Beranda > Karier Sukses > Simak 10 Rahasia Kesuksesan CEO Perempuan Dunia Berikut Ini!

Simak 10 Rahasia Kesuksesan CEO Perempuan Dunia Berikut Ini!

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
Simak 10 Rahasia Kesuksesan CEO Perempuan Dunia Berikut Ini!watermark

TUNAIKU.COMGirl power! Saya senang sekali kalau membaca berita-berita positif mengenai sosok pemimpin perempuan di dunia bisnis. Jika dibandingkan dengan setengah abad yang lalu, saya tahu benar bahwa ini adalah kemajuan bagi kaum hawa. Sudah sepantasnya dong, kita belajar banyak dari mereka?

 

Dalam riset bertajuk “Taking Charge: A Roadmap for a Successful Career and a Meaningful Life for High Potential Corporate Woman Leaders.” yang dilakukan oleh Lauren Ready dari International Consortium of Executive Development Research (ICEDR), 60 responden berupa eksekutif perempuan membongkar rahasia kesuksesan mereka.

 

Ingin tahu informasinya lebih lanjut? Di dalam artikel ini, saya sudah merangkum 10 rahasia kesuksesan CEO perempuan di seluruh belahan dunia yang layak kamu terapkan. Yuk, disimak!

 

Artikel terkait: Tokoh perempuan sukses yang patut dijadikan inspirasi!

  1. Tiru 7 Tips Sukses dari Sophia Amoruso #GIRLBOSS agar Berhasil dalam Karier
  2. Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Ikuti 4 Tips Sukses ala J.K. Rowling Ini!
  3. 10 Pengusaha Perempuan Indonesia yang Sukses di Dunia Startup. Patut Ditiru!

 

1. Pahami makna sukses untukmu

Makna kesuksesan bagi setiap orang berbeda-beda. Ada yang merasa sukses jika sudah memiliki jabatan dan gaji besar; ada pula yang merasa sukses jika berhasil membangun keluarga yang bahagia. Apa makna sukses untukmu? Alih-alih mencontek standar kesuksesan orang lain, cobalah berefleksi dan mencoba memahami tujuanmu, hal-hal yang penting untukmu, dan prinsip hidupmu.

 

2. Jangan takut mengambil risiko

Menurut Adele Gulfo, CEO di perusahaan biofarmasi Pfizer, sikap berani mengambil risiko dapat diibaratkan seperti orang yang sedang bermain ski. Kalau kamu selalu takut meluncur, pada akhirnya kamu tidak akan bergerak ke mana-man. Untuk itu, cobalah memberanikan diri untuk melakukan hal-hal yang baru dan lihatlah seperti apa hasilnya.

 

3. Berani angkat suara

Berani angkat suara nggak sama dengan asal nyeplos, ya! Segala kata yang keluar dari mulutmu tetap harus disaring dan dipikirkan baik-baik. Mulai sekarang, kapan pun kamu punya ide kreatif yang bisa disuarakan, jangan ragu menyampaikannya! Buktikan bahwa kamu merupakan anggota tim yang bernilai. Ingat, orang-orang hanya akan menyadari keberadaanmu jika kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

 

4. Berkumpul dengan orang-orang hebat

Salah satu kunci kesuksesan karier adalah networking. Untuk memperkaya relasi di bidang kerjamu, jangan takut berkenalan dengan orang-orang yang sudah berpengalaman. Selain pengalaman dan pengetahuanmu akan bertambah, kamu pun akan terbantu untuk lebih mengenal dunia yang sedang ditekuni.

 

5. Melibatkan keluarga atau pasangan

Kalau kamu sudah berkeluarga, saya yakin makna kesuksesanmu tidak hanya soal pekerjaan tetapi juga keluarga. Menurut Ready, kamu wajib membuat rencana-rencana menyenangkan untuk mengokohkan hubunganmu dengan keluarga atau pasangan. Nggak ada salahnya lho, sesekali mengikutsertakan suami dalam perjalanan bisnismu, atau mengadakan malam kencan spesial dengan pasangan di tengah kesibukanmu.

 

Artikel terkait: Meraih kesuksesan dengan menekuni passion

  1. Punya Hobi Menggambar? Ini 5 Profesi yang Pas Buatmu!
  2. Hobi Filateli, Tidak Cuma Investasi Tapi Bawa Hoki
  3. Food Blogger: Dari Hobi Foto Makanan Jadi Pekerjaan

 

6. Work-life balance adalah pilihanmu

Bagi orang-orang yang bekerja sekaligus berkeluarga, menerima asumsi-asumsi negatif dari masyarakat adalah makanan sehari-hari. Misalnya, saat akan melakukan perjalanan bisnis, tiba-tiba tetanggamu berkomentar, “Wah, nggak kasihan ya, ninggalin anak?”. Mengontrol pendapat orang memang nggak gampang, jadi cukup pastikan apa pun yang kamu lakukan memang sudah didasari oleh pertimbangan matang dan tidak merugikan orang-orang terdekatmu.

 

7. Terbuka terhadap perubahan

Meskipun sudah menyusun rencana hidup untuk 5 tahun ke depan, bukan berarti rencana tersebut nggak boleh berubah, kan? Hidup nggak pernah bisa diprediksi, lho; belum tentu hidupmu satu tahun lagi akan sesuai dengan ekspektasimu. Sebagian besar CEO yang diwawancarai oleh Ready pun mengaku kerap berpindah pekerjaan; bahkan, ada yang pernah mencoba 16 jenis pekerjaan dalam 25 tahun terakhir. Jadi, jangan pernah takut menapaki opsi karier yang tidak sesuai harapan, ya!

 

8. Tetap menjadi diri sendiri

Hasil penelitian Ready menunjukkan bahwa perempuan yang sukses adalah perempuan yang ‘menerima’ bahwa mereka bukan laki-laki. Maksudnya bagaimana, sih? Contoh kecilnya, kalau kamu memang bukan penggemar sepak bola dan jarang nonton World Cup, nggak usah memaksakan diri terlibat dalam obrolan mengenai World Cup 2018. Lagi pula, toh orang-orang akan lebih menghargai dirimu yang autentik dan apa adanya.

 

9. Tentukan tujuan yang realistis

Ingin menjadi perempuan sesukses Oprah Winfrey? Sah-sah saja. Namun, apakah tujuan tersebut realistis? Beatrice Fisher, CEO di Credit Suisse, sebuah perusahaan finansial yang berpusat di Zurich, dengan jujur menyebutkan bahwa dirinya bukanlah tipikal orang yang ambisius. Fisher lebih senang menentukan target jangka pendek daripada jangka panjang. Baginya, saat seseorang berfokus untuk mencapai target jangka pendeknya, kemungkinan besar kesuksesan jangka panjangnya pun akan terjamin.

 

10. Berkontribusi di masyarakat

Setelah sukses, jangan lupa menyebarkan semangat, pengalaman, dan pengetahuan yang kamu miliki ke masyarakat luas. Misalnya, kamu bisa memberi pelatihan terkait bidang yang dikuasai, menjadi pembicara di seminar, atau mengambil bagian dalam organisasi lokal. Ketahuilah bahwa salah satu makna kesuksesan adalah menyikapi kesuksesan tersebut dengan cara yang positif.

 

2

 

 

 

 

Apakah kamu sudah mengamalkan beberapa di antaranya? Jika belum, nggak ada terlambat lho, untuk mencobanya. Untuk hasil riset lengkapnya, kamu bisa baca di sini ya: https://www.icedr.org/research/documents/ICEDRSpecialReport-TakingCharge_000.pdf

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!
Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett