Beranda > Gaya Hidup > Tips Berenang yang Efektif untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Tips Berenang yang Efektif untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

PAULUS RISANGPaulus Risang
Tips Berenang yang Efektif untuk Mendapatkan Berat Badan Idealwatermark

TUNAIKU.COM – Selain pola makan, aktivitas fisik juga menjadi aspek penting dalam menjaga berat badan ideal. Pasalnya, kalori yang masuk harus dibakar agar nggak surplus dan tersimpan sebagai lemak di tubuh. Nah, salah satu olahraga yang menyenangkan sekaligus sangat efektif untuk membakar lemak adalah renang.

 

Untuk bergerak di dalam air yang kepadatannya 800 kali udara, kamu membutuhkan tenaga ekstra. Artinya, bakal ada lebih banyak kalori yang dibakar dan otot yang dilatih dalam gerakan renang. Untuk informasi, berenang santai selama satu jam mampu membakar 500 kkal, lho. Selain itu, massa otot yang meningkat juga membantu laju metabolisme lebih cepat.

 

Sayangnya, nggak sedikit dari kamu yang nggak mendapatkan manfaat tersebut. Sudah capek-capek berenang, berat badan belum juga ideal. Bukan karena renangnya, tapi bisa jadi ini karena kamu keliru melakukannya. Makanya, coba simak dulu beberapa tips berenang yang efektif untuk mendapatkan berat badan ideal berikut ini, yuk!

 

Artikel terkait: Tips buat yang galau sama berat badan

  1. Bekerja Seharian di Kantor, Lakukan 5 Tips Ini Agar Berat Badan Nggak Naik Drastis
  2. 7 Kiat Ampuh Menurunkan Berat Badan Tanpa Berkeringat
  3. Berat Badan Jadi Naik Ketika Punya Pacar, Begini Lho Alasannya…

 

1. Manfaatkan gaya berenang yang paling efektif membakar kalori

Ada beberapa macam gaya renang yang biasa digunakan, antara lain gaya bebas, gaya dada atau katak, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Nah, kamu pasti setuju kalau gaya kupu-kupu adalah yang paling berat dari semuanya. Namun, gaya ini ternyata yang paling efektif untuk membakar kalori, lho.

 

Gaya kupu-kupu melibatkan semua otot utama di setiap gerakannya. Dengan banyaknya otot yang bekerja di waktu bersamaan, hal ini memicu jantung dan paru-paru bekerja lebih keras untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Kalori pun bakal terbakar lebih cepat. Cukup 10 menit melakukan gaya ini, kamu sudah bisa membakar 150 kalori.

 

2. Perhatikan intensitas latihan

Intensitas meliputi kecepatan, jarak, dan durasi aktivitas renang yang kamu lakukan. Semakin cepat, jauh, dan lama kamu berenang maka kalori yang dibakar juga akan semakin banyak. Agar lemak bisa terbakar secara efektif, kamu disarankan untuk berenang minimal 30 menit setiap hari. Ini karena lemak biasanya terbakar setelah 20 menit melakukan aktivitas fisik.

 

Yang jelas, manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Hindari bermalas-malasan di kolam renang atau terlalu lama beristirahat setelah bergerak sebentar.

 

3. Lakukan latihan interval

Masih berhubungan dengan intensitas, kamu juga dapat menerapkan latihan interval. Ini dilakukan dengan cara berenang cepat sebanyak satu putaran, kemudian diikuti dengan berenang santai di putaran berikutnya. Cara ini sangat efektif untuk memaksimalkan waktu yang kamu miliki di kolam renang, terutama kalau kamu cukup sibuk dengan aktivitasmu yang lain.

 

4. Jangan melewatkan pemanasan dan pendinginan

Meski terkesan sepele, pemanasan dan pendinginan merupakan bagian yang nggak boleh kamu abaikan saat berenang. Seperti yang kita tahu, olahraga renang menuntut kerja otot yang cukup intens. Pemanasan membantu menyiapkan otot dan mencegah kram selama berenang. Sementara, pendinginan membuat otot kamu lebih rileks dan mengurangi rasa pegal pascalatihan.

 

Artikel terkait: Bikin olahraga makin seru, yuk!

  1. Kurang Suka Berlari? Olahraga Ini Bisa Jadi Alternatifnya
  2. 5 Spot Jogging di Surabaya yang Bikin Olahraga Makin Asyik dan Seru
  3. 7 Komunitas yang Bikin Olahraga Makin Semangat, Gabung dan Nikmati Keseruannya!

5. Jaga pola makan

Nah, hal yang nggak kalah penting untuk diperhatikan adalah menjaga pola makan. Sudah capek-capek berenang tapi makan nggak dikendalikan, percuma, dong. Kalau tujuanmu adalah menurunkan berat badan, batasi asupan karbohidrat seperti nasi dan perbanyak konsumsi protein dan sayur-sayuran.

 

Itu dia beberapa tips yang bikin berenangmu jadi efektif untuk menjaga berat badan ideal. Yuk, siapkan dirimu untuk menceburkan diri ke kolam renang!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett