Beranda > Karier Sukses > Berteman dengan 5 Tipe Orang Ini Agar Sukses di Lingkungan Kerja

Berteman dengan 5 Tipe Orang Ini Agar Sukses di Lingkungan Kerja

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
Berteman dengan 5 Tipe Orang Ini Agar Sukses di Lingkungan Kerjawatermark

TUNAIKU.COM – Definisi sukses itu bisa berbeda-beda bagi setiap individu. Seringkali tergantung dari umurnya, sih hehehe. Nah, kalau untuk yang seumuran saya, biasanya sih kesuksesan itu dinilai dari perkara karier. Kamu juga nggak?

 

Bagi saya yang baru empat tahun menyandang status karyawan, belum banyak sih pencapaian karier yang bisa saya banggakan. Kalaupun harus disebut, ada satu sih, yaitu, bisa masuk ke perusahaan yang paling bergengsi di industri pekerjaan saya.

 

Jujur saja, pencapaian karier yang satu ini tentunya nggak lepas dari bagaimana saya menjaga dan memilih lingkungan saya beraktivitas. Seperti kata John Locke; “We are like chameleons, we take our hue and the color of our moral character, from those who are around us.” Alias, kesuksesan kita itu, sangat-sangat dipengaruhi oleh dengan siapa kita bergaul dan orang-orang macam apa yang ada di sekeliling kita.

 

Nah, kita ini butuh orang-orang macam apa sih, yang sekiranya bisa membantu kita untuk sukses? Simak penjelasannya di bawah.

 

1. Loyal supporter yang turut bahagia dengan kesuksesanmu

Apakah kamu memiliki seseorang yang turut happy setiap kamu berbagi pencapaian-pencapaianmu? Bahkan untuk hal-hal kecil seperti misalnya saat kamu dipuji oleh atasan karena bisa menyelesaikan report dengan baik. Nah, kamu butuh orang-orang seperti ini.

 

Mereka yang genuinely happy for you and wish you nothing but the best. Karena, saat kamu sedang menghadapi tantangan atau merasa agak terbebani, kamu bisa berpaling kepada mereka untuk mendapatkan suntikan semangat. Orang-orang ini bisa jadi adalah pasangan, sahabat, keluarga, atau bahkan rekan kerja di kantor.

 

Artikel Terkait: Amati dan Tiru Kisah Orang-orang Sukses Ini

  1. Tips Sukses ala Bill Gates yang Bisa Kamu Tiru
  2. 5 Kisah Sukses Ibu Rumah Tangga dengan Usaha Sampingan
  3. 5 Tips Sukses A la Rene Suhardono, Yuk Intip dan Buktikan!

 

2. Memiliki karisma, tapi nggak sombong dan bersedia berbagi

Di kantor saya, ada satu sosok yang bisa dibilang adalah role model. Dia cerdas, percaya diri, berkarisma. Sekaligus, sosok yang rendah hati dan nggak segan berbagi.

 

Dari sosok inilah kamu bisa berguru dua hal sekaligus, skill dan attitude. Tempat bertanya saat kamu merasa buntu. Serta menjadi panutan dalam hal mengasah kepercayaan diri, menumbuhkan positive mindset untuk menjadi pribadi yang berkualitas dari hari ke hari. Untuk menjadi sukses, kamu wajib memiliki kemampuan yang mumpuni, sekaligus attitude yang menjagamu tetap merasa haus ilmu dan nggak boleh sombong.

 

3. Partner kerja yang saling dukung dan melengkapi

Beruntunglah kamu kalau bisa kompak dengan partner kerjamu. Dengan adanya mereka, kamu memiliki support system yang bisa kamu andalkan. Kalian bisa saling back up, kalau seandainya salah satu berhalangan masuk kerja. Saling melengkapi dan berdiskusi, saat membahas permintaan klien, dan lain-lain.

 

4. Orang yang ‘memaksamu’ untuk bersaing dengan sehat

Kalau kamu ingin sukses, kelilingi dirimu dengan mereka yang punya semangat juang tinggi nan ambisius. Mereka yang bikin kamu deg-degan takut tersalip. Jangan khawatir, adalah hal yang manusiawi bagi kita untuk berkompetisi. Namanya juga manusia. Maka, saat kamu memiliki satu sosok yang sekiranya bisa menjadi alasanmu selangkah lebih maju, kamu pun termotivasi untuk jadi lebih pintar, lebih cekatan, dan lebih berkembang. Orang-orang seperti ini memang adalah sainganmu. Namun, kalau ternyata justru memberikanmu efek positif, kamu beruntung, dong!

 

5. Orang yang bisa menilai dan mengevaluasi kinerjamu

Nggak harus sang atasan dan bos, partner kerja dan tim berbeda divisi pun layak kok menjadi sang penilai. Kenapa harus ada yang menilai? Supaya kamu tahu sudah seberapa baik performamu, supaya kamu tahu apa yang harus ditingkatkan dan dikurangi.

 

Contohnya nih, di kantor saya, sistem appraisal-nya menggunakan 360, lho. Alias, semua orang yang pernah bekerja langsung dengan saya, bisa mengutarakan pendapat profesional yang berkaitan dengan kinerja saya. Awalnya memang terasa horor, tapi setelah membaca langsung masukan-masukan yang konstruktif, saya malah jadi tambah semangat memperbaiki diri.

 

Last but not least, sekarang coba deh evaluasi dirimu. Cek lagi orang-orang yang dekat denganmu. Apakah mereka memberikan kontribusi positif untukmu? Ini adalah hidupmu. Kamu bertanggung jawab untuk memberikan yang terbaik. Supaya kelak, 5–10 tahun lagi, saat kamu mengingat masa lalumu, nggak ada rasa penyesalan yang terbesit.

 

Artikel terkait: Selalu ada kisi-kisi untuk mendapat kesuksesan

  1. 5 Formula Menuju Gerbang Kesuksesan untuk Capricorn
  2. Karakter Orang Sukses vs Orang Gagal, Ini lho 6 Perbedaannya!
  3. Mau Sukses Sekarang dan di Masa Depan? Hilangkan 8 Hal Ini dari Dirimu!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett