Beranda > Karier Sukses > Rekomendasi Hobi Jadi Pekerjaan dan Punya Sertifikat Resmi, Coba Pertimbangkan!

Rekomendasi Hobi Jadi Pekerjaan dan Punya Sertifikat Resmi, Coba Pertimbangkan!

Artikel ini ditulis oleh:
Rekomendasi Hobi Jadi Pekerjaan dan Punya Sertifikat Resmi, Coba Pertimbangkan!watermark

TUNAIKU.COM – Sertifikasi kerja kadang dibutuhkan agar bisa memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Tapi, pekerjaan tidak akan bikin stres kalau sesuai dengan hobi. Contohnya teman saya yang punya hobi jualan, akhirnya buka bisnis toko kelontong dan punya banyak cabang.

Ini contoh hobi jadi pekerjaan Kemudian, ada juga pekerjaan yang berawal dari hobi dan bersertifikasi? Berikut contoh-contohnya.

 

Artikel Terkait: Hobi Lainnya yang Bisa Mendatangkan Kebaikan

  1. Kamu Ibu yang Hobi Fotografi? Yuk Lakukan 5 Hal Kreatif Ini!
  2. Tanpa Kita Sadari, 7 Hobi Ini Bisa Menghasilkan Uang dan Dijamin Menguntungkan!
  3. 5 Alasan Punya Hobi Baru Setiap Bulan, Hidup Lebih Baik dan Positif

 

1. Fotografer

Kamu punya kamera DSLR dan hobi jalan-jalan buat nyari gambar unik dan menarik untuk diabadikan? Hasilnya jangan disimpan sendiri, bisa jadi foto bidikanmu memiliki nilai jual tinggi. Semakin kamu mendalami hobi ini, pastinya keahlianmu mengambil gambar tidak kalah dari fotografer profesional.

Bahkan, kamu bisa disetarakan dengan mereka tanpa perlu mengambil kuliah fotografi. Cukup megikuti pelatihan atau mengambil sertifikasi kerja fotografer yang dikelola oleh Leskofi (Lembaga Sertifikasi Uni Komerebsi Fotografi Indonesia). Kalau sertifikat ini sudah di tangan, kamu bisa lebih pede saat diundang menjadi fotografer pernikahan atau wisuda resmi.

Hobi jadi pekerjaan ini dijamin tidak akan pernah sepi peminat. Jika tertarik, siap-siap untuk mulai sibuk menerima banyak orderan. Kamu bisa melihat sendiri banyaknya orang mencari informasi di internet dan semuanya butuh gambar menarik agar lebih mudah dipahami dan tidak terlihat monoton atau membosankan.

2. Pelatih diving profesional

Menyelami surga bawah laut bukanlah aktivitas yang bisa dilakukan oleh semua orang. Tapi, buat kamu yang memiliki akses yang mduah menuju laut dan hobi menyelam, kamu bisa menjadikannya sebagai pekerjaan yang menjanjikan. Apalagi banyak orang kota atau desa yang jauh dari laut, menjadikan tempat ini sebagai destinasi liburan selain di pegunungan.

Lombok, Derawan dan Raja Ampat merupakan destinasi pantai terfavorit. Sebelum menjadi pelatih diving, kamu harus memilih spesifikasi keahlian, karena ada beberapa jenis diving, misalnya scuba diving. Nah, kalau ingin menjadi scuba driver, kamu hanya perlu melewati beberapa pelatihan dan uji kompetensi sehingga keahliannmu diakui dunia internasional.

Lisensi internasional berupa sertifikat ini hanya bisa kamu dapat dari PADI atau SSI yang merupakan organisasi Scuba Diving Internasional. Kalau sertifikat ini sudah di tangan, kamu bebas menjelajahi surga bawah laut di belahan dunia manapun sampai kedalaman belasan meter yang pastinya menawarkan panorama eksotis. Asyik bukan? 

3

Mobile Site CTA

3. Penerjemah Buku

Kamu suka buku-buku luar dan belajar secara otodidak sampai ahli menerjemahkan buku? Sudah saatnya keahlian kamu ini dijadikan sebagai sumber penghasilan. Jadi, bukan hanya kamu yang bisa menikmati karya luar negeri, tapi juga masyarakat luas yang kurang begitu paham untuk memahami teks berbahasa asing.

Selain buku, kamu juga bisa menerjemahkan artikel atau jurnal internasional yang banyak dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai bahan referensi atau rujukan tugas ilmiahnya. Meski pekerjaan ini kamu anggap mudah, tidak semua orang tidak bisa melakukannya, sehingga kamu juga perlu melewati beberapa uji kompetensi agar menjadi penerjemah bersertifikasi.

Ujian ini dibuat oleh HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia) dan sertifikat yang nantinya kamu peroleh jika dinyatakan lulus, memiliki masa berlaku selama 5 tahun. Terhitung sejak dikeluarannya sertifikat, maka selama 5 tahun kamu bisa bebas menerjemahkan banyak karya asing agar bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Hal yang membanggakan bukan?

 

Artikel Terkait: Intip Informasi Hobi yang Bisa Jadi Pekerjaan Lainnya

  1. 5 Hobi Koleksi Ini Bisa Jadi Investasi yang Menggiurkan!
  2. Hobi Jalan-jalan Juga Bisa Menghasilkan Uang, Lho! Bagaimana Caranya?
  3. Food Blogger: Dari Hobi Foto Jadi Pekerjaan

4. Arung Jeram

Olahraga ekstrem ini memang seperti diving, tidak jauh-jauh dari dunia air. Bedanya, kamu tidak perlu menyelam karena cukup mengendalikan perahu karet agar bisa melewati medan yang terjal. Mengingat banyak orang yang suka dengan olahraga pemicu adrenalin, maka arung jeram juga banyak peminatnya.

Jadi, buat kamu yang punya hobi menantang ini dan sudah terlatih, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai pelatih arung jeram. Nah, agar lebih meyakinkan, kamu harus mengikuti uji kompetensi yang diadakan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifiaksi Profesi) atau IRF (Federasi Arung Jeram Indonesia).

Selain menjadi pelatih atau pemandu profesional, peluang kamu menang dalam berbagai lomba arung jeram juga cukup besar. Jadi, dengan mengikuti sertifikasi kerja, semua hobi kamu ini sah di mata dunia saat kamu ingin menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Peluang berhasilnya karir yang dikembangkan dari hobi jadi pekerjaan juga biasanya tinggi.

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett