Beranda > Karier Sukses > Sebagai Job-Seeker, Yuk, Isi Waktu Luang dengan 9 Hobi Bermanfaat!

Sebagai Job-Seeker, Yuk, Isi Waktu Luang dengan 9 Hobi Bermanfaat!

SWARA TUNAIKUSwara
Sebagai Job-Seeker, Yuk, Isi Waktu Luang dengan 9 Hobi Bermanfaat!watermark

TUNAIKU.COM – Bertahun-tahun yang lalu, saya juga pernah jadi si pencari kerja alias job seeker sepertimu. Waktu luang selama penantian sebelum mendapatkan panggilan kerja cukup lama. Berkisar antara sebulan hingga 2 bulan. Saya menggunakan waktu-waktu itu untuk berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan impian. Sayang kalau sampai disia-siakan begitu saja. Begini kegiatan mengisi waktu luang tersebut.

 

Artikel Terkait: Fresh Graduate Wajib Baca Ini

  1. Baru Lulus, Terapkan Hal Ini Supaya Karier Cemerlang
  2. Tiga Hal Penting dalam Mencari Pekerjaan untuk Fresh Graduate
  3. Berdasarkan Linkedln, Ini 5 Pekerjaan Paling Dicari FreshGrad 2018

 

1. Baca buku

Apa saja buku yang saya baca? Macam-macam, sih. Mulai dari novel, dongeng, esai, studi kasus, kumpulan artikel, dan sebagainya. Dari dulu, saya sangat percaya kalau dengan membaca, pikiran kita jadi terbuka. Khususnya terbuka untuk membuka peluang yang ada pada diri sendiri biar bisa maju. Berbagai ide jadi gampang meluncur.

 

2. Menulis dan membicarakan buku yang dibaca

Cara terbaik untuk mendapatkan intisari dari setiap bacaan adalah dengan cara menulisnya. Mungkin sama-sama memerlukan imajinasi. Namun, menulis itu memerlukan kreativitas lebih tinggi daripada membaca buku. Soalnya menciptakan hal baru, bukan mengekor. Kombinasi antara baca buku dan menulis itu yang membuat saya selalu termotivasi untuk maju.

 

3. Memainkan program dan perangkat lunak yang ada di komputer

Sekarang ini komputer sudah menjadi teman manusia sehari-hari. Khususnya untuk kamu yang berniat menjadi seorang programmer di sebuah perusahaan. Misalnya, dengan membuka-buka Microsoft Excel untuk belajar rumus praktis. Hal ini sering dilakukan oleh Vitalik Buterin sang penemu Ethereum ketika masih kecil. Mau mengikuti jejaknya?

 

4. Bermain permainan tertentu

Permainan yang bagus akan membuat daya kreasi kita meningkat. Bagi saya, permainan bagus itu bisa membuat pikiran terangsang untuk terus berupaya menciptakan solusi. Misalnya permainan bernama rubik, scrabble, permainan kartu monster, dan lain-lain. Semuanya memerlukan strategi dan bisa membentuk memecahkan masalah apa pun.

 

5. Membuat barang-barang dengan cara yang kreatif

Orang yang kreatif itu bisa membuat sesuatu yang semula biasa jadi luar biasa. Contohnya pesawat terbang yang dibuat dari botol air mineral bekas. Bukankah semula nggak terpikirkan sama sekali? Kegiatan mengisi waktu luang untuk pencari kerja yang seperti ini saya rasa cocok untuk kamu. Bahkan bisa bikin kamu bisa menciptakan ide kerja sendiri.

 

6. Tantang adrenalinmu

Banyak para pencaker yang takut nggak diterima sebuah perusahaan setelah menaruh lamaran. Perasaan takut itu bersifat jangka panjang karena terus-menerus dipikirkan. Padahal, nggak bagus. Toh, di luar sana masih banyak, kok, kesempatan yang lebih baik. Untuk mengatasi rasa takut itu, coba sekali-kali main panjat tebing atau hobi berisiko tinggi.

 

7. Bermain olahraga secara tim

Saya kira cukup banyak jenis olahraga yang mengandalkan tim. Misalnya, sepak bola, voli, basket, kasti, dan lain-lain. Kegiatan ini akan sangat berguna untuk pekerjaanmu kelak. Soalnya kebanyakan perusahaan itu hanya mau menerima calon pekerja yang bisa bekerja sama secara tim untuk maju. Bukan yang serba individual.

 

8. Lakukan kegiatan memancing

Banyak orang bilang kalau kegiatan memancing itu buang-buang waktu. Betul, hanya saja ketika kamu sudah bekerja. Kalau belum?

 

Rupanya kegiatan memancing itu bisa melatih kesabaranmu dengan sangat efektif. Ngapain terus-menerus memikirkan nasib lamaranmu diterima atau nggak? Lebih baik dialihkan saja dengan kegiatan kayak begini.

 

Artikel Terkait: Apa Pekerjaan Impianmu?

  1. Lakukan 11 Hal Ini Ketika Pekerjaan Impian Ternyata Berbeda Dari Harapan
  2. Daripada Galau karena Masih Nganggur, Mending Buka 7 Situs Pekerjaan Ini.
  3. Ini Dia 10 Pekerjaan Paling Diminati Milenial, Ada Pekerjaan Idamanmu?

 

9. lakukan hobi memasak setiap hari

Rupanya hobi memasak juga bisa membuat pikiran kita jadi lebih kreatif. Apalagi kalau kamu selalu terangsang untuk belajar hal-hal baru dan menciptakan inovasi atas resep yang ada. Soalnya persaingan di dunia kerja itu cukup ketat. Hanya orang-orang kreatif saja yang bisa mendapatkan tempat.

 

Dengan 9 hobi tersebut, waktu luang yang kamu miliki jadi nggak sia-sia. Minimal, bisa membuatmu punya amunisi lebih untuk terus bergerak di jalur kreatif. Saya sangat mendukung sepenuhnya kegiatan mengisi waktu luang tersebut apabila memang betul-betul diterapkan. Selain untuk membunuh waktu, sebagai pencari kerja, kamu jadi punya banyak alternatif untuk dunia kamu.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU3 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett