui. Itulah kenapa kamu sangat membutuhkan latihan sebelum presentasi.

 

5. Nikmati proses presentasi

Bagaimana pun keadaannya, nikmati presentasimu bahkan ketika ada kendala sekalipun. Jangan stress! Steve Jobs sendiri pernah mengalami presentasi di mana clicker-nya nggak berfungsi. Menghadapi ini, Steve Jobs justru bercanda dan mengatakan “My Clicker is not working”. Kendalanya pun bisa terkendali.

 

Artikel terkait: Agar presentasimu menarik, perhatikan ini

  1. 7 Tips Sukses Presentasi Bisnis di Depan Calon Investor
  2. Perhatikan 5 Hal Berikut Agar Investor Tertarik dengan Ide Bisnismu!
  3. Tampil Profesional Itu Mudah, Kok! Ssst…Ini Rahasianya

 

6. Tunjukkan passion

Steve Jobs selalu menunjukkan semangat dan antusiasme setiap kali presentasi. Semangatnya terpancar lewat tatapan mata, isyarat tubuh, kekuatan suara, dan setiap demistrasi yang dilakukannya.

7. Ciptakan cerita di balik presentasi

Presentasi yang memiliki cerita di dalamnya tentu meberikan kesan tersendiri kepada audiens sihingga akan dikenang. Suatu ketika, Steve Jobs pernah melakukan presentasi iPod dengan memasukkan iPod tersebut ke dalam saku celana. Lalu, cerita yang beredar adalah ada alat yang bisa menampung 1.000 lagu di dalam kantong.

 

4

 

 

Mobile Site CTA

8. Ciptakan kejutan

Dalam sebuah presentasi, Steve Jobs pernah memberikan kejutan. Di tahun 2008, Jobs bercerita bahwa Apple telah membuat notebook paling tipis di dunia. Hal ini ditunjukkan dengan mengambil sebuah amplop dan mengeluarkan notebook MacBook Air dari dalamnya. Selanjutnya, notebook tersebut pun ditunjukkan pada audiens.

 

9. Bantu audiens memahami data dan statistik

Di beberapa presentasi mungkin memang diperlukan data dan angka. Padahal, enggak semua audiens bisa memahami angka dan statistik. Cara yang baik agar pesan tersampaikan pada audiens adalah dengan mengangkat kisah di balik statistik tadi. Sebagai contoh, Steve Jobs pernah mengganti data berupa dua miliar lagu terjual dengan analogi terjualnya 58 lagu per detik setiap hari. Audiens pun bisa memahami bahwa angka tersebut sangatlah besar.

 

10. Berbagi panggung

Salah satu cara menguasai audiens adalah dengan berbagi panggung. Cara inilah yang dilakukan Steve Jobs.

 

Oke, ternyata itulah 10 tips sukses presentasi ala Steve Jobs. Bolehlah di kesempatan presentasi selanjutnya saya terapkan.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett