Beranda > Gaya Hidup > Tidak Perlu Jauh-Jauh, Ini 3 Tempat Bersalju di Indonesia

Tidak Perlu Jauh-Jauh, Ini 3 Tempat Bersalju di Indonesia

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
Tidak Perlu Jauh-Jauh, Ini 3 Tempat Bersalju di Indonesiawatermark

TUNAIKU.COM – Berada tepat di garis khatulistiwa, Indonesia sejatinya ditakdirkan sebagai negara tropis. Ini artinya, Indonesia nggak punya musim salju. Adanya, ya,  musim hujan, kemarau, durian, atau musim kolak.

 

Namun, rupanya kepingan es juga bisa hadir di Indonesia, lho. Langka memang, tapi justru disitulah uniknya. Di mana saja sih tempat bersalju di Indonesia?

 

Artikel Terkait: Destinasi Wisata 2019

  1. 10 Destinasi Wisata Murah Luar Negeri yang Seru Dikunjungi Tahun 2019
  2. 7 Destinasi Wisata Impian yang Layak Dikunjungi di 2019
  3. 5 Destinasi Wisata yang Cocok Sebagai Tempat Bulan Madu di Musim Hujan

 

1. Puncak Jayawijaya

Tempat bersalju yang pertama adalah Puncak Jayawijaya di Provinsi Papua. Dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl, nggak heran tempat ini menjadi salah satu lokasi bersalju di Indonesia. Selain melihat hamparan salju di puncaknya, kamu juga bisa menemukan fenomena gletser tropis di sini.

 

Namun, ada kabar buruk mengenai keberlangsung salju abadi di Puncak Jayawijaya. Berdasarkan laporan dari BMKG pada 2016 lalu, lapisan salju ini akan mencair sepenuhnya pada 2020 mendatang. Penyebabnya, adalah pemanasan global. Duh, semoga hal ini nggak terjadi, ya.

 

2. Ranu Kumbolo

Pernah menjejakkan kaki ke Ranu Kumbolo, nggak? Inilah danau yang terdapat di badan gunung Semeru. Di danau cantik ini, pernah terjadi femona embun es tipis pada Mei 2018 silam. Fenomena ini memang kerap terjadi, kok. Terutama, jika suhu menurun drastis di bawah 0° C saat musim kemarau.

 

Memang, pemandangan Ranu Kumbolo yang memang sudah cantik dari sananya, jadi makin cantik ditimpali dengan saputan tipis salju. Namun, sebagai pendaki yang bertanggung jawab, kamu harus pandai-pandai menjaga hangat tubuh, ya. Persiapan pakaian dinginnya harus memadai, dan barang-barang bawaan seperti kamera jangan sampai rusak.

 

Artikel Terkait: Ada Apa di Indonesia?

  1. 6 Peristiwa Besar ini Pernah Terjadi di Indonesia Sepanjang 2018
  2. Aplikasi Chatting Populer di Indonesia, Kamu Pakai yang Mana?
  3. 4 Alasan Kamu Harus Liburan ke Indonesia Timur, Dapatkan Tambahan Biaya Lewat Pinjaman dari Tunaiku!

 

3. Dataran Tinggi Dieng

Selain Ranu Kumbolo, Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo juga kerap jadi langganan embun es. Masyarakat setempat menyebut fenomena ini sebagai bun upas. Saat bun upas berlangsung, kamu seakan sedang berada di daratan Eropa dengan kearifan lokal, deh. Pasalnya, embun es menyelimuti Candi Dieng, tanah, dan rerumputan Bukit Sikunir dengan cantiknya.

 

Dilihat dari kacamata sains, bun upas ini terjadi akibat uap air yang terkondensasi secara alami dan mengalami pembekuan akibat suhu ekstrem. Ini artinya, kalau kamu ingin menyaksikan sendiri hamparan bun upas, sebaiknya datangi Dieng sekitaran bulan Juli sampai Agustus, ya.

 

Nah, itulah tiga tempat di Indonesia di mana kamu bisa menyaksikan salju hadir secara alami. Jadikan bucket list-mu di tahun 2019 ini, dong!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

CTABARU1

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett