Beranda > Gaya Hidup > Bekerja Seharian di Kantor, Lakukan 5 Tips Ini Agar Berat Badan Nggak Naik Drastis

Bekerja Seharian di Kantor, Lakukan 5 Tips Ini Agar Berat Badan Nggak Naik Drastis

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
Bekerja Seharian di Kantor, Lakukan 5 Tips Ini Agar Berat Badan Nggak Naik Drastiswatermark

TUNAIKU.COM – Bagi sebagian besar pekerja yang menghabiskan waktunya di kantor, pasti pernah dong merasakan berat badan jadi naik? Wajar aja sih, karena bekerja seharian di kantor artinya aktivitas fisik kita pun menjadi berkurang. Tapi yang nggak wajar kalau berat badannya naik drastis. Hmm…

 

Hal ini terjadi pada teman kuliah saya. Setelah terjun ke dunia kerja dan seharian bekerja di kantor, berat badannya naik drastis. “Naiknya hampir 15 kilo nih!” aku teman saya. Wah, wah. Dalam waktu dua tahun bisa naik segitu, lumayan banget dong ya?

 

Seperti hasil survei yang pernah saya baca di situs Career Builder, 41% responden mengakui mengalami kenaikan bb (berat badan) selama bekerja. Terutama bagi mereka yang memiliki tingkat stres tinggi dan  menghabiskan waktu berjam-jam duduk di balik meja kerja.

 

Bekerja seharian di kantor memang membuat kemungkinan berat badan naik drastis semakin besar. Faktor yang memicunya juga banyak. Mulai dari pola makan, kurangnya aktivitas fisik, dan perilaku. Contoh paling gampangnya, gara-gara bekerja seharian di kantor dan semua pekerjaan dilakukan sambil duduk, yang artinya minim gerak badan, kalori yang ada di badan kita akan menumpuk.

 

Belum lagi cemilan yang kita sediakan di meja kerja cenderung tidak sehat. Dan yang mungkin luput dari perhatian kamu, kurang paparan sinar matahari  juga bisa bikin gendut, lho. Kenapa? Karena cahaya matahari membantu mengatur ritme sirkardian, yang menjaga keseimbangan sistem fungsional tubuh. Ini bisa terjadi kalau kamu berangkat pagi-pagi buta dan pulang saat matahari sudah terbenam.

 

Nah, untuk menghindari kenaikan berat badan yang drastis, ada beberapa hal yang bisa kita –para kaum pekerja, lakukan untuk menjaga berat badan tetap stabil.

 

Simak 5 tips berikut dan langsung diterapkan!

 

1. Naik-turun tangga

Daripada kelamaan bengong di depan lift, kenapa nggak  pilih tangga  aja? Apalagi kalau untuk sekadar naik-turun dua lantai? Pasti mampulah ya. Menurut ahli kesehatan, naik-turun tangga selama 10 menit, 3 kali sehari bisa,  bisa disetarakan dengan kebutuhan exercise per hari.

 

Artikel terkait: Menuju work-life balance paripurna

  1. Tahukah Kamu Kalau Depresi Bisa Menunda Produktivitasmu?
  2. Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kantor
  3. Yuk, Perbaiki 5 Hal Ini Agar Tidak Merasa Jompo di Usia Muda

2. Sesekali kerja sambil berdiri

Kelamaan duduk bisa memicu penyakit yang disebut ishcialgia, lho. Seperti yang saya rasakan akhir-akhir ini. Makanya, disarankan untukmu untuk sesekali kerja sambil berdiri. Selain itu, kerja sambil berdiri berguna untuk memperbaiki kadar gula darah, yang baik untuk mengurangi berat badan. Disarankan untuk berdiri dan duduk masing-masing selama 30 menit.

 

3. Alternatif lain, gunakan standing desk

Kegunaan standing desk ini bahkan sudah diakui sejak jaman baheula. Nggak hanya dari sisi kesehatan, untuk mengimbangi porsi duduk.  Bekerja sambil berdiri juga dipercaya bikin proses berpikir lebih lancar. Kalaupun kantormu nggak bisa menyediakan fasilitas seperti ini, kamu bisa beli adjustable laptop desk.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman mudah dan cepat, amar bank indonesia, kredit tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, kredit mudah dan cepat, berat badan, kenaikan berat badan drastis

 

4. Walking meeting

Iya, ada yang namanya walking meeting  di mana alih-alih duduk bareng, kamu dan rekan kerjamu bisa ngobrol sambil jalan.  Atau, kamu menerima telepon sambil jalan-jalan juga bisa, kan? Kebiasaan ini udah lazim dilakukan oleh para eksekutif kantoran. Supaya makin efektif, biasakan untuk sambil bawa catatan atau rekam percakapan yang sedang berlangsung.

 

Artikel terkait: Gaya hidup sehat dimulai dari kebiasaan ini

  1. Konsumsi Buah-buahan Ini Supaya Kolesterolmu Turun
  2. Yuk, Lakukan Kegiatan Ini, Tanpa Disadari Seperti Berolahraga!
  3. 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pekerja Millenial

 

5. Perhatikan pilihan makan siang, snack, dan jangan lupa minum air putih

Last but not least, yang paling berhubungan dengan berat badan adalah apa yang kamu konsumsi.  Dengan pola kerja saat ini, penting bagimu untuk sarapan yang sehat, bukan sekadar yang bikin kenyang sesaat seperti nai uduk dan gorengan. Pun untuk menu makan siang dan makan malam. Terakhir, lengkapi pola makan sehat dengan memenuhi kebutuhan air mineral serta snack bergizi seperti buah-buahan.

 

Sebenarnya gampang, kan ya?  Namanya menjaga pola hidup sehat memang butuh niat yang kuat. Siap mengamalkannya nggak? Itung-itung sebagai resolusi 2018 kelak. Supaya nanti kalau pulang kampung kelihatan lebih fit!

 

Selamat mencoba!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett