Beranda > Karier Sukses > Hati-Hati, Posting Hal Berikut di Media Sosial Bisa Membahayakan Kariermu

Hati-Hati, Posting Hal Berikut di Media Sosial Bisa Membahayakan Kariermu

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Hati-Hati, Posting Hal Berikut di Media Sosial Bisa Membahayakan Kariermuwatermark

TUNAIKU.COMSetiap kali membuka Facebook, ada-ada saja yang saya temui. Ada yang mengunggah foto bayi baru lahir, rajin nge-share tautan berita hoax atau inspiratif, hingga curhat melulu soal pekerjaan.

 

Media sosial memang memiliki pengaruh yang signifikan di kehidupan zaman sekarang. Di dunia maya, orang-orang seakan bebas untuk bersuara dan menyatakan pendapat tanpa harus terlihat secara fisik. Karena itu, banyak yang berpikir bahwa aman-aman saja untuk mencurahkan segalanya di media sosial.

 

Walau demikian, berinteraksi di dunia maya itu ada batasnya. Ada hal-hal yang seharusnya nggak perlu di-cuit-kan atau di-posting. Ada yang perlu dan ada yang nggak perlu kamu lakukan di media sosial. Sebab, tanpa kamu sadari, ada beberapa hal yang justru bisa mengancam karier kamu.

 

Maka, sebaiknya kamu menghindari beberapa hal berikut.

 

Artikel Terkait: Hindari Kebiasaan Ini untuk Kesuksesan Kamu

  1. 8 Kebiasaan Ini Bikin Millennial Gampang Stres dan Kurang Produktif
  2. Ini Tips Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baru Bagi Anak Rantau
  3. Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini Menghambat Kesuksesanmu

 

1. Berkomentar frontal

Mulutmu, harimaumu. Ungkapan itu sangat cocok buat seorang mantan produser di Washington National Radio. Menurut sebuah berita, dia melontarkan komentar frontal yang rasis di media sosial akibat kekalahan tim kesayangannya. Karena sikapnya, dia pun dipecat. Contoh ini rasanya lebih dari cukup agar berhati-hati dalam berkomentar di media sosial. Bisa-bisa kariermu terhambat atau bahkan berhenti sama sekali.

 

2. Berkata-kata kasar

Sama seperti di kehidupan nyata, netizen itu selayaknya menjaga sopan santun. Setidaknya, nggak memakai caption dan mengunggah foto yang melukai pihak lain. Selain itu, kamu juga perlu untuk memperhatikan tata bahasa yang baik dan rapi. Menurut survei yang dilakukan Jobvite, setidaknya sekitar 66 persen perusahaan menilai calon karyawan dan karyawannya dari aspek ini.

 

3. Menjelek-jelekkan atasan

Sekesal apa pun kamu pada atasan, hindari gibah tentangnya di media sosial. Selain nggak ada manfaat positif, menjelekkan atasan justru dapat berdampak buruk bagi karier yang sedang kamu bangun. Mungkin kamu merasa aman karena nggak berteman dengan atasan di media sosial. Namun, bisa saja ada saingan atau rekan sekantor yang mengadukanmu. Bisa-bisa kamu dipecat dadakan.

 

Artikel Terkait: Meniru Kebiasaan Orang Sukses untuk Sukses

  1. Sudahkah Kamu Lakukan 5 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari Ini?
  2. 7 Kebiasaan Orang Sukses di Akhir Pekan, Kamu Wajib Tiru Kalau Ingin Seperti Mereka!
  3. 10 Kebiasaan yang Bikin Orang-orang Sukses Terlihat Lebih Menonjol dari yang Lain

 

4. Pamer tawaran pekerjaan dari perusahaan lain

Wajar jika kamu berbahagia mendapat tawaran pekerjaan baru dari perusahaan lain. Apalagi jika posisi dan gajinya lebih tinggi dari saat ini. Namun, sebaiknya hal ini jangan diumbar ke media sosial. Kedewasaanmu dalam dunia profesional bakal dinilai oleh human resource perusahaan pemberi kerja. Sikapmu yang membual bisa membuat mereka berubah pikiran dan membatalkan tawaran pekerjaan baru.

 

5. Mengeluhkan kebijakan perusahaan

Sebenarnya, mengkritik kebijakan perusahaan itu sah-sah saja. Namun, harus pada tempatnya. Jangan membawa keluhanmu di Facebook atau Twitter. Apalagi sambil marah-marah dengan bahasa yang kasar. Seorang pegawai California Pizza Kitchen bernama Timothy dipecat oleh perusahaan karena nge-tweet kebijakan seragam yang baru yang nggak ia suka. Supaya nggak seperti Timothy, sampaikan keluhan dengan cara yang lebih etis. Misalnya, berkonsultasi pada orang-orang HRD.

 

Media sosial memang seolah memberi kebebasan untuk berekspresi. Namun, bukan berarti manusia bisa melanggar batas. Sebaliknya, bijaklah menggunakan media sosial. Untuk kenyamanan pribadi kamu dan juga untuk kemulusan karier.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett