Beranda > Gaya Hidup > Peralatan Penting yang Wajib Kamu Punya Kalau Hobi Mendaki Gunung

Peralatan Penting yang Wajib Kamu Punya Kalau Hobi Mendaki Gunung

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Peralatan Penting yang Wajib Kamu Punya Kalau Hobi Mendaki Gunungwatermark

TUNAIKU.COM – Saya mulai menyukai hal-hal yang berbau dengan mendaki gunung sejak membaca novel berjudul 5cm. Kesukaan itu meningkat menjadi hobi sejak film yang diangkat dari novel tersebut tayang di bioskop. Bagaimanapun caranya, saya harus bisa naik gunung.

 

Artikel terkait: Hal-hal seputar hobi

  1. Sebagai Job-Seeker, Yuk, Isi Waktu Luang dengan 9 Hobi Bermanfaat!
  2. Kesuksesan Nama-nama Berikut ini Ternyata Berawal dari Hobi Menulis Mereka
  3. Rekomendasi Hobi Jadi Pekerjaan dan Punya Sertifikat Resmi, Coba Pertimbangkan!

 

Gunung pertama yang saya daki adalah Gunung Merbabu. Meskipun berhasil menaklukkannya, dalam artian sampai puncak, ternyata usaha yang dikeluarkan sangat keras. Saya jadi paham kalau hobi ini nggak bisa dipandang sebelah mata. Ada perlengkapan wajib yang bisa dibawa atau dimiliki. Kalau nggak akibatnya bisa fatal, seperti terluka bahkan meninggal dunia.

 

Lalu, apa saja peralatan penting yang wajib dimiliki? Berikut beberapa di antaranya:

 

1. Tenda

Fungsinya adalah untuk hunian waktu mendaki. Selayaknya rumah, tenda akan melindungimu dari hujan dan kedinginan yang bisa saja berakibat hipotermia. Ada pun kisaran harga tenda sekitar sekitar Rp 600 ribuan. Namun, ada juga yang lebih bahkan kurang dari Rp600 ribu. Semua tergantung kualitas, jenis, dan daya tampung.

 

2. Perlengkapan masak

Saat mendaki kamu membutuhkan tenaga lebih banyak. Untuk itu, kamu pun membutuhkan pasokan makanan lebih banyak. Makanan yang cocok disantap di udara dingin adalah makanan berkuah, mie instan, kopi, dan teh hangat. Namun, jangan lupakan karbohidratnya, ya. Untuk itu, kamu memerlukan perlengkapan masak, seperti kompor portable. Ada yang menggunakan bahan bakar spirtus, ada pula yang menggunakan gas portable. Harganya juga bervariasi, ada yang harganya sekitar Rp 100 ribu, bisa juga lebih.

 

3. Carrier

Fungsi carrier tentu saja untuk membawa perlengkapan selama kamu mendaki gunung. Carrier memiliki desain dan kualitas tertentu yang biasanya nggak dimiliki oleh tas-tas pada umumnya. Desain ini berguna untuk mempermudah barang bawaanmu juga memastikan agar carrier tersebut kuat untuk membawa beban yang berat. Harga carrier bisa beragam, mulai dari Rp700 ribuan untuk kapasitas 40 liter.

 

Artikel terkait: Cara belanja biar lebih hemat

  1. Ikuti 7 Langkah Hemat Belanja Lebaran Tanpa Bikin Kantong Bolong
  2. Atur Belanja Baju Lebaran Lebih Hemat dengan Cara Ini
  3. Kamu Bisa Hemat Banyak lho dengan Belanja Online, Ini Tipsnya!

 

4. Gaiters

Gaiters merupakan perlengkapan mendaki yang berfungsi melindungi kaki saat melintasi jalur di semak berduri, semak basah, jalanan berpasir, atau kerikil. Gaiters inilah yang akan melindungi masuknya pasir dan kerikil serta benda berbahaya lainnya masuk ke sepatu. Bisa juga melindungi kaki kamu dari gangguan pacet maupun ancaman ular berbisa. Benda yang harganya sekitar Rp90 ribuan untuk merek Consina. Gaiters juga bisa membuat kaki menjadi lebih hangat, lho.

 

5. Sleeping Bag

Udara di gunung itu dingin sehingga kemungkinan besar kamu pasti menggigil. Biar istirahatmu bisa nyenyak karena lebih hangat, sebaiknya menggunakan sleeping bag kendati kamu sudah menggunakan tenda. Sleeping bag standar biasanya harganya nggak sampai Rp200 ribu.

 

6. Sarung tangan

Perlengkapan satu ini wajib kamu bawa saat mendaki. Fungsinya untuk melindungimu dari gigitan serangga, benda-benda berbahaya, dan juga menghangatkan badan. Ada pun harga sarung tangan nggak sampai Rp10 ribu.

 

7. Headlamp

Headlamp mengantisipasi kalau saat malam atau dini hari pendakianmu terpaksa harus dilanjutkan. Nah, pastinya kamu membutuhkan penerang jalan selama pendakian. Penerang jalan yang paling pas dan ringkas tanpa merepotkan selama pendakian adalah headlamp. Biasanya sih, harga headlamp nggak sampai Rp50 ribu.

 

Nah, itulah kurang lebih perlengkapan mendaki yang harus kamu punya. Setiap perlengkapan tentu memiliki fungsi yang sangat penting demi keamanan pendakian. Jadi kalau kamu memang sering naik gunung, sebaiknya lekas memilikinya. Daripada uangmu habis untuk sewa tiap kali mendaki atau membahayakan diri saat pendakian.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett