Beranda > Gaya Hidup > Kurang Suka Berlari? Olahraga Ini Bisa Jadi Alternatifnya

Kurang Suka Berlari? Olahraga Ini Bisa Jadi Alternatifnya

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Kurang Suka Berlari? Olahraga Ini Bisa Jadi Alternatifnyawatermark

TUNAIKU.COM– Dari sekian banyak jenis olahraga yang ada, saya paling suka berlari. Apalagi kalau dilakukan saat hari masih pagi, asyik banget tuh! Selain nggak butuh banyak modal, saya pun bisa menikmati nuansa pedesaan yang masih asri. Dengan satu olahraga, saya bakal dapat dua manfaat sekaligus, yaitu sehat jiwa dan raga.

 

Meski begitu, nggak semua orang suka olahraga lari, lho. Meski benar-benar bermanfaat buat tubuh, terkadang banyak yang mager buat melakukannya. Nah, nggak perlu bingung. Mungkin, kamu bisa mencoba melakukan berbagai olahraga alternatif yang punya manfaat  sama dengan berlari. Dikutip dari Hallosehat.com, yuk coba beberapa olahraga kardio di bawah ini.

1. Naik turun tangga

 

Kamu yang ingin otot tubuh bagian bawah lebih kuat? Bisa nyobain olahraga kardio yang paling sederhana ini, nih. Kamu cukup naik turun tangga dengan berbagai ritme. Seperti, gerakan melompat, berjalan cepat, serta lompat menyamping.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Olahraga

  1. 5 Spot Jogging di Surabaya yang Bikin Olahraga Makin Asyik dan Seru
  2. 7 Komunitas yang Bikin Olahraga Makin Semangat, Gabung dan Nikmati Keseruannya!
  3. Ide Bisnis Bagi Para Pecinta Olahraga

 

Selain buat otot bagian bawah, olahraga ini juga baik kok untuk latihan paru-paru dan jantung. Kini, kamu tinggal mencoba olahraga ini dengan naik turun tangga di sekitar rumah atau taman.

2. Jumping Lunges

A post shared by Maria Astor (@masha) on

 

Kencangkan otot perut dengan posisi dagu dan dada terangkat. Coba melangkah ke depan dengan kaki kirimu. Tekuk kaki kanan hingga menyentuh tanah atau lantai. Namun, posisikan kaki kiri menekuk 90 derajat.

 

Saat melakukan gerakan ini, usahakan pinggang dan tubuh bagian atas tetap tegak. Lakukan berulang-ulang kurang dari 1 menit dan lihat hasilnya.

 

3. Tuck Jump

A post shared by Leah (@leah_dodd12) on

 

Satu lagi olahraga yang bisa kamu lakukan di mana saja yaitu tuck jump. Kamu bisa melakukan lompatan sederhana yang punya khasiat bagus untuk kesehatan. Praktikkan gerakan tuck jump sekitar 30 sampai 60 detik berikut ini.

 

Kamu harus melompat dengan posisi lutut agak ditekuk. Saat melompat, tarik lutut ke arah dada dan rentangkan lengan lurus ke depan. Namun, saat akan mendarat, segera turunkan lengan ke samping tubuh.

 

4. Berenang

A post shared by Louise Wiker (@lwiker) on

 

Olahraga sembari main air, berenang saja yuk! Olahraga yang satu ini sudah terbukti bagus untuk kesehatan kardio. Seperti, untuk kesehatan paru-paru dan jantung. Dan juga, baik untuk kekuatan otot dan tulang.

 

Sebenarnya, kamu bebas berenang dengan gaya apapun. Kamu pun cukup melakukan beberapa putaran saja agar tubuh lebih sehat dan bugar. Namun, sekadar saran, kamu bisa nyobain aqua jogging yang bagus banget untuk kesehatan kardio.

5. Lompat

 

Nah, olahraga kardio yang satu ini cocok buat kamu yang nggak kuat lama-lama di tempat ramai. Kamu cukup melakukan gerakan lompat di halaman rumah. Meski begitu, kamu perlu memerhatikan step by step dari gerakannya, ya.

 

Cara termudah untuk olahraga ini adalah kamu cukup melakukan lompat kecil dengan ketinggian nggak lebih dari 5 centimeter, ya. Letakkan tumpuan pada jari-jari kaki dan gunakan tumit untuk mendorong tubuh ke atas.

 

6. Step up

 

Kalau ada bangku atau meja setinggi lutut, bisa dipakai untuk olahrga step up, nih. Coba perhatikan langkah-langkahnya berikut ini. Pertama, letakkan kaki kanan di atas bangku atau meja dan kaki kiri masih berada di tanah atau lantai.

 

Secara perlahan dorong tubuh hingga kaki kiri tertarik ke atas. Kamu pun akan berdiri atas bangku bertumpu pada kaki kanan. Lalu, kembali pada posisi semula hingga kaki kiri kembali ke posisi awal. Kamu bisa melakukan gerakan ini selama 30 hingga 60 detik. Namun, ingat, pakai kaki kanan saja untuk tumpuan.

7. Fast Feet Shuffle

 

Selain step up, kamu juga bisa mencoba fast feet shuffle, lho. Coba posisikan tubuh sedikit rendah dengan menekuk lutut. Jangan lupa, buka kaki melebihi lebar pinggul. Pertahankan posisi ini dan seret ke arah kanan kurang lebih 4 sampai 5 langkah.

 

Lakukan juga pada arah sebaliknya, ya. Coba gerakan ini setiap hari dan kalau memungkinkan lakukan dengan ritme yang sedikit cepat.

8. Inchworm

 

Segera siapkan karpet atau matras yoga untuk melakukan Inchworm. Gerakannya cukup sederhana, tetapi perlu diperhatikan untuk detailnya. Pertama, berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul. Secara perlahan, bungkukkan badan ke arah depan hingga kedua tangan menyentuh kaki, usahakan kedua kaki tetap lurus ya.

 

Setelah itu, gunakan kedua tangan untuk merangkak ke depan dan pertahankan posisi. Setelah mencapai posisi plank tinggi, merangkak mundur dan pertahankan posisi kaki. Ulangi selama 30 hingga 60 detik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

9. Skaters

A post shared by Studio Skaala (@studioskaala) on

 

Kalau kamu suka ice skating, mungkin olahraga ini cocok buatmu. Kamu bisa melakukan skaters di daratan dan nggak butuh ice skating rink untuk melakukannya. Buka kaki selebar pinggul dan tekuk lutut sehingga posisi sedikit membungkuk. Sekarang, coba lompat ke kanan dengan kaki kanan.

 

Artikel Terkait: Tetap Sehat dan Bugar dengan Olahraga

  1. Biar Makin Semangat, Yuk Lakukan 7 Olahraga Ini Bareng Keluarga
  2. 4 Olahraga Ringan Praktis yang Bikin Tubuh Lebih Fit, Yuk Cobain!
  3. Lakukan 10 Gerakan Olahraga Ringan Ini di Pagi Hari Agar Semangat Sepanjang Hari

 

Sementara itu, kaki kiri posisikan di belakang kaki kanan. Bayangkan kamu tengah ice skating agar lebih mudah untuk melakukannya. Dan lakukan juga pada kaki kiri dengan gerakan yang sama. Kalau rutin melakukan skaters, kamu bisa memperoleh banyak manfaat. Seperti kesehatan jantung dan badan tetap langsing.

 

10. Mountain Climber Twist

 

Ada satu olahraga yang mirip dengan lari tapi dalam posisi plank tinggi, yaitu Mountain Climber Twist. Posisikan tubuh dalam posisi plank tinggi dan kencangkan otot perut. Lalu, tekuk kaki kanan dan tarik ke depan beberapa saat dengan posisi pinggul naik.

 

Lakukan hal yang sama pada kaki kiri. Karena dilakukan cukup cepat, olahraga ini cocok untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

 

Setelah punya 10 workout alternatif di atas, masih malas olahraga nggak, nih?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett